8 Trik Jenius Mendekorasi Rumah Mungil agar Nyaman dan Cantik

Foto: www.architecturaldigest.com

Meski mungkin kamu bermimpi untuk memiliki grand estate lengkap dengan puluhan kamar dan ratusan kamar mandi suat hari nanti, nyatanya ukuran hunianmu saat ini masih mungil. Sembari terus menabung, bekerja keras dan berdoa untuk mewujudkannya, sekarang masalah yang butuh penanganan A.S.A.P adalah bagaimana mendekorasi rumah mungil kamu itu sehingga ruangan tetap bergaya dan berfungsi dengan baik. Nah, jika kamu sekarang sedang kebingungan menghias rumah dengan ukuran meter persegi yang terbatas, berikut ini adalah tips dekorasi rumah mungil yang bisa membuat “home sweet home” tidak hanya tulisan di hiasan kayu. Melainkan, sebuah kenyataan—sambil menunggu mimpi memiliki grand estate menjadi realita.

Miliki Tempat Penyimpanan yang Cantik

Percantik ruangan dengan memberdayakan berbagai tempat penyimpanan. Tidak hanya cantik, dengan menaruh tempat penyimpanan unik, ruangan menjadi lebih rapi. Sekali menghias ruangan, satu dua tujuan terlampaui.

Fabelio – Bangku Keana with Storage

Manfaatkan Ruang Vertikal

Ruangan mungil berarti ukuran lantai yang tersedia terbatas, sehingga solusi yang bisa kamu ambil adalah memanfaatkan ruangan vertikal. Kamu bisa menginstal rak atau lemari yang tingginya mencapai langit-langit sehingga tersedia tempat yang cukup untuk menyimpan atau memamerkan koleksi pribadmu. Atau tambahkan built-in seating agar ada kursi ekstra tanpa harus menyita ukuran lantai yang sudah terbatas.

Spasium – Untitled 17

Kaca, Kaca, dan Kaca

Kaca adalah furnitur wajib untuk dekorasi rumah mungil. Kaca memantulkan cahaya, sehingga pastikan menaruh kaca besar agar ruangan terlihat lebih besar. Coba taruh kaca berlawanan dengan jendela agar cahaya menyebar dan terefleksikan dengan baik ke seluruh ruangan. Sebagai ide, pilihlah kaca dengan bingkai sederhana dengan bentuk bulat atau segi empat agar ruangan semakin cantik.

Pottery Barn – Delta Handwoven Rattan Round Mirror

Hindari Ruangan Penuh Sesak

Dalam hal dekorasi rumah mungil, memang ada istilah “terlalu penuh”—dan ini adalah sebuah kesalahan wajib dihindari karena akan membuat ruangan terasa sesak. Oleh karena itu, pilihlah furnitur yang memang berfungsi sesuai dengan takdirnya, misalnya satu sofa besar lebih cocok untuk ruangan mungil dibandingkan sofa yang terpisah-pisah. Atau gunakan furnitur multifungsi, sebut saja sebuah rak buku pendek yang bisa juga dijadikan sebagai tempat duduk. Lalu, sortir barang-barang di dalam ruangan dan singkirkan yang tidak perlu.

dekorasi rumah mungil
Fabelio – Meja Samping Fenris

Pastikan Ruangan Rapi dan Bersih

Ruangan yang berantakan adalah musuh utama ruangan kecil. Itulah sebabnya, sangat penting untuk memiliki tempat penyimpanan yang bisa menyembunyikan barang-barang milikmu. Ini bisa berupa furnitur kecil, laci, atau basket. Oh, ketika kamu memilih lemari, coba tips ini: cari lemari atau laci dengan kaki untuk menciptakan ilusi ruangan lebih besar.

dekorasi rumah mungil
ZARA HOME – Ginger Lily Reed Diffusers

Sederhanakan Tatanan Warna

Salah satu trik terbaik dalam dekorasi rumah mungil adalah dengan menyelaraskan warna furnitur. Pasalnya, semakin kontras warna-warna furnitur dan pernak-pernik yang ada di sebuah ruangan, semakin membuatnya terlihat sibuk dan menciptakan kesan sempit. Oh, jika sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan tersebut terbatas, cobalah memilih warna-warna ringan untuk mencerahkan atmosfer di sekitarnya.

dekorasi rumah mungil
Andoleto – Helsinki Sofa 2 Dudukan

Pilih Warna-Warna Gelap

Banyak orang yang berpikir bahwa warna putih adalah pilihan paling tepat, tapi jika ruangan tersebut kurang cahaya alami—ini seperti senjata makan tuan. Uh-uh, membuat ruangan terkesan membosankan. Oleh karenanya, tidak ada salahnya memilih warna-warna gelap yang bisa menyerap cahaya dan memberikan dimensi dan efek lebih luas dan nyaman.

dekorasi rumah mungil
IKEA – SOMMAR 2020

Hiasi dengan Tanaman

Tanaman adalah faktor wajib dalam sebuah ruangan, termasuk saat mendekorasi rumah mungil. Sentuhan hijau akan menjadikan ruangan terasa menyatu dan membuat betah dan rileks. Entah itu, tanaman gantung atau ditaruh di sudut, di atas meja. Prinsip ini berlaku baik untuk tanaman hidup dan tanaman palsu.

dekorasi rumah mungil
Urban Quarter – Terracotta Vase

Selanjutnya: Ini kombinasi warna yang tidak akan pernah salah dan membuat ruangan makin cantik.