Jangan Membeli Sofa Sebelum Membaca Panduan Sederhana Ini

Foto: www.architecturaldigest.com

Apa yang menurutmu paling penting dari sebuah ruang tamu? Kebersihannnya, kerapiannya? Atau, kedua hal tersebut, plus sebuah sofa? Jika bagimu keberadaan sofa sangat penting (hanya karpet di ruang tamu juga tidak apa-apa, tapi kalau boleh jujur pantat sakit dan jadi dingin dibuatnya), maka kamu harus tahu trik di bawah ini. Apalagi jika kamu penganut slogan: dekade baru (baca: 2020), sofa baru.

Pilihlah yang Sesuai dengan Ukuran Ruang Tamu

Langkah pertama yang wajib dilakukan yaitu mengukur ruang tamu dan menentukan letak sofa tersebut. Jika kamu absen melakukannya, kemungkinan membeli sofa yang salah akan semakin besar. Prinsip utama: jangan lupa menyisakan ruang gerak di kedua sisi sofa. Ini guna menghindari adegan meloncat setiap kali kamu ingin duduk atau beranjak dari sofa. Beli sofa dengan ukuran yang pas agar tidak memberikan kesan sempit pada ruangan.

Sesuaikan dengan Warna, Corak dengan Gaya Ruang Tamu

Foto: www.architecturaldigest.com

Agar sofa tidak terlihat seperti ‘anak yang terbuang’, usahakan menyelaraskan gaya dan warna sofa yang dipilih dengan tema ruangan. Apabila ruangan tersebut bergaya minimalis, pilihlah sofa dengan ukuran minimalis, warna netral dan berdesain garis tegas. Sebaliknya, jika ingin menerapkan nuansa tradisional, sofa berbentuk klasik dan berwarna kalem adalah pilihan yang tepat. Bagaimana dengan corak? Jika minimalis adalah pilihanmu, corak dari Skandinavia atau Jepang bisa menjadi patokanmu.

Masih kurang yakin atas nuansa ruang tamu di rumah? Saatnya memperhatikan warna lantai dan furnitur lain untuk menemukan jawabannya.

Pilihlah Sofa Sesuai Tampilan Selera

Tren boleh berkata “A” atau “Z”, tapi pada akhirnya pilihlah sofa yang sesuai dengan seleramu. Pasalnya, kamu dan anggota keluarga lainlah yang akan sering menempel di atasnya. Jadi, kamu adalah ratu dan sekaligus raja dalam menentukan sofa seperti apa yang ingin kamu beli. Jadi, pilihlah sofa yang sesuai dengan selera, kepribadian dan yang membuatmu nyaman rebahan berjam-jam di atasnya.

Belilah Sofa yang Sesuai dengan Tujuan Pemakaian

Foto: www.architecturaldigest.com

Jika ruang tamu di rumah akan sering digunakan untuk bersantai dan berkumpul dengan orang-orang tercinta, carilah sofa dengan ukuran besar. Sebaliknya, jika hanya untuk mempercantik ruangan dan jarang dipakai, sofa dengan dua tempat duduk merupakan opsi yang tepat.

Jangan Lupa: Pilih Sofa Berdasarkan Bahan yang Tepat

Untuk perkara sofa, ungkapan ‘uang tidak bisa bohong’ mungkin ada benarnya. Pasalnya, sofa yang berkualitas bagus biasanya dibuat dari bahan yang bagus pula. Dan sofa tipe ini biasanya memiliki umur lebih panjang. Contohnya, sofa berbahan dasar kayu solid biasanya kokoh dan tahan lama. Sementara itu, jika kamu memiliki hewan peliharaan, hindari membeli sofa yang terbuat dari beludu.

Malas beranjak dari sofa lama saat ingin membeli sofa baru, alias hanya ingin melakukannya lewat online? Pastikan kamu membaca panduan ini terlebih dahulu agar tidak salah beli sofa! Dan ini adalah inspirasi tren dekorasi rumah 2020.