11 Detail Ini Bisa Membuat Desain Rumahmu Terlihat Mewah

desain rumah mewah
Foto: www.unsplash.com

Rumah mewah identik dengan gaya klasik dengan ornamen-ornamen elegan yang menghiasi setiap sudut rumah. Selain itu, kebanyakan rumah mewah juga memiliki bentuk sederhana tanpa desain yang rumit. Jika kamu ingin melakukan renovasi tertarik memberikan sentuhan mewah ke dalam rumah, maka kamu perlu memperhatikan beberapa cara untuk membuat hunianmu terkesan mewah.

Cara Membuat Rumah Terlihat Mewah

Foto: www.unsplash.com

1. Detail ukiran

Ketika ingin mendesain rumah agar terlihat mewah, maka kamu perlu memerhatikan detail. Dalam hal ini, detail yang dimaksud yakni ukiran mahkota yang menyatukan langit-langit dan dinding. Karena jika tanpa sentuhan detail ini, maka ruangan yang ada di dalam rumahmu akan terlihat tidak menarik bahkan seperti bangunan yang belum selesai. Untuk membuat rumahmu terlihat lebih mewah, kamu dapat menambahkan ukiran pada beberapa bagian seperti pada mahkota, tiang, langit-langit, dan lainnya.

2. Warna cat

Menentukan warna cat mungkin menjadi keputusan yang paling sulit ketika mendesain rumah. namun jika kamu menginginkan nuansa mewah, kamu dapat memilih warna bold atau soft. Warna-warna ini akan menambahkan kesan mewah pada rumahmu. Selain itu, mengecat interior pintu dengan warna hitam juga akan memberikan kesan yang mahal. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa aksesoris hitam di ruangan untuk menyatukan keseluruhan desain.

3. Menempatkan bantal

Memilih dan menempatkan bantal dengan tepat dapat memberikan kesan elegan pada ruangan. Selain itu, penggunaan bantal juga dapat memberikan kenyamanan bagi tamu yang duduk di sofa. Kamu dapat memilih bantal yang besar dan empuk untuk menciptakan tampilan mewah dan elegan pada ruangan.

4. Aksesoris jendela

Hal penting yang satu ini juga dapat menambahkan kesan anggun pada rumahmu. Ketika memilih aksesoris yang tepat untuk diletakkan pada jendela, kamu dapat memilih tirai dengan bahan elegan seperti sutra alami atau linen. Selain itu kamu juga dapat mencoba tirai anyaman bambu atau tirai kayu.

Baca Juga :  Hindari Kesalahan Ini Saat Mendekorasi Ruang Tamu

5. Pemilihan lampu

Lampu menjadi faktor penting yang dapat memengaruhi tampilan ruanganmu. Jika kamu ingin memberikan kesan yang elegan, kamu dapat menambahkan kerangka lampu pada lampu gantung. Selain itu, kamu juga dapat memilih model lampu dengan warna bold seperti hitam atau abu-abu serta menambahkan lampu kristal pada ruang tamu yang akan membuat rumahmu semakin terlihat megah.

6. Lantai kayu dan marmer

Untuk membuat rumahmu terkesan elegan, kamu dapat menambahkan lantai kayu atau vinyl kayu yang akan memberikan tampilan klasik sekaligus mewah. Pilihlah kayu yang keras dan berkualitas agar dapat bertahan lama. Selain itu, kamu juga dapat menyesuaikannya dengan warna kayu yang kamu sukai. Tak hanya kayu, kamu juga dapat menggunakan lantai marmer yang memiliki tekstur serta corak yang memberikan kesan mewah. Marmer juga dapat kamu aplikasikan pada dinding, meja, atau kursi. Selain itu, bahan marmer juga memerlukan perawatan yang cukup mudah.

7. Aksesoris rumah

Aksesoris rumah menjadi poin penting yang akan membuat rumahmu terlihat mewah. Meski akan mengeluarkan anggaran lebih, namun aksesoris rumah akan memberikan sentuhan yang elegan, terlebih jika kamu memilih warna emas yang dikaitkan dengan kekayaan serta kemewahan. Untuk itu kamu bisa menambahkan bingkai foto, cermin, atau salah satu meja dengan dilapisi warna emas sebagai aksesoris rumah.

8. Furnitur 

Pemilihan furnitur yang tepat akan menambah kesan mewah pada rumahmu. Jangan lupa untuk memerhatikan kualitas barang ketika akan membelinya dan jangan tergiur dengan harga yang murah, karena pada akhirnya  furnitur murah akan menghabiskan biaya yang lebih banyak. Kamu dapat memilih sofa berbahan kulit dan dinding serta furnitur dengan unsur dekorasi yang unik.

Baca Juga :  Trik Menata Dapur Agar Rapi Sepanjang Hari

9. Pagar 

Pagar menjadi hal penting untuk membuat rumahmu terlihat mewah karena selaian berfungsi sebagai pengaman rumah, pagar juga dapat meningkatkan estetika eksterior rumah. Untuk membuatnya terkesan elegan, kamu dapat menggunakan pagar berukuran tinggi dengan desain disesuaikan dengan keinginanmu.

10. Pilar

Fungsi pilar yang memperkuat konstruksi bangunan juga dapat menambah nilai keindahan pada rumahmu. Kamu dapat memilih pilar yang simetris untuk memberikan kesan megah dengan gaya klasik Yunani dan Roma kuno yang identik dengan empat pilar tinggi pada bagian depan rumah.

11. Kebersihan rumah

Salah satu cara yang paling sederhana untuk membuat rumahmu terkesan elegan adalah dengan rajin membersihkan dan merapikan rumah. Jangan sampai rumahmu terlihat berantakan karena hal ini akan mengurangi sentuhan mewah pada rumahmu. Jangan lupa untuk membersihkan jendela dan noda-noda pada karpet atau sofa. 

Inspirasi Desain Rumah Mewah 

Berikut desain rumah mewah yang dapat menjadi inspirasimu:

Rumah dengan dominasi kayu

desain rumah mewah
Foto: www.architecturaldigest.com

Kamu dapat memadukan unsur kayu dan kaca sebagai bahan utama pada rumah dengan setiap dinding yang dipasang kaca serta lantai dengan beralas kayu. Meski bermaterial kayu, namun rumahmu akan terkesan mewah nan megah.

Rumah dengan kolam renang terbuka

desain rumah mewah
Foto: www.pinterest.com

Jika rumahmu memiliki lahan yang luas, maka tidak ada salahnya untuk menambahkan kolam renang terbuka dengan area berlantai kayu. Desain rumah ini akan terlihat sangat elegan dan mewah. Jangan lupa untuk menambahkan kursi santai di area kolam renang.

Rumah dengan dominasi putih 

desain rumah mewah
Foto: www.pinterest.com

Memilih cat warna putih untuk seluruh bagian rumah baik interior maupun eksterior ternyata dapat memberikan kesan mewah pada rumahmu. Meski putih merupakan warna yang sederhana, namun hal ini akan membuatnya terlihat lebih elegan.

Baca Juga :  Ingin Pohon Natal di Rumah Menjadi Cantik? Lakukan 7 Langkah Ini

Rumah dengan jendela besar

desain rumah mewah
Foto: www.pinterest.com

Jika kamu tidak ingin mengganti keseluruhan dinding dengan kaca, maka kamu dapat memilih opsi rumah dengan jendela yang besar. Meski memiliki jendela dengan kaca yang berukuran besar, rumah ini akan terlihat mewah dengan letak pencahayaan yang pas.

Rumah dengan ruang terbuka 

desain rumah mewah
Foto: www.pinterest.com

Desain rumah dengan ruangan yang dibiarkan terbuka akan membuat penampilan rumahmu terkesan megah. Kamu dapat membiarkan satu ruangan seperti ruang tamu yang dibiarkan terbuka dan menampilkan halaman yang cukup luas. 

Rumah dengan gaya monokrom

Foto: www.pinterest.com

Pemilihan warna hitam dan putih atau warna monokrom juga dapat menjadi inspirasimu saat mendesain rumah. Perpaduan warna netral ini akan membuat rumahmu terkesan mewah dan elegan. Jangan lupa untuk menambahkan aksesoris di dalam rumah dengan kedua warna tersebut untuk mendukung gaya monokrom pada rumahmu.

Selanjutnya: 7 Warna Ini Membuat Rumah Minimalis