10 Gaya Interior yang Bikin Betah di Dapur dan Semangat Masak

interior dapur
Foto: www.freepik.com

Dapur tentunya menjadi salah satu ruangan yang wajib ada di dalam rumah. Meski awalnya hanya digunakan untuk tempat memasak atau ruang makan, namun sekarang dapur sering kali dijadikan sebagai tempat berkumpul atau menghabiskan waktu. Untuk itu, tentunya interior dapur menjadi hal penting untuk diperhatikan.

Mulai dari tata pencahayaan, pemilihan dekorasi, hingga material lantai, hal-hal tersebut memiliki peran penting untuk membuat dapur terasa nyaman dan membuatmu semangat untuk memasak dan menyiapkan makanan. Berikut 10 interior dapur yang  bisa menjadi inspirasimu.

Penggunaan Meja Tipis

interior dapur
Foto: www.pinterest.com/Tua Casa

Di tahun lalu, penggunaan meja yang tipis pada interior dapur menjadi tren karena terlihat ramping dan elegan. Bahkan furnitur ini bisa membuat kabinet menjadi lebih menonjol. Tentunya ide ini akan sangat cocok untukmu yang menggunakan kabiner berwarna bold.

Desain meja dapur yang tipis juga sangat pas untuk diaplikasikan pada model dapur yang mengusung tema minimalis. Jangan lupa untuk memilih material yang berkualitas, agar meja yang kaamu gunakan tidak mudah rusak dan tahan lama.

Backsplash dari Batu Bata

Foto: www.pinterest.com/Backsplash.com

Fungsi utama backsplash tentunya untuk melindungi dinding dari minyak, saus, dan noda makanan lainnya. Untuk itu biasanya area ini dibuat menggunakan material yang licin agar lebih mudah untuk dibersihkan, seperti keramik atau cermin.

Akan tetapi, untuk hunian dengan gaya Skandinavia maka kamu bisa memasang batu bata yang diberi cat warna putih pada area backsplash. Tentunya tempat memasakmu akan menjadi lebih hangat namun tetap modern.

Interior Dapur Tertutup

Foto: www.pinterest.com/xinyimua

Ingin memamerkan kesan eksklusif? Cobalah untuk menerapkan interior dapur tertutup yang memiliki areanya tersendiri dan tidak tergabung dengan area lain, baik itu ruang makan atau ruang keluarga. Batasilah ruangan dapur dengan mendirikan dinding agar terpisah dengan ruangan lain.

Karena ruangan akan menjadi lebih rapi dan tertutup, tentu akan membuatmu merasa nyaman ketika menyiapkan masakan. Gaya dapur yang satu ini sangat cocok untuk diterapkan pada rumah yang berukuran besar.

Penggunaan Warna Gelap

interior dapur
Foto: www.pinterest.com/Semihandmade

Jika ingin menghadirkan sisi misterius dan unik, maka cobalah menggunakan warna gelap untuk beberapa bagian tertentu pada dapur. Selain itu, kamu bisa mengombinasikannya dengan warna terang pada bagian lain. Misalnya dengan menggunakan kabinet berwarna hitam dan area backsplash yang berwarna putih. Atau gunakan kitchen set aluminium dan pasangkan keramik hitam pada lantai.

Interior Dapur dengan Material Marmer

interior dapur
Foto: www.pinterest.com/REHAU Surface Solutions

Penggunaan material yang identik dengan kemewahan ini tentu menjadi daya tarik dan keunggulan tersendiri pada ruang memasak. Tak hanya itu, berkat daya tahannya yang kuat, tahan lama, dan elegan, tentunya marmer menjadi material favorit yang digunakan oleh banyak orang. Biasanya, marmer akan diaplikasikan pada interior dapur bergaya minimalis, modern, dan Victorian.

Kamu bisa menambahkan marmer pada beberapa bagian yang ada di dapur, mulai dari meja, kitchen island, hingga lantai. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan warna marmer, baik itu putih, krem, cokelat, atau hitam, dengan konsep dapur yang akan diusung.

Bergaya Kontemporer

Foto: www.pinterest.com/Ideias em Casa

Tak hanya minimalis dan modern, kini gaya kontemporer juga mulai banyak digunakan oleh sebagian orang. Meski pada dasarnya gaya ini akan selalu berubah, namun secara garis besar kontemporer akan selalu menampilkan ruangan yang bersih, rapi, dan kekinian.

Untuk itu, kamu selalu bisa memperbaharui konsep interior dapur sesuai dengan tren yang sedang berkembang.

Menambahkan Island Table

interior dapur
Foto: www.pinterest.com/Design Milk

Salah satu elemen dapur yang dapat menambah kesan pada interior adalah kitchen island yang berfungsi untuk meletakkan berbagai barang sebelum dimasukkan ke dalam kabinet atau memasak. Tak hanya itu, sering kali furnitur ini digunakan sebagai area bersantai.

Pilihlah kursi bar yang nyaman untuk melengkapi kitchen island, karena hal tersebut akan meningkatkan suasana hatimu ketika berada di dapur.

Bergaya Pedesaan

Foto: www.pinterest.com/FarmHouseRoom

Tak jarang bahwa kini beberapa orang justru mengusung interior dapur bergaya pedesaan. Desain yang menampilkan konsep alami ini identik dengan suasana yang asri, alami, dan hangat. Yang menjadi ciri khas dari ruang memasak dengan model ini adalah penggunaan material kayu dan berbagai tanaman hias yang ada di dapur.

Interior Bergaya Industrial

Foto: www.pinterest.com/Apartment Therapy

Lampu besar, dinding ekspos yang terbuat dari bata atau beton, dan besi menjadi elemen yang paling menonjol untuk model dapur industrial. Biasanya lampu yang berukuran besar ini akan digantungkan pada area meja makan atau kitchen island. Pencahayaan lain yang mendukung juga bisa didapatkan dari sinar matahari yang masuk melalui jendela.

Memamerkan Beragam Warna

interior dapur
Foto: www.pinterest.com/Apartment Therapy

Jika kamu ingin membuat dapur menjadi lebih berenergi dan unik, maka kini saatnya menggunakan lebih dari satu warna pada ruangan. Pilihlah warna-warna terang yang dikombinasikan dengan netral, seperti menggunakan cat dinding dapur warna hijau dan menggunakan peralatan memasak berwarna pastel misalnya.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan wallpaper untuk menghiasi dapur. Jangan lupa tambahkan tanaman hias dan aksen kayu agar dapur terkesan lebih natural.