Ingin Belanja Sofa Online? Perhatikan 6 Hal Berikut

Foto: www.shutterstock.com

Entah kamu milenial atau generasi baby boomer satu hal yang pasti: punya sofa yang empuk itu harus. Pasalnya, di sinilah kamu beristirahat setelah bekerja bagai mesin dan bertemu dengan berbagai tipe orang. Dan yap, di sinilah kamu betah berjam-jam sambil menonton acara Netflix favoritmu. Dan sekarang kamu ingin membeli sofa baru—tapi dari sofa lamamu di rumah. Alias, online. Bagaimana melakukannya dengan aman? Begini cara belanja sofa online.

Cari Tahu Profil Toko Lebih Detail

Sudah dapat nama tokonya dari Google atau Instagram? Langkah selanjutnya adalah memastikan toko tersebut memiliki profil yang jelas. Alamat, nomor telepon, situs atau akun sosial medianya. Jika semua ini lengkap, berarti toko tersebut bisa dipercaya.

Cardiva – Abbott Sofa 2 Dudukan Abu-Abu

Perhatikan Spesifikasinya

Setelah berselancar beberapa menit, akhirnya ada beberapa sofa yang menarik perhatianmu—dan sesuai dengan kantongmu. Baca baik-baik spesifikasinya, mulai dari ukuran, bahan, panjang, aturan membersihkan, dan lain sebagainya. Ini menghindari jebakan “foto telah melalui proses dipercantik”, alias kena tipu gambar!

This image has an empty alt attribute; its file name is sofa8.jpg
VIVERE – Roosa Sofa 3S

Lalu, pastikan ukurannya sesuai dengan luas ruangan di rumahmu. Pastikan, sofa tersebut tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Untuk ini kamu sepertinya harus beranjak sedikit dari sofa lamamu. Oh, tidak hanya ruangan di mana sofa akan diletakkan ya, tapi ukur juga ukuran pintu masuk agar ketika dikirimkan mereka tidak perlu menghancurkan rumahmu. Atau, lebih sial lagi: gagal punya sofa baru karena tidak berhasil masuk rumah.

Baca Ulasan Produk

Langkah selanjutnya, kamu wajib membaca ulasan sampai habis dari produk yang telah dibeli konsumen lainnya. Meski memang jangan langsung ditelan mentah-mentah ya, karena seringkali beredar review palsu. Jadi, ulasan produk ini menjadi satu unsur pertimbangan pelengkap, bukan yang utama, ya.

Silk & Cloud – Sofa Citrus Set Biru

Pilih Metode Pembayaran yang Tepat

Selanjutnya, setelah menemukan toko furnitur yang tepat. Perhatikan metode pembayarannya. Untuk metode pembayarannya, pastikan melakukan pembayaran melalui yang tertera di market place. Gunakan pembayaran yang dijamin aman, misalnya dengan cash on delivery (COD), kartu kredit, transfer melalui beberapa bank yang terdaftar. Lebih aman lagi jika kamu bisa melakukan pembayaran COD agar menghindari hal-hal merugikan lainnya.

Andoleto – Aviator Sofa 3 Dudukan

Pilih Sistem Pengiriman yang Terpercaya

Proses pengiriman barang pun unsur tak kalah penting. Pilih sistem pengiriman yang bisa dipercaya, diandalkan dan memiliki asuransi. Yah, ini menjaga jika terjadi kesalahan atau kerusakan selama proses pengiriminan, kamu tidak rugi.

Jepara House Furniture – Sofa Retro Scandinavian

Oh, perhatikan juga biaya pengiriman. Jika kamu beruntung, mungkin ada toko yang memberikan promo gratis ongkos kirim atau diskon sekian persen? Manfaatkan kesempatan itu, ya.

Baca Baik-Baik Aturan Pengembalian

Semoga sih, semua berjalan dengan lancar, tapi sejeli apa pun kamu, terkadang kesalahan terjadi. Misalnya, sofa tersebut sama sekali tidak sesuai bayanganmu! Sebelum memasukkannya ke dalam keranjang belanjaan, cari tahu tentang ‘return policy‘. Apakah ada masa ‘harus dikembalikan dalam waktu [x] hari’, dan siapa yang menanggung biaya pengembalian.

Kekayuan – Victoria Sofa

Itu dia ya, cara membeli sofa online! Sementara kalau mau membeli sesuatu bulan ini, coba pertimbangkan produk-produk kecantikan terbaru nan canggih ini.