Sering Dikonsumsi Ketika Haid, Ini 7 Manfaat Jamu Kunyit Asam

jamu kunyit asam
Foto: www.freepik.com

Untukmu yang gemar mengonsumsi jamu, mungkin sudah tidak asing lagi dengan jamu kunyit asam. Ramuan tradisional ini dianggap memiliki berbagai dampak baik untuk kesehatan, dan biasanya sering dikonsumsi oleh sebagian perempuan untuk pereda nyeri ketika haid.

Campuran dari bumbu dapur ini juga memiliki rasa yang sedap dan mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Jika kamu tertarik untuk mencobanya, berikut tujuh manfaat jamu kunyit asam untuk kesehatan tubuh.

Apa Itu Jamu Kunyit Asam?

jamu kunyit asam
Foto: www.freepik.com

Racikan kunyit dan asam jawa ini, menjadi salah satu produk herbal yang sering dikonsumsi oleh banyak orang. Pada dasarnya, kunyit memang mengandung bahan aktif yaitu senyawa kurkumin yang bermanfaat bagi tubuh, seperti sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Begitu pun dengan asam Jawa yang memiliki fungsi sebagai antiradang.

Sehingga, kombinasi yang menghasilkan jamu kunyit asam ini mempunyai manfaat yang beragam bagi tubuh. Selain itu, minuman ini juga dapat dibuat dengan mudah di rumah.

Manfaat Jamu Kunyit Asam

Foto: www.freepik.com

Ini tujuh manfaat kunyit asam yang bisa kamu dapatkan.

Mengandung antioksidan tinggi

Baik kunyit maupun asam, keduanya memiliki kandungan antioksidan. Sehingga, ketika kedua bahan tersebut dikombinasikan, maka bisa menghasilkan antioksidan yang tinggi. Polifenol dan flavonoid, keduanya dapat membantu mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Katanya, buah asam dapat menurunkan kadar kolesterl total, kolesterol LDL (jahat), dan trigliserida.

Antioksidan yang kuat ini menjadi sangat bermanfaat karena bisa mencegah kerusakan oksidatif dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Anti-inflamasi alami

Berkat senyawa kurkumin yang ada di dalam jamu kunyit asam, ternyata mampu memperbaiki peradangan yang ada di dalam tubuh. Menurut beberapa penelitian, peradangan yang kronis bisa menimbulkan beberapa penyakit dan memengaruhi kondisi kesehatan, mulai dari penyakit jantung, kanker, sindrom metabolik, dan penyakit Alzheimer.

Meredakan nyeri haid

Biasanya, kebanyakan perempuan mengonsumsi jamu kunyit asam sebagai pereda rasa nyeri ketika menstruasi. Berkat kandungan kurkumin pada kunyit, senyawa ini mampu mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim serta menurunkan produksi prostaglandin atau hormon yang menciptakan rasa sakit dan pembengkakan.

Berkat manfaat tersebut, maka jamu kunyit asam pun sering dikonsumsi oleh wanita dengan keluhan nyeri haid.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Menurut WHO, penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian nomor satu di dunia. Menariknya, senyawa kurkumin yang ada di dalam jamu kunyit asam dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Pasalnya, kurkumim mampu meningkatkan fungsi lapisan pembuluh darah, sehingga bisa mengatur tekanan darah dan mencegah pembekuan darah. Menurut sebuah studi yang dilakukan terhadap 121 orang, menunjukkan bahwa mengonsumsi kurkumin dapat mengalami 65% penurunan risiko serangan jantung.

Tinggi akan magnesium

Asam juga ternyata memiliki kandungan magnesium yang tinggi. Satu ons asam setara dengan 28 gram, atau ¼ cangkir, mengandung 6% magnesium di dalamnya. Nutrisi yang satu ini memiliki berbagai manfaat pada tubuh, seperti menurunkan tekanan darah dan memiliki efek anti-inflamasi.

Mencegah kanker

Kunyit yang mengandung kurkumin juga telah dipelajari sebagai ramuan yang berperan untuk memengaruhi pertumbuhan serta perkembangan kanker. Senyawa ini juga dapat berkontribusi dalam kematian sel kanker dan mengurangi pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor.

Menurut sebuah studi, kurkumin yang dikombinasikan dengan piperin (senyawa yang ada dalam lada hitam) dapat mencegah terjandinya kanker kolorektar yang menyerang sistem pencernaan.

Mencegah penyakit Alzheimer

Alzheimer menjadi bentuk paling umum dari demensia. Karena belum ada obat untuk mengatasi penyakit yang satu ini, maka lebih baik untuk mencegahnya terjadi. Peradangan serta kerusakan oksidatif yang memengaruhi penyakit Alzheimer ini ternyata dapat diatasi dengan mengonsumsi kunyit. 

Pasalnya, senyawa kurkumin yang ada di dalamnya dapat melintangi penghalang darah yang akan mengalir pada otak. Selain itu, kunyit juga dapat membantu membersihkan plak amiloid yang diakibatkan oleh adanya penumpukan protein pada otak.

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam

jamu kunyit asam
Foto: www.freepik.com

Khasiat dari jamu kunyit asam ternyata dapat bermanfaat untuk kesehatan. Selain itu, pengobatan tradisional ini juga mudah dibuat. Dengan membuat jamu sendiri di rumah, maka kamu bisa memastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan berada dalam kondisi yang segar dan layak untuk dikonsumsi. Untuk meraciknya, kamu perlu menyiapkan:

  • 1 ons kunyit
  • 1 ons gula aren
  • ½ sendok teh garam
  • 1 bungkus asam jawa
  • 600 ml air

Setelah semua bahan terkumpul, maka selanjutnya adalah mengolahnya menjadi jamu kunyit asam. Pertama, cuci dan bersihkan kunyit dengan air mengalir. Kemudian, blender tanaman herbal tersebut sampai halus. Rebus air lalu masukkan jus kunyit, dan campurkan asam jawa serta gula merah ke dalamnya.

Jangan lupa untuk tambahkan garam secukupnya, lalu aduk hingga rata dan biarkan hingga mendidih. Setelah disaring dan dibiarkan hingga dingin, maka segelas jamu pun siap untuk dinikmati. Menariknya, jamu yang satu ini bisa dikonsumsi dalam keadaan hangat atau pun dingin.

Kesimpulan

Foto: www.freepik.com

Jamu kunyit asam merupakan salah satu minuman tradisional yang memiliki beragam manfaat. Biasanya jamu ini dikonsumsi oleh sebagian wanita yang bertujuan untuk meredakan rasa nyeri yang dirasakan ketika sedang haid. Namun sesungguhnya, terdapat beragam manfaat lain ketika mengonsumsi campuran kunyit dan asam Jawa ini.