8 Cara Mendesain Dapur Agar Tidak Ketinggalan Zaman

desain dapur
Foto: www.unsplash.com

Meski menjadi pekerjaan rumah yang paling berat, namun menyempurnakan desain dapur merupakan kegiatan yang paling menyenangkan. Mulai dari gaya modern, minimalis, kontemporer, atau retro, tentunya beragam pilihan itu bisa kamu terapkan ketika ingin membangun atau merenovasi dapur.

Tidak hanya zona untuk memasak, sering kali dapur juga disatukan dengan ruang makan atau berada di dekat area bersantai sehingga menjadi tempat untuk menghabiskan banyak waktu. Perencanaan dapur yang tepat pun merupakan kunci untuk mendapatkan desain dapur yang sesuai dengan harapanmu.

Berikut tips dan inspirasi yang bisa kamu tiru untuk mewujudkan desain dapur yang tidak akan pernah ketinggalan zaman.

Cara Mendesain Area Dapur

Berikut 8 langkah untuk mengatur kembali area dapur.

Membuat daftar kebutuhan

Langkah pertama  yang bisa kamu lakukan adalah menganalisis apa yang saat ini sudah kamu miliki di dapur dengan apa yang sedang dibutuhkan dan diinginkan dari desain baru.

Untuk memastikan tidak ada barang yang double, maka kamu bisa mulai memilah-milah sekaligus merapikan peralatan tersebut. Proses ini juga dapat membuatmu menjadi lebih kreatif dengan menyadari apakah ada sesuatu yang bisa digunakan kembali.

Pertimbangkan tata letak

Kemudian, kini saatnya membayangkan tata letak untuk dapur yang kamu inginkan. Mulai dari mencatat berapa banyak kabinet yang diperlukan dan berapa banyak peralatan yang harus dipasang. Tidak hanya itu, perlu juga memikirkan bagaimana caramu menggunakan dapur, apakah hanya sebagai tempat memasak atau juga sebagai ruang makan.

Untuk perencanaan ruang memasak dan menyiapkan segala sesuatunya, maka jangan lupa untuk menerapkan segitiga kerja dapur, yakni lemari es, wastafel, dan kompor. Ketiga titik tersebut harus diletakkan cukup dekat antara satu sama lain untuk membuat persiapan makanan menjadi lebih efisien.

Baca Juga :  16 Inspirasi Hiasan Dinding yang Membuat Kamar Tidur Semakin Cantik

Menyusun denah lantai

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mulai menyusun denah lantai. Ketika mendesain dapur, penting untuk memahami ruangan yang akan digunakan.

Kamu bisa membuat gambar skala denah dapur, dengan mulai menandai lokasi yang tepat untuk area pintu dan jendela. Sehingga bisa memastikan bahwa ruanganmu memiliki aliran udara yang baik.

Mengumpulkan ide desain

Kali ini giliranmu untuk mengumpulkan inspirasi dapur dan menemukan gaya yang sesuai dengan yang kamu inginkan. Untuk dapur modern, pilihlah kabinet minimalis nan elegan.

Sementara jika kamu tertarik untuk menerapkan dapur tradisional, maka pilih gaya rustik yang unik. Namun jika kamu ingin memiliki dapur freestanding, maka gunakan mebel yang fleksibel untuk membuatnya terasa nyaman.

Pilih material terbaik

Setelah mengetahui tampilan dapur yang diinginkan, maka saat ini kamu dapat mulai memilih bahan-bahan yang akan digunakan. Tentunya hal ini akan bergantung pada anggaran yang sudah kamu buat, namun dengan memilih material dengan kualitas terbaik tentunya akan lebih tahan lama.

Kayu yang keras dan belapis merupakan bahan terbaik dan paling tahan lama yang bisa kamu gunakan untuk lemari dapur dengan konsep tradisonal. Sementara usahakan menghindari kabinet dengan bahan particle board. Karena material tersebut tidak tahan lama dan mudah terkelupas serta pecah.

Memilih warna terbaik untuk ruangan

Warna mungkin sama pentingnya dengan gaya lemari dan desain yang kamu pilih. Karena, ini akan menjadi hal pertama yang diperhatikan oleh orang lain ketika melihat dapurmu. Pilihan warna yang paling populer untuk dapur adalah putih yang diikuti dengan krem dan abu-abu yang pucat.

Desain dapur warna putih atau pucat tentunya bisa memberimu lebih banyak pilihan ketika memilih dekorasi ruangan. Sementara abu-abu sangat cocok diaplikasikan pada gaya tradisional dan kontemporer.

Baca Juga :  9 Tips Mendesain Kamar Tidur Agar Lebih Nyaman

Pilih lantai terbaik

Tentunya pemilihan lantai dapur merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Kamu bisa memilih ubin dari keramik, porselen, atau batu asli yang tentunya dapat disesuaikan dengan pilihan. Namun, tidak disarakan untuk menggunakan kayu solid pada lantai dapur mengingat tingkat kelembapan dalam ruangan tersebut.

Sebagai gantinya, kamu bisa memilih bahan karet untuk lantai yang fleksibel dan beton yang identik dengan nuansa kontemporer.  Bahan ini juga dapat tahan lama dan tahan terhadap kotoran serta noda, sehingga lebih praktis untuk digunakan.

Pastikan ruangan mendapatkan pencahayaan

Pencahayaan dalam ruangan merupakan hal yang penting, baik menggunakan lampu atau dari cahaya matahari yang masuk langsung ke area ini. Ketika memilih untuk menggunakan lampu sorot, maka pastikan cahaya terseut dapat menerangi meja, area kompor, dan wastafel.

Inspirasi Desain Dapur

Jika kamu kesulitan menggambarkan dapur impian, maka berikut gaya populer ruang memasak yang tidak akan pernah ketinggalan zaman dan bisa menjadi inspirasimu.

Dapur modern

desain dapur
Foto: www.pinterest.com/Scout & Nimble

Saat ini terdapat banyak rumah yang mengaplikasikan gaya modern. Model yang satu ini dikenal dengan menggabungkan fungsi dan keindahan ruangan, karenanya menggunakan meja hitam yang elegan tentu akan terasa membuat dapurmu menjadi lebih berkelas. Tidak hanya itu, kabinet ramping digunakan pun menjadi salah satu keunggulan dari dapur dengan gaya modern.

Model farmhouse modern

desain dapur
Foto: www.pinterest.com

Menggabungkan desain pedesaan dengan fitur modern tentu bisa menjadi inspirasimu. Dengan memilih warna putih bersih pada dinding dan nuansa kayu alami yang diaplikasikan pada rak terbuka merupakan salah satu dari ciri khas gaya yang satu ini. Tidak ada dapur gaya pertanian modern yang lengkap tanpa shiplap atau beadboard.

Dapur pedesaan

Foto: www.pinterest.com/eyefordesignlfd.blogspot.com

Meski hampir menyerupai model farmhouse modern, namun gaya pedesaan ini akan terasa lebih kuno dibanding kontemporer. Biasanya lantai pada desain ini akan menggunakan beragam motif seperti papan catur atau warna-warna retro. Tidak hanya itu penggunaan warna berani seperti kuning dan merah merupakan ciri has dari gaya yang satu ini.

Baca Juga :  8 Warna yang Tidak Akan Pernah Salah Jika Dipadukan dengan Dusty Pink

Gaya kontemporer

Foto: www.pinterest.com/sitehomedesign.com

Dapur kontemporer memiliki nuansa yang modern dengan perlengkapan dan aksen yang lebih hidup. Seperti penggunaan warna abu-abu dan kabinet datar yang ramping. Selain itu, peralatan yang digunakan pun biasanya tercampur dengan bahan baja yang tahan akan karat.

Model pedesaan Prancis

desain dapur
Foto: www.pinterest.com/Dagmar Bleasdale {Dagmar's Home}

Dengan nuansa vintage dan lemari berwarna krem, biasanya menjadi ciri khas dari gaya pedesaan Prancis. Tidak hanya itu, adanya lampu gantung besi juga menjadi salah satu item yang identik dengan model ini.

Dapur retro

desain dapur
Foto: www.pinterest.com/Mon petit nuage

Meski bergaya jadul, namun ini merupakan salah satu gaya yang timeless. Penggunaan warna kuning, dan hitam sering kali menjadi ciri khas dari dapur ini. biasanya istilah retro akan diterapkan pada ruang memasak yang baru direnovasi dengan menambahkan sedikit gaya modern abad pertengahan.

Gaya skandinavia

desain dapur
Foto: www.pinterest.com/emma

Lemari dan dinding putih yang cerah, ditambah dengan tekstur kayu serta rotan yang penuh dengan nuansa alami merupakan kunci utama dari gaya skandinavia. Warna-warna netral dengan tekstur natural pun kerap diterapkan pada ruangan-ruangan dengan model ini.