Bahan Contekan untuk Mendekor Ulang Rumah: Tren Interior 2020

Foto: www.shutterstock.com

Sepertinya sekuat apa pun kita berusaha, tetap akan susah lari dari kenyataan tren, termasuk tren interior 2020. Apalagi jika kamu bermaksud membenahi atau menambah aksen kekinian ke dalam dapur atau ruang duduk. Supaya kamu tidak perlu lari terlalu jauh, cukup mampir ke LIMONE dan kamu akan tahu interior seperti apa yang akan mendominasi dan mempercantik rumah serta kantor tahun depan. Berikut ini tren interior 2020.

Tren #1: Elemen Natural

Foto: www.architecturaldigest.com

Material dari alam akan mendominasi interior tahun 2020, misalnya penggunaan seagrass, bambu, kayu, dan batu. Dan bahan-bahan ini tidak hanya akan kamu temui di lantai, tapi pada dinding, furnitur, dekorasi, jendela dan pintu. Sepertinya hal ini disebabkan karena pernak-pernik yang mengandung materi alam dipercaya bisa memberikan rasa tenang kepada pemiliknya.

Selain elemen natural, banyak furnitur dengan bahan dasar ramah lingkungan (bisa didaur ulang) atau dibuat dari bahan-bahan sisa, juga akan meramaikan interior 2020.

Tren #2: Taman Vertikal

Foto: www.shutterstock.com

Rumah kecil dan tidak punya lahan lebih untuk dijadikan taman, tapi ingin banget menghiasi rumah dengan berbagai tanaman cantik? Tahun 2020 memberikan ijin penuh untuk membuat kebun vertikal. Pinterest memprediksikan bahwa tren ini akan terus merajalela tahun depan, entah itu hanya berupa taman sederhana atau kebun yang digunakan untuk pamer.

Tren #3: Nuansa Jepang

Foto: www.architecturaldigest.com

Pengaruh Skandinavia dan Nordik masih akan tetap beredar, tapi tahun depan sentuhan Jepang juga akan merambah ke rumah. Namanya, Japandi: sebuah tren interior yang memadukan gaya dari dua benua berbeda tersebut. Interior ini dipenuhi dengan rotan, terracota, tekstur sutra, motif burung dan oriental dengan furnitur berstruktur (bulat, lonjong, melengkung, dsb).

Jika kamu adalah penganut “rumah adalah benteng perlindungan yang harus adem”, berarti tren ini khusus untukmu. Tren ini memang diciptakan untukmu karena desain ruangan cenderung rapi, bersih, kalem, dengan warna-warna lembut.

Tren #4: Ruangan Terintegrasi

Foto: www.countryliving.com

Sepertinya tahun 2020 patut diberi nama “tahun penuh pengertian”. Pasalnya, ruangan yang terintegrasi akan menjadi bagian dari interior tahun depan. Posisi dapur dan ruang duduk saling berdekatan, dengan gaya terbuka sehingga bisa pemilik rumah bisa memasak sambil bersosialisasi. Tidak hanya membantu pemilik rumah kecil, tapi juga bermanfaat untuk orangtua yang ingin tetap bisa mengamati anaknya saat sibuk di dapur.

Nah, berhubung ruangan akan lebih terintegrasi dan disulap sedemikian rupa untuk bersosialisasi, sofa nyaman akan menjadi furnitur penting. Jika ruangan terbatas, kombinasikan sofa dengan kursi dan footstool yang berfungsi sebagai meja kopi atau kursi tambahan.

Tren #5: Warna-Warna Laut dan Lembut

Foto: www.shutterstock.com

Menurut institusi ini, warna-warna laut seperti biru akan mendominasi 2020. Selain itu warna-warna lembut seperti merah muda pucat, hijau (pistachio) dan peach juga akan mewarnai dinding dan berbagai furnitur di rumah. Ini pas banget sih, dengan konsep utama interior tahun 2020: alami, hangat dan membuat betah.

Tren #6: Segala Macam Pola

Foto: www.realsimple.com

Apa pun—sekali lagi apa pun—pola yang ingin kamu aplikasikan ke dalam rumah, tahun depan memberikan kebebasan penuh. Mau mengombinasikan animal prints dengan bunga-bunga? Silakan. Pola tegas garis-garis dengan eklektik? Semuanya diijinkan. Padu padan ini akan membuat ruangan terkesan lebih mewah dan santai, yah… seperti rumah-rumah cantik di Paris.

Jika tertarik mencoba membeli sofa dengan corak animal prints secara online, jangan lupa ikuti panduan ini, ya. Dan ini petunjuk jika kamu ingin membuat taman vertikal yang dipenuhi dengan tanaman low-maintenance.