Ruang Tamu Sempit? Pilih 10 Warna Ini Agar Tampak Luas

warna cat ruang tamu sempit
Foto: www.unsplash.com

Warna cat ruang tamu tidak hanya berguna membuat ruangan nyaman, tapi juga memberikan kesan lebih luas. Dengan kata lain, ini bisa menjadi solusi untuk kamu yang memiliki ruang tamu mini.

Namun patut diingat bahwa tidak semua warna cat cocok untuk ruang tamu. Berikut rekomendasi warna cat agar ruang tamu tampak luas.

Warna Cat Putih

warna cat ruang tamu sempit
Foto: www.pinterest.com/Home Decor Ideas

Putih merupakan warna klasik yang paling umum dijumpai untuk warna cat ruang tamu. Hal itu karena warna putih terlihat bersih, luas, cerah, serta lembut.

Warna ini cocok disanding dengan furnitur apa pun.

Untuk membuat ruang tamu tidak polos, kamu bisa menambahkan beberapa lukisan atau foto di dinding, hiasi sudut ruangan dengan tanaman agar tampak lebih segar, maupun menentukan karpet bermotif.

Warna Peach atau Soft Pink

Warna Peach atau Soft Pink
Foto: www.pinterest.com/domino magazine

Warna peach atau soft pink identik dengan perempuan. Tidak heran jika memilih cat warna peach untuk ruang tamu memberikan kesan ceria dan feminim.

Agar tidak terlalu mencolok, kamu dapat mengombinasikan dengan warna lain, salah satunya warna sage.

Selain itu, kamu juga dapat menambahkan beberapa interior dengan warna yang soft, seperti lampu di sudut ruangan, kaca, beberapa pajangan, hingga vas bunga. Dengan begitu, akan membuat ruang tamu akan tampak estetik.

Warna Cat Krem

Warna Cat Krem
Foto: www.pinterest.com/Spacejoy

Memilih warna krem dapat menjadi siasat yang tepat untuk menyulap ruang tamu kamu yang sempit menjadi tampak luas.

Seperti warna putih, warna ini termasuk warna netral yang banyak dipakai karena memberikan kesan nyaman dan hangat.

Untuk terlihat estetik dan mahal, kamu tidak perlu menaruh banyak barang di ruang tamu.

Kamu dapat memilih lampu gantung, karpet motif, sudut ruangan yang diisi dengan tanaman, hingga sofa panjang sesuai dengan ukuran ruang tamu.

Warna Abu-abu

Warna Abu abu
Foto: www.pinterest.com/Abi Dare | These Four Walls

Memiliki ruang tamu sempit tidak harus menggunakan cat berwarna cerah, kok. Kamu dapat memilih alternatif lain dengan menggunakan warna abu-abu.

Warna ini memberikan kesan klasik hingga modern, sehingga cocok bagi laki-laki maupun perempuan. Namun, perlu diperhatikan untuk memilih warna abu-abu muda agar tidak terlalu gelap.

Pada ruang tamu, kamu dapat menambahkan sofa dengan warna yang senada atau warna pastel, lampu gantung, meja bundar, hingga kaca.

Warna Cat Lemon

warna cat ruang tamu sempit
Foto: www.pinterest.com/The Spruce

Warna lemon memberikan kesan pemilik rumah yang ceria dan segar. Selain itu, nuansa ini jika dipakai di ruang tamu akan memberikan kesan luas.

Untuk menyiasati agar ruang tamu tidak terlalu menyilaukan mata, maka kamu dapat memilih beberapa dekorasi dengan warna gelap.

Beberapa barang yang cocok dipadankan dengan warna cat lemon adalah sofa berwarna abu-abu, foto yang dipajang di dinding, hingga tanaman di pojok ruangan.

Warna Cat Merah

warna cat ruang tamu sempit
Foto: www.pinterest.com/House Beautiful

Bosan dengan warna cat yang kalem?

Saatnya kamu berani mengubah warna ruang tamu menjadi warna merah. Warna ini identik dengan sifat pemberani, percaya diri, dan energi yang kuat.

Selain itu, dengan menggunakan warna merah dapat membuat kesan plafon terlihat tinggi agar tidak mencolok.

Untuk terlihat mewah, kamu dapat menaruh lampu di pojok ruangan, sofa warna senada atau sofa kulit. Lalu beberapa lukisan dan foto yang ditaruh rapi di dinding, hingga kipas asing menggantung di tengah.

Warna Hijau

Warna Hijau
Foto: www.pinterest.com/Stanovova V

Berbeda dengan warna merah, warna hijau identik dengan suasana yang sejuk, segar, dan enak dipandang. Pilihlah warna hijau yang lembut agar tidak mencolok dan membuat kamu tidak nyaman di rumah.

Untuk dekorasinya, kamu dapat memasang lampu di dua sudut ruangan dengan sofa yang ada di tengah-tengah.

Selain itu, kamu dapat menggunakan karpet warna abu-abu, lukisan atau pajangan yang tidak banyak warna, hingga meja bundar.

Warna Cokelat

warna cat ruang tamu sempit
Foto: www.pinterest.com/Maison & Travaux

Tidak ada salahnya mencoba memakai warna cokelat untuk ruang tamu. Warna ini dapat memberikan kesan luas pada ruang tamu kamu yang sempit.

Untuk menyiasati agar tidak terlalu gelap, kamu dapat memilih warna cokelat muda. Selain itu, kamu juga dapat mengkombinasikan dengan warna lain seperti warna putih atau krem.

Dekorasi yang dapat ditaruh di ruang tamu kamu seperti meja bentuk kotak, sofa warna putih dengan bentuk L, pot kecil di atas meja, hingga memakai gorden dengan warna krem.

Warna Biru

Warna Biru
Foto: www.pinterest.com/SKDESIGN | Современная мебель и идеи интерьера

PilihanwWarna selanjutnya yang dapat membuat ruang tamu terlihat luas adalah warna biru. Warna ini akan membuat nuansa tampak sejuk dan tenang. Pilihlah warna biru yang kalem agar tidak membuat mata menjadi sakit.

Untuk dekorasinya, kamu dapat menambahkan sofa bentuk L warna abu-abu, gorden putih, lampu di sudut ruangan, karpet dengan warna yang sama seperti sofa, maupun pajangan.

Warna Oranye

warna cat ruang tamu sempit
Foto: www.pinterest.com/Oh Joy

Warna oranye dipilih karena memberikan kesan yang cerah dan ruang tamu akan tampak lebih luas. Pilihan warna oranye yang kalem bisa menciptakan suasana yang nyaman.

Dekorasi yang dapat disandingkan dengan warna oranye ini contohnya meja bundar di tengah ruangan, tanaman di sudut ruangan, sofa abu-abu, beberapa lukisan yang dipajang di dinding, hingga kaca bulat.