7 Cara Mudah Mengetahui Ukuran Sandal yang Pas Untuk Kakimu

ukuran sandal
Foto: www.pexels.com

Berkali-kali kita telah menginsip sepasang sandal dan sepatu yang cantik yang sama ketika sedang berselancar internet, tapi ragu untuk memesannya karena khawatir ukuran sandal tersebut tidak sesuai dengan kaki. Alhasil, saat akhirnya tekad sudah bulat dan ingin membeli, sepatu dan sandal tersebut sudah terlanjur laku!

Namun jika kamu tidak mau membuang-buang waktu dan ingin mendapatkan sandal yang diinginkan hanya dengan sekali klik, maka tentunya perlu mengetahui ukuran sandal yang pas untuk kakimu. Karena ketika salah memilih sandal dengan ukuran yang terlalu sempit atau longgar, hal tersebut hanya akan membuatmu merasa tidak nyaman ketika menggunakannya.

Baca terus artikel ini sampai habis untuk mengetahui cara mudah untuk mengetahui ukuran sandal yang tepat untuk kakimu.

Apakah Ukuran Sepatu dan Ukuran Sandal Sama?

ukuran sandal
Foto: www.unsplash.com

Mungkin selama ini kamu bertanya-tanya, apakah ukuran sepatu dan ukuran sandal sama? Sayangnya, tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini. Karena setiap merek memiliki ukurannya sendiri. Sepasang Vans mungkin akan pas di angka 8, sedangkan ketika mengenakan Converse harus memilih angka 8,5.

Hal tersebut juga akan terjadi pada sandal. Akan tetapi, sebagian besar ukuran sepatu dan sandal umumnya sama. Namun sesungguhnya, ukuran sandal cenderung berbeda dari jenis sepatu, karena kebanyakan perusahaan tidak menawarkan ukuran setengah seperti pada ukuran sepatu.

Oleh karena itu, ketika kamu memiliki ukuran sepatu 6,5, maka kemungkinan besar tidak akan bisa menemukan sepasang sandal dengan ukuran yang sama. Sehingga kamu perlu memilih satu ukuran di atasnya yang sesuai dengan panjang kakimu.

Tips Sebelum Mengukur Panjang Kaki

Foto: www.freepik.com

Sebelum mengambil alat pengukur dan pensil, coba lakukan hal ini:

  • Pastikan mengukur kaki setelah seharian berjalan. Karena kegiatan tersebut dapat sedikit meningkatkan ukuran kakimu
  • Ukurlah dengan bertelanjang kaki ketika kamu berencana mengenakan sandal. Namun jika ingin mengetahui ukuran kaki untuk membeli sepatu maka gunakan jenis kaos kaki atau stoking yang ingin kamu gunakan pada sepatu yang akan dibeli.
  • Perlu diingat bahwa setiap merek sandal atau sepatu memiliki ukuran yang berbeda, untuk itu membulatkan ke atas atau ke bawah akan menurunkan keakuratan pengukuran alas kaki.
  • Jangan lupa untuk mengukur kedua kaki. Karena kebanyakan orang memiliki ukuran kaki yang berbeda pada sisi kanan dan kiri. Saat membeli alas kaki, maka gunakan ukuran dari kaki yang lebih besar.

Panduan Mencari Tahu Ukuran Sandal

ukuran sandal
Foto: www.unsplash.com

Berikut beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui ukuran kakimu.

1. Ambil selembar kertas

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk memastikan ukuran kakimu adalah dengan mengambil selembar kertas. Baik itu buku catatan bergaris atau kertas polos, keduanya dapat digunakan.

2. Letakkan kaki di atas kertas

Pastikan kamu menempel kertas pada permukaan yang datar dengan menggunakan double tape agar kertas tidak mudah bergeser ketika digunakan untuk mengukur kaki. Setelah itu, letakkan salah satu kakimu di atas kertas. Kami merekomendasikan untuk mengukurnya sambil duduk di kursi atau berjongkok, bukan berdiri.

3. Mengukur kaki

Gunakan pulpen atau pensil untuk membuat sketsa ukuran kaki atau menandai bagian tumit dan ujung jari kaki. Pastikan memegang alat tulis secara vertikal di atas kertas dan tidak miring. Kemudian, ambil kertas tersebut dan ukur dengan penggaris untuk mengetahui panjang dan lebar dari kakimu.

Lakukanlah hal yang sama pada kaki berikutnya, karena perlu diketahui bahwa kaki kanan dan kiri tidak selalu memiliki panjang yang sama. Untuk memilih ukuran sandal yang tepat, gunakanlah ukuran kaki yang lebih panjang.

4. Jangan mengukur kaki di pagi hari

Untuk menemukan ukuran alas kaki yang tepat, jangan pernah mengukurnya di pagi hari. Karena saat itu kaki sedang berada dalam mode rileks dan menjadi sedikit lebih kecil, sehingga pengukurannya tidak akan akurat. Untuk itu, kamu bisa mengukur kaki pada sore hari setelah beraktivitas seharian.

5. Tambahkan panjang kaki

Setelah mengetahui panjang kakimu yang diukur dalam satuan sentimeter, maka tambahkan setengah sentimeter lagi, yaitu 0,5 cm. Hal ini bertujuan untuk membuat kakimu terasa nyaman ketika harus menggunakan sandal.

6. Sesuaikan dengan sistem ukuran

Pada dasarnya, terdapat berbagai macam sistem ukuran alas kaki, mulai dari US, Eropa, hingga Inggris atau UK. Untuk itu setelah mengetahui ukuran panjang kaki dalam bentuk sentimeter, maka selanjutnya kamu bisa mengubahnya ke berbagai sistem ukuran sandal atau sepatu yang ada.

7. Gunakan ukuran tersebut untuk membeli alas kaki

Setelah mengetahui panjang dan lebar dari kakimu, serta mengetahuinya dalam berbagai macam sistem ukuran alas kaki, maka pesanlah sandal yang sesuai dengan ukuran tersebut. Jika bisa, sebaiknya coba sandal tersebut sebelum membelinya. Namun ketika berbelanja online, maka lihatlah ulasan pelanggan lain untuk membantumu membuat pilihan terbaik.

Rekomendasi Sandal

ukuran sandal
ZARA – Sandal Hak Lebar
ukuran sandal
Mango – Straps Knots Sandals
ZARA – Sandal Rata Rantai
Vero Moda – Klara Sandals
London Rag – White Strappy Flat Sandal
Trendyol – Color Block Square Toe Sandals
ukuran sandal
ZARA – Sandal Rata Kepiting
ukuran sandal
Chloé – Woody Flat Women’s Sandals in Black
ukuran sandal
Havaianas – You St Tropez Fc 0121-Beige
Mango – Square Leather Sandals