Lakukan 5 Tips Ini Saat Bingung Memilih Gorden Dapur

gorden dapur
Foto: www.pexels.com

Selain menambahkan furnitur yang bermanfaat, tirai juga bisa menjadi aksesoris yang dapat mempercantik penampilan ruangan memasak. Meski menjadi item yang sederhana, namun penempatan gorden dapur perlu diperhatikan lebih lanjut untuk menghindari tampilan yang terkesan kurang pas.

Saat ini terdapat berbagai jenis tirai di pasaran, baik itu dari segi desain hingga ketebalan. Namun kamu perlu menyesuaikannya dengan ornamen lain yang ada di ruangan, agar terkesan lebih seimbang. Jika kamu sedang mencari inspirasi untuk memilih atau mengganti gorden ruang memasak, maka berikut tips yang bisa diperhatikan.

Tips Memilih Gorden Dapur

Foto: www.pexels.com

Terdapat beberapa pertimbangan yang bisa kamu lakukan ketika ingin memilih gorden dapur.

Pilih bahan gorden dapur

Sesungguhnya terdapat beberapa tingkat transparansi pada bahan gorden.

Vitrase

Untukmu yang membutuhkan cahaya matahari agar bisa masuk ke dalam ruangan, maka memasangkan bahan vitrase merupakan hal yang tepat. Karena, kain yang tipis dan tembus cahaya ini bisa membuat sinar matahari tetap masuk dengan optimal ke dalam dapur.

Semi-blackout

Jenis gorden yang satu ini berada dalam tingkat transparansi tengah, yakni di antara vitrase dan blackout. Meski nantinya gorden tertutup, namun ruangan masih bisa mendapatkan sinar matahari secara semu.

Blackout

Gorden yang satu ini dapat menghalau sinar matahari agar tidak bisa masuk ke dalam ruangan. Biasanya blackout digunakan pada ruangan yang membutuhkan privasi, seperti kamar tidur misalnya. Namun kamu juga tetap bisa memasangkannya di dapur jika memang tertarik untuk mencobanya.

Tentukan model gorden dapur

Jika kamu memiliki dapur dengan jendela yang besar, maka penggunaan panel pair atau model gorden ganda yang terdiri dari dua tirai terpisah merupakan pilihan yang cocok. Apalagi jika hunianmu memiliki gaya yang klasik dan kontemporer.

Namun, jika jendela pada ruangan memasak memiliki ukuran sedang atau kecil, maka cobalah untuk menerapkan single panel untuk gorden di ruang memasak. Karena hanya menggunakan satu tirai, maka model ini sangat fleksibel, kamu bisa membukanya ke arah kanan atau kiri.

Perhatikan sistem pengait gorden dapur

Terdapat beberapa sistem pengait gorden yang bisa kamu pilih.

Track

Untukmu yang memiliki ruangan dapur berukuran cukup besar, maka sistem pemasangan manual dengan menggunakan track merupakan hal yang umum. Biasanya model ini akan dilengkapi dengan teknologi pengaturan yang dioperasikan melalui remote control.

Smoke ring

Pengait gorden yang berbentuk cincin ini umumnya terbuat dari besi atau stainless. Biasanya tirai akan dilubangi dan dilapisi oleh smoke ring yang berfungsi sebagai jalur tiang gorden. Kebanyakan gorden dapur dengan sistem pengait ini akan membentuk lipatan yang cantik dan rapi.

Tab top

Sistem pemasangan gorden ini menggunakan perekat yang akan memudahkanmu ketika ingin memasang atau melepas tirai.

Ring

Jenis  pengait ini biasanya dilengkapi dengan cincin yang dipasang langsung pada bagian atas kain. Hal ini juga akan memudahkanmu ketika ingin membuka gorden di ruang memasak ini.

Pilih warna yang menarik

Untuk meramaikan suasana memasak, maka menggunakan warna cerah merupakan hal yang bisa kamu coba. Sementara jika ruangan dapur dibuat dengan tema yang minimalis, maka cobalah untuk menambahkan warna klasik seperti cokelat. Nantinya, warna ini akan memberikan kesan yang lebih luas pada ruangan.

Sesuaikan motif

Sesungguhnya, terdapat berbagai jenis motif yang bisa kamu gunakan untuk gorden dapur. Namun hal ini tetap perlu disesuaikan dengan tema dan warna ruangan. Jika dapurmu telah dilengkapi dengan countertop yang penuh dengan corak, maka pilihlah tirai tanpa motif atau polos.

Inspirasi Gorden Dapur

Jika kamu mencari ide untuk gorden dapur, berikut lima inspirasi model yang bisa kamu tiru.

Gorden dapur dengan warna netral

gorden dapur
Foto: www.freepik.com

Warna netral menjadi piliihan yang tepat untuk gorden di ruang masak dengan jendela minimalis. Kombinasi warna krim dengan tirai tipis di dalamnya merupakan salah satu model yang bisa kamu aplikasikan. Nantinya, tirai ini akan membuat ruangan terkesan lebih cerah dan luas.

Gorden menjulang tinggi

gorden dapur
Foto: www.unsplash.com

Jika kamu memiliki ruangan dengan langit-langit tinggi, maka cobalah untuk memilih gorden minimalis berwarna putih. Pasangkan tirai dan biarkan menyentuh lantai sehingga terkesan lebih mewah dan elegan. Jika menurutmu warna ini akan mudah kotor, terlebih untuk diletakkan pada ruangan memasak, maka pilihlah warna netral lainnya.

Gunakan gorden dapur yang tipis

Foto: www.freepik.com

Agar dapur tampak lebih minimalis dan sederhana, maka penggunaan gorden berbahan vitrase merupakan hal yang bisa kamu coba. Selain ruangan terlihat semakin cerah, tirai yang satu ini juga tidak membutuhkan banyak perawatan.

Gorden minimalis warna cerah

gorden dapur
Foto: www.freepik.com

Dengan menggunakan warna hijau pada gorden, maka ruangan pun akan terasa lebih hidup dan segar. Kamu bisa menempatkannya pada jendela minimalis yang berada di antara kitchen set.

Gorden dapur dengan motif bunga

gorden dapur
Foto: www.pinterest.com/Home Interior Pedia

Ketika tema dari ruangan memasak terlihat terlalu minimalis dan kamu ingin menambahkan sepercik keceriaan, maka kamu hanya perlu menambahkan sedikit aksen dengan menggunakan tirai bermotif. Nantinya gorden ini akan membuat dapur terlihat lebih cantik dan menarik.