11 Tips Dekorasi untuk Dapur Sederhana

dapur sederhana
Foto: www.unsplash.com

Memiliki ruangan yang sempit dan terbatas memang akan membuatmu merasa sulit ketika ingin menentukan tata letak barang. Terlebih pada dapur sederhana yang digunakan sebagai tempat memasak yang tentunya membutuhkan banyak peralatan. Untuk itu kamu perlu mencari cara yang tepat untuk mencegah dapur agar tidak terlihat berantakan.

Cara Mendekor Dapur Sederhana

dapur sederhana
Foto: www.freepik.com

Walaupun memiliki ruangan yang terbatas, namun kamu tetap perlu menjaga dapur agar terlihat lebih rapi dan menarik.

Mengelompokkan barang

Meski memiliki ruangan yang kecil, namun usahakan untuk membuatnya tetap terlihat sempurna. Hal ini bisa kamu lakukan dengan mengelompokkan peralatan makan atau masak sesuai dengan kegunaannya, kemudian tata barang-barang tersebut dengan rapi sesuai dengan tingginya agar terlihat menarik.

Gunakan meja bar

Jika kamu menginginkan konsep ruang makan dan dapur yang menjadi satu, maka kamu bisa menggunakan meja island atau meja bar yang sedang populer. Keunggulan dari konsep ini adalah dapat menghemat ruang, sehingga sangat cocok diaplikasikan pada dapur minimalismu. Untuk membuatnya terlihat lebih mewah, pilihlah meja bar dengan material marmer.

Tambahkan tanaman

Menambahkan tanaman hias yang cocok untuk diletakkan di dalam ruangan merupakan salah satu opsi terbaik untuk dekorasi dapur sederhana. Dengan memiliki luas ruangan yang terbatas, kamu tetap harus memastikan bahwa udara di dapur tetap terasa segar dan tentunya tidak sumpek. Tanaman dengan warna hijau juga dapat memengaruhi suasana hatimu, lho.

Maksimalkan ruang bawah wastafel

Untuk membuatnya terlihat lebih rapi, kamu bisa memanfaatkan area bawah wastafel sebagai tempat penyimpanan barang, seperti spons, lap, sikat, atau sabun. Hal ini tentunya dapat mencegah ruangan terlihat berantakan.

Baca Juga :  Ada Bunga Matahari di Rumah? Wajib Cek Kehebatan dan Manfaatnya

Memastikan sirkulasi udara

Sirkulasi udara di ruangan tentunya menjadi hal penting yang harus diperhatikan, termasuk dapur. Walaupun ruangan memasak didesain dengan sederhana, namun jangan lupa untuk tetap menambahkan jendela besar agar udara dapat masuk dengan leluasa. Selain itu, membiarkan cahaya matahari masuk secara langsung juga akan membuat ruangan terlihat lebih cerah dan luas.

Gunakan warna cerah

Jangan pernah ragu untuk menggunakan warna-warna cerah meski kamu memiliki ruangan yang sempit. Pasalnya, warna yang cerah justru akan memberikan efek yang luas pada dapurmu. Cobalah untuk menambahkan warna kuning, oranye, atau warna pastel pada dekorasi, gelas, maupun bantalan kursi.

Gabungkan dengan taman

Jika kamu memiliki dapur yang berdekatan dengan taman, maka tidak ada salahnya untuk menggabungkan kedua area tersebut agar semakin terlihat luas. Tak hanya itu, memasak juga akan terasa lebih menyenangkan ketika dikelilingi oleh ruang terbuka yang penuh dengan warna hijau. Untuk lebih menarik, letakkan meja makan di teras agar suasana makanmu lebih tentram dan rileks.

Perbanyak laci

Agar mempermudahmu untuk mengambil barang, cobalah memilih kabinet yang memiliki banyak laci. Hal ini tentunya memaksimalkanmu untuk menyimpan peralatan masak atau makan agar mudah untuk dijangkau. Selain itu, Kamu juga bisa menambahkan laci sisipan yang dapat diisi dengan bumbu-bumbu untuk memasak.

Nuansa hangat dengan material kayu

Menambahkan material kayu memang masih menjadi pilihan banyak orang, dan salah satu ruangan yang bisa diaplikasikan dengan nuansa kayu adalah dapur. Meski memiliki ruang yang terbatas, namun dapurmu akan terlihat lebih modern dan mewah.

Dapur dengan warna terang

Salah satu cara membuat ruang memasak menjadi lebih luas adalah memilih kabinet dan dinding dengan warna terang. Salah satu contohnya adalah menggunakan warna putih dengan tambahan motif-motif yang beragam.

Baca Juga :  12 Paduan Terbaik untuk Warna Hijau

Tambahkan pintu lipat

Jika kamu memiliki dapur yang menyatu dengan ruang tamu, maka cobalah untuk menambahkan pintu lipat sebagai pemisah ruangan. Salah satu kelebihan dari pintu ini adalah tidak memakan banyak tempat dan tentunya terlihat lebih modern.

Inspirasi Dapur Sederhana

Berikut lima inspirasi dapur sederhana yang bisa kamu tiru.

Gaya rustik untuk dapur minimalis

Foto: www.pinterest.com

Konsep ini biasanya akan fokus pada kesan alami dengan penggunaan material yang unfinished. Sehingga membuat ruangan terlihat lebih vintage dengan menambahkan karpet minimalis.

Konsep colorful pada dapur

dapur sederhana
Foto: www.pinterest.com

Meski memiliki ruangan yang sederhana, namun kamu tetap bisa menambahkan beragam warna-warna cerah untuk diaplikasikan pada dapur. Pilihlah warna kabinet, kompor, dan kulkas yang berbeda-beda agar suasana memasak terasa lebih semangat.

Warna putih agar dapur terlihat bersih

dapur sederhana
Foto: www.pinterest.com

Warna yang satu ini memang paling banyak digemari untuk diterapkan ke dalam ruangan. Tambahkan nuansa kayu dan bunga-bunga, agar dapurmu terlihat lebih hangat dan nyaman. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan untuk mencegah dapur terlihat berantakan.

Desain monokrom agar dapur lebih elegan

Foto: www.pinterest.com

Salah satu gaya yang tidak boleh terlewat adalah ruangan dengan tema monokrom. Dengan kombinasi warna hitam, abu-abu, dan putih, dapur sederhanamu akan terlihat lebih modern dan tentunya elegan.

Dapur dengan nuansa alami

dapur sederhana
Foto: www.pinterest.com

Untuk membuat dapurmu terlihat lebih segar dan menyatu dengan alam, kamu bisa menambahkan beragam tanaman hias. Selain itu, tambahkan aksen kayu pada lantai ruangan agar terkesan lebih hangat dan hidup.