Menjelang Lamaran, Ini 9 Dekorasi Tunangan yang Bisa Dijadikan Inspirasi

dekorasi tunangan
Foto: www.unsplash.com

Selain masalah cincin dan pakaian, saat menjelang hari lamaran, kedua pasangan pun akan disibukkan dengan dekorasi tunangan. Meski acara tersebut hanya dihadiri oleh keluarga inti atau kerabat, namun estetika dari lokasi acara tetap harus diperhatikan lebih lanjut.

Jika saat ini kamu sedang menyiapkan acara lamaran, baik itu di rumah atau restoran, maka berikut sembilan inspirasi dekorasi tunangan yang bisa ditiru.

Tips Menyiapkan Dekorasi Tunangan

dekorasi tunangan
Foto: www.unsplash.com

Saat menyiapkan acara lamaran, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni:

Menentukan tema

Ketika kamu memutuskan untuk mempersiapkan dekorasi tunangan, baik itu di rumah atau pun di restoran, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan tema. Dari sekian banyaknya tema yang ada, kamu dan pasangan bisa memilih satu hingga dua yang paling disukai.

Jangan lupa untuk mengukur luas ruangan yang nantinya akan digunakan sebagai tempat acara. Setelahnya, kamu bisa menyesuaikan tema acara dengan ruangan tersebut.

Siapkan dekorasi

Saat menyelenggarakan acara pertunangan, kamu bisa menentukan ingin menggunakan bantuan jasa atau mendekorasinya sendiri.

Jika kamu tidak ingin repot untuk menyiapkannya, maka menyewa event organizer merupakan pilihan yang tepat. Sebab kamu hanya perlu memilih tema dan tidak perlu turun tangan untuk mendekorasinya.

Namun jika ingin menyiapkannya sendiri, maka mulai pikirkan beberapa dekorasi yang sesuai dengan tema. Mulai dari bunga segar, bunga kertas, balon, hingga papan nama, kamu bisa mulai membelinya secara langsung atau lewat internet.

Sesuaikan budget

Jangan lupa untuk memikirkan budget yang harus dikeluarkan untuk mempersiapkan dekorasi tunangan. Hal ini juga perlu kamu sesuaikan dengan tema yang dipilih. Jika memiliki anggaran yang terbatas, kamu bisa mencoba untuk mendekorasi sendiri.

Tentukan jumlah undangan

Biasanya acara lamaran hanya akan dihadiri oleh keluarga inti. Namun kamu juga bisa mengundang sahabat untuk memeriahkan acara yang membahagiakan ini.

Cobalah untuk menyesuaikan konsep acara dengan jumlah tamu yang akan hadir. Tak lupa, luas ruangan juga bisa memengaruhimu dalam menentukan siapa saja yang perlu menghadiri acara ini.

Inspirasi Dekorasi Tunangan

dekorasi tunangan
Foto: www.unsplash.com

Ini sembilan inspirasi dekorasi tunangan yang bisa kamu tiru.

Pasangkan backdrop bunga

Foto: www.pinterest.com

Rasanya, acara tunangan tidak akan terasa lengkap ketika tidak menggunakan bunga-bunga sebagai dekorasinya. Untuk itu, kamu bisa menambahkan backdrop yang terbuat dari tirai berwarna pastel yang lembut. Kemudian tambahkan rangkaian bunga asli dengan daun yang menjuntai.

Agar terlihat lebih menarik, jangan lupa untuk meletakkan lampu-lampu cantik pada dekorasi ruangan. Serta tambahkan juga inisial namamu dan pasangan.

Tambahkan sofa mungil

dekorasi tunangan
Foto: www.pinterest.com

Saat kamu mengundang banyak tamu undangan, maka cobalah untuk meletakkan sofa mungil pada dekorasi tunangan.

Nantinya, kamu dan pasangan bisa duduk layaknya seperti sedang berada di pelaminan. Sehingga tamu pun akan mudah untuk menemukan pasangan yang tengah berbahagia ini. Pastikan memilih sofa yang senada dengan dekorasi sekelilingnya.

Hadirkan papan sambutan

Foto: www.pinterest.com

Jika acara pernikahan identik dengan janur kuning, hal ini tidak jauh berbeda dengan acara lamaran. Kamu bisa memajang papan sambutan di depan pintu masuk sebagai pelengkap dekorasi tunangan. Pilihlah papan kayu yang telah diukir dengan namamu dan pasangan.

Jika ingin membuatnya tampak cantik dan memukau, tambahkan karangan bunga di atas papan sambutan tersebut. Pilihlah bunga yang sesuai dengan warna dari tema yang telah ditentukan.

Tambahkan rangkaian balon

Foto: www.pinterest.com

Selain bunga, kamu juga bisa menggunakan balon sebagai dekorasi lamaran. Buatlah rangkaian balon dengan bentuk melingkar kemudian letakkan pada spot utama lamaran. Agar terlihat netral dan sesuai dengan tema acara, kamu bisa memilih balon berwarna putih.

Menata meja makan dengan rapi

Foto: www.pinterest.com

Untuk mendukung dekorasi ruangan, kamu juga perlu memerhatikan tatanan meja makan. Sehingga bagian ini juga menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan.

Selain menatanya dengan rapi, pastikan elemen-elemen yang ada di atas meja juga tidak mengganggu tamu dan membuatnya merasa tidak nyaman selama menyantap hidangan.

Jika ingin terlihat lebih cantik, cobalah letakkan kain goni sebagai alas piring, serta tambahkan setangkai bunga dan lilin mungil di sampingnya.

Pasang lampu sebagai penghias

dekorasi tunangan
Foto: www.pinterest.com

Ketika mengadakan acara lamaran di luar ruangan, maka jangan pernah ketinggalan untuk memasangkan lampu untuk menerangi lokasi saat malam hari serta mempercantik dekorasi. Kamu bisa memilih lampu bohlam klasik yang memiliki cahaya berwarna kuning, sehingga bisa membuat suasana tampak lebih hangat.

Untungnya, jenis lampu yang satu ini bisa cocok untuk semua konsep dekorasi tunangan, baik itu modern, rustic, atau minimalis.

Pilih tema serba putih

dekorasi tunangan
Foto: www.pinterest.com

Biasanya putih menjadi warna yang paling sering ditemui pada konsep lamaran maupun pernikahan. Selain menandakan kesucian, warna ini juga dapat dengan mudah dikombinasikan dengan dekorasi lainnya.

Agar membuat acara sakral ini semakin hangat dan tidak monoton, maka kamu dan pasangan bisa menggunakan pakaian berwarna cerah.

Meski akan cocok dengan semua warna, namun kamu bisa memilih pakaian dengan nuansa beige, rosegold, atau kelompok pastel lainnya yang lembut.

Menggunakan paper flower

dekorasi tunangan
Foto: www.pinterest.com

Untuk menghindari bunga agar tidak layu ketika dijadikan dekorasi tunangan, maka kamu bisa memilih bunga kertas sebagai penggantinya. Menariknya, kamu juga bisa membuat paper flower sendiri di rumah.

Cukup sediakan kertas jasmine, lem tembak, dan gunting. Setelahnya kamu bisa mulai berkreasi membuat pola bunga yang nantinya ditempelkan pada backdrop.

Agar tampak natural, lengkapi dengan daun kertas berwarna hijau. Serta tambahkan papan kecil yang bertuliskan namamu dan pasangan.

Tonjolkan kesan vintage

Foto: www.pinterest.com

Jika kamu bingung untuk memilih tema dekorasi lamaran, tidak ada salahnya untuk memilih tema rustic yang kental dengan kesan vintage, garden, dan elegan. Tema yang satu ini juga bisa membuat suasana acara menjadi lebih sakral.

Jangan lupa untuk melengkapi dekorasi dengan lampu yang berwarna kuning untuk meningkatkan kesan hangat pada pertunangan.