7 Rekomendasi Sampo Zink Untuk Mengatasi Ketombe Membandel

sampo zink
Foto: www.canva.com

Meski merupakan masalah kulit kepala yang umum, namun ketombe yang berlebihan juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebab, hal ini bisa menimbulkan rasa gatal atau bahkan iritasi. Namun untungnya, ada sampo zink.

Sampo ini telah diformulasikan khusus untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga kamu tidak perlu lagi menemukan ketombe yang menempel pada pakaian.

Zinc sendiri merupakan salah satu jenis mineral yang perlu terpenuhi asupannya. Tahukah kamu bahwa zinc punya banyak manfaat?

Ternyata nutrisi penting ini dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh, termasuk mengurangi ketombe dan mengatasi masalah rambut yang tipis.

Cara Memilih Sampo Anti Ketombe

sampo zink
Foto: www.freepik.com

Terkadang, ketombe juga dapat memengaruhi tingkat kepercayaan diri dari seseorang. Oleh karena itu, kamu perlu segera mengatasinya dengan menggunakan sampo zink. Ini cara memilih sampo anti ketombe yang tepat:

Cek bahan pembuatnya

Selain zinc, kamu juga bisa memilih sampo yang mengandung asam amino untuk mengatasi masalah ketombe. Sebab, amino acid ini memiliki kandungan detergen yang rendah sehingga tidak akan memberikan efek berlebihan pada kulit kepala.

Oleh karena itu, bahan ini cocok untuk digunakan pada kulit kepala yang kering, berminyak, atau lainnya.

Selain itu, terdapat sampo anti ketombe yang memanfaatkan alkohol sebagai bahan pembersih. Biasanya bahan ini dituliskan sebagai sodium laureth sulfate.

Namun sayangnya, bahan pembersih yang satu ini dapat menimbulkan iritasi pada kulit kepala. Apalagi jika kamu memiliki kulit yang sensitif.

Pertimbangkan sampo obat

Jika bahan-bahan di atas tidak bisa membantumu untuk mengatasi masalah ketombe, maka cobalah untuk mempertimbangkan sampo yang memang ditunjukkan untuk pengobatan.

Terdapat beberapa bahan aktif yang biasanya terkandung dalam sampo jenis ini, di antaranya adalah salicylic acid, piroctone olamine, glycyrrhizic, dan zinc pyrithione.

Sangat disarankan untuk memperhatikan kandungan bahan ketika kamu memilih sampo yang bertujuan untuk pengobatan.

Hindari kandungan silikon

Jika sampo dengan asam amino dan sampo obat tidak mempan untuk mengatasi ketombe yang membandel, cobalah untuk memeriksa apakah ada kandungan slikon dalam produk tersebut?

Sebab ini bisa saja menjadi salah satu penyebab mengapa ketombe tak kunjung berkurang atau menghilang.

Biasanya silikon ini akan ditulis dengan istilah dimethicone, cyclomethicone, silica, silyl, atau amodimethicone. Jadi pastikan terlebih dahulu bahwa sampo yang kamu gunakan tidak mengandung bahan-bahan tersebut.

Sesuaikan dengan kondisi kulit kepala

Biasanya ketombe akan muncul karena kulit kepala yang kering atau kulit kepala yang berminyak.

Jika kamu memiliki ketombe yang bersisik, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah kulit kepala yang kering. Sehingga dianjurkan untuk memilih sampo yang memiliki kandungan bahan pelembap di dalamnya.

Dengan kulit kepala yang lembap, maka hal ini dapat mencegah terjadinya kekeringan dan munculnya ketombe.

Sebaliknya, jika ketombe disebabkan karena kulit kepala yang berminyak, maka kamu bisa memilih sampo yang dapat membersihkan kulit kepala secara maksimal.

Rekomendasi Produk Sampo Zink

Berikut tujuh rekomendasi sampo zink yang efektif untuk mengatasi masalah pada kulit kepala.

First Aid Beauty Anti-Dandruff Shampoo

First Aid Beauty Anti-Dandruff Shampoo diformulasikan dengan bebas sulfat dan mengandung satu persen zinc pyrithione yang dapat membantu mengatasi masalah kulit kepala. Mulai dari gatal, ketombe, dan iritasi.

Selain itu, kandungan vitamin E dan calendula yang ada di dalamya juga dapat membantu rambut untuk terlihat lebih berkilau dan halus.

Dead Sea Spa Magik Mineral Shampoo

Produk yang satu ini mengandung kombinasi asam salisilat dan zinc pyrithione yang dapat membantu mengatasi masalah ketombe pada kulit kepala.

Untungnya aroma dari sampo zink ini terasa sangat ringan namun dapat membuat rambut menjadi lebih lembut.

Tidak berhenti sampai di situ, manfaat dari Dead Sea Spa Magik Mineral Shampoo juga bisa merevitalisasi rambut yang rusak.

Ini merupakan solusi yang ajaib untuk mengatasi masalah kulit kepala kering dan bersisik. Sehingga kamu tidak boleh melewatkan produk yang satu ini.

Free and Clear Medicated Anti-Dandruff Shampoo

Apakah kamu memiliki kulit kepala yang sensitif dan membutuhkan bantuan untuk mengatasi ketombe yang membandel?

Jangan khawatir, sebab Free and Clear Medicated Anti-Dandruff Shampoo merupakan solusi yang tepat untuk digunakan. Soalnya sampo zink ini mengandung nol alergen dan tidak menimbulkan iritasi.

Ini semua berkat kandungan zinc pyrithione yang terkandung sebanyak 2%. Bahan aktif ini dapat meningkatkan kesehatan kulit dan mampu meredakan ketombe yang berlebihan.

Produk yang satu ini akan sangat cocok untuk digunakan pada semua jenis rambut.

Pura D’Or Advanced Therapy Shampoo

Menggabungkan manfaat dari 17 bahan aktif utama, seperti biotin, ekstrak jelatang, minyak argan, zinc, dan lainnya—ternyata dapat membantu penebalan rambut sekaligus mempertahankan kulit kepala yang bersih dan ternutrisi dengan baik.

Tak hanya itu, Pura D’Or Advanced Therapy Shampoo juga mempu memperbaiki dan menghidupkan kembali rambut yang rusak.

Kulit kepala juga akan terbebas dari rasa gatal dan iritasi, sehingga akan sangat cocok digunakan untukmu yang memiliki masalah ketombe membandel.

DHS Zinc Dandruff Shampoo

Sampo zink yang satu ini sangat direkomendasikan untukmu yang memiliki masalah ketombe atau dermatitis seboroik. Sebab, kandungan yang ada di dalamnya dapat membantu mengontrol kondisi kulit kepala sekaligus menutrisinya agar tetap sehat.

Dijamin kamu akan mendapatkan manfaatnya dengan maksimal, apalagi jika digunakan secara rutin.

Bioderma Node DS+ Anti Dandruff Intense Shampoo

Formula eksklusif dari Bioderma Node DS+ Anti Dandruff Intense Shampoo ini dapat membantu mengontrol kulit kepala yang mengalami masalah ketombe dan gatal-gatal.

Soalnya produk tersebut mengandung kombinasi bahan aktif anti ketombe dan anti inflamasi yang dapat membuat kulit kepala menjadi lebih tenang.

Dengan teksturnya yang ringan, sampo zink ini akan mudah untuk diaplikasikan. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, disarankan untuk menggunakan produk ini secara rutin.  

Alpecin Dandruff Killer Shampoo

Tak hanya mengandung zinc, sampo yang satu ini juga mengandung asam fumarat, asam salisilat, benzalkonium, dan prioctone olamine yang dapat mengatasi berbagai masalah rambut.

Termasuk jika kamu menderita masalah ketombe yang sedang hingga parah, maka sangat disarankan untuk menggunakan produk yang satu ini.

Sayangnya, sampo zink ini tidak dianjurkan untuk digunakan pada pemilik kulit kepala yang sensitif. Oleh karena tu, pastikan kamu tidak memiliki kulit yang sensitif, ya!