Trik Mendekorasi Dapur Kecil agar Terlihat Lebih Besar dari 2×2 meter

mendekorasi dapur kecil
Foto: www.unsplash.com
Last updated:

Ah, memang selalu menyenangkan saat menonton acara TV mendekorasi dan mendesain rumah, termasuk dapur. Akan tetapi bahkan ketika kita sudah menghabiskan berjam-jam menontonnya, tetap saja sulit mengaplikasikannya di dapur sendiri, apalagi jika dapur memiliki ukuran sekecil rumah 7 kurcaci! Untuk membuat kamu tidak pusing saat ingin mendekor dapur mungil, berikut tips utama yang sebaiknya diingat saat mendekorasi dapur kecil.

Pertama dan Utama: Pertimbangkan Fungsi Dapur

Nanti dulu memilih warna dan ubin, hal yang pertama yang sebaiknya dipikirkan adalah luas ruang dan bagaimana kamu akan beraktivitas di dalamnya. Memiliki gambaran tentang di mana akan meletakkan perkakas seperti kompor dan rak adalah prioritas saat mendekorasi dapur kecil. Serta, bagaimana agar peralatan yang sering dipakai bisa dijangkau dengan mudah. Setelah sudah bisa memutuskan tata letaknya, silakan memilih warna dan ubin yang sebaiknya mengikuti layout ini untuk memberikan efek luas.

Livien Furniture – Meja Makan Troli Dapur Maple Story

Manfaatkan Ruang di Area Tinggi

Ah, segala pernak-pernik dapur memang paling banyak membutuhkan tempat. Akan tetapi, jangan putus asa: manfaatkan ruang di area tinggi. Entah itu untuk menyimpan barang-barang berukuran besar atau peralatan yang hanya dipakai dua kali setahun. Jika kamu memiliki banyak barang pecah belah yang ingin dipamerkan, simpan di kabinet berkaca yang juga akan membuat dapur terlihat lebih luas. Eits, tapi kabinet berkaca lebih direkomendasikan untuk mereka yang memiliki hobi merapikan dan membereskan rumah. Sementara untuk kita, rakyat mortal dan bukan keturunan Marie Kondo ini, disarankan untuk memilih hidden cabinet. Dan satu lagi, open shelving: jangan terlalu banyak dan memang harus sering dibersihkan agar tidak membuat dapur kusam.

mendekorasi dapur kecil
IKEA – Tornviken Rak Dinding Putih Pudar

Tentukan Posisi Tempat Duduk

Biasanya, dapur adalah salah satu tempat paling nyaman untuk nongkrong di dalam rumah. Tidak memiliki ruangan yang luas? Akali dengan hanya menambahkan satu-dua kursi dan meja yang bisa dilipat. Atau bangun banquette yang tidak membutuhkan banyak space.

mendekorasi dapur kecil
Super Rattan – Halfmoon Chair

Jangan Lupakan Sistem Pencahayaan

Jangan remehkan kekuataan sebuah lampu yang bisa memberikan ilusi ruangan lebih besar daripada ukuran yang sebenarnya.  Selain lampu yang tersembunyi, pertimbangkan untuk menambahkan lampu gantung di atas meja dapur. Oh, pastikan lampu yang kamu pilih adalah yang berkualitas dengan cahaya yang hangat agar dapur nyaman dan rileks. Lalu, jangan lupa pasang alat peredup lampu.

mendekorasi dapur kecil
The Nomad Creations – Nordic Wood Pendant Lights

Gunakan Warna Netral sebagai Warna Dominan

Ah, tapi kamu ‘kan pengen dapur yang warna-warni, tidak hanya bercat putih! Kabar baik: dapur warna-warni bukan berarti kamu memerlukan meja, kursi, lemari dan kabinet dengan nuansa pelangi. Terlebih, dapur dengan warna netral lebih bersifat abadi dan tidak ketinggalan jaman. Untuk membuatnya lebih hidup, tambahkan warna melalui pernak-pernik seperti karpet, bunga dan tanaman serta tirai jendela.

mendekorasi dapur kecil
Fabelio – Set Meja Makan Vika Foldable

Ingat Prinsip: Lebih Sedikit, Lebih Baik

Prinsip yang sebaiknya diingat oleh pemilik dapur kecil adalah simplicity. Semakin sedikit (yang terlihat), semakin baik. Kualitas, bukan kuantitas. Apa? Barangmu banyak banget? Simpan di kabinet-kabinet tersembunyi agar dapur tetap rapi. Ohya, ada trik menyusun barang di dapur kecil: kumpulkan dan susun peralatan dengan warna yang sama di satu tempat agar terlihat rapi.

Chic & Darling – Sunset Jar

Meski ukuran dapurmu kecil, pastikan punya selalu ruang untuk 10 makanan super sehat ini.