Mendekor Rumah dengan Gaya Ini Tidak Akan Membuatmu Menyesal

mendekorasi rumah
Foto: www.gettyimages.com

Mengutip kata pepatah, “no regrets in life. Just lessons learned.” Dan saat kamu mendekorasi rumah dengan prinsip seperti di bawah ini—dijamin tidak akan ada penyesalan. Well, paling tidak lima sampai 10 tahun dari sekarang.

Dekorasi Ruangan dengan Nuansa Netral

Memang mudah tergoda untuk membeli furnitur dan pernak-pernik rumah dengan warna paling trendi, tetapi jika kamu menyukai sesuatu yang lebih tahan lama maka nuansa netral adalah jawabannya. Pilihlah karpet, sofa dan kursi dengan warna-warna netral yang tidak lekang oleh waktu, apa pun tren yang sedang merasuki dunia interior.

Dan seandainya kamu ingin membeli sesuatu yang trendi, cobalah untuk mewujudkannya dalam bentuk pernak-pernik kecil yang tidak terlalu mahal. Namun jika memang kamu adalah pecinta warna ungu dari dulu sampai 10 tahun yang akan datang—silakan saja membeli sofa ungu yang membuat jantungmu berdebar-debar itu.

Pottery Barn – Alexis Synthetic Rug

Pilih Sofa Putih

Coba lirik Instagram dan lihat unggahan berbau desain ruangan, desain serba putih sedang trendi dalam beberapa tahun belakangan ini. Dan sejujurnya, warna ini adalah warna klasik yang akan tetap beredar sampai kapanpun. Dan salah satu cara mudah untuk menyertakan warna ini ke dalam interior rumah adalah dengan memilih sofa putih.

Ah, kamu deg-degan, khawatir sofa putih akan kotor dan ternoda? Cobalah memilih sofa dengan bahan yang mudah dibersihkan, atau tutupi dengan throw blanket yang mudah dicuci.

Ezma – Kolding Sofa 2 Dudukan

Lengkapi dengan Rak Terbuka

Kelebihan rak terbuka: tidak memerlukan ruang yang luas dan kamu bisa memamerkan pernak-pernik kebanggaanmu tanpa terkesan “sombong”. Jika ingin memberikan sentuhan baru ke dalam ruangan—misalnya, sekali setahun—kamu hanya perlu mengganti isinya. Dan kamu selalu bisa memasukkan barang-barang kecil ke dalam basket cantik agar rak tetap terlihat rapi.

Tips: cobalah pilih rak yang terbuat dari kayu atau metal dengan gaya sederhana agar mudah dipadukan dengan dekorasi lain.

mendekorasi rumah
Livien Furniture – Rak Dinding Rotan

Hiasi Ruangan dengan Tanaman Hidup

Kamu tidak akan pernah salah saat memilih mendekorasi rumah dengan tanaman hidup. Bahkan ketika kamu mendekorasi rumah seperti hutan belantara, saking banyaknya koleksi tanaman di rumah. Pasalnya, tanaman hidup langsung memberikan warna dan nuansa segar terhadap ruangan tersebut. Dan hal ini tidak akan berubah, bahkan lima, 10 atau 20 tahun dari sekarang.

Jika kamu sibuk dan sering lupa memberikan asupan air pada tanaman hidup, pastikan memilih tumbuhan yang membutuhkan perhatian minimalis.

mendekorasi rumah
Ibad Garden – Tanaman Hias Indoor Calathea Tisu White Fusion

Pilih Furnitur Berbahan Natural

Furnitur-furnitur dari bahan-bahan natural, seperti rotan, bambu, rumput bisa membuat ruangan mendadak hangat dan bertekstur. Dan berita baiknya, furnitur ini akan tetap klasik dan menjadikan ruangan di rumah lebih elegan dan mahal.

mendekorasi rumah
Nagarey – Euskal Daybed Natural

Percantik dengan Item Berbahan Organik

Salah satu trik sederhana untuk mendekorasi rumah agar terlihat semakin chic adalah menambahkan ornamen berbahan natural seperti linen, wol atau alpaka. Tidak hanya cantik, material ini cenderung tahan lama, praktis dan benar-benar membuat ruangan terlihat berbeda.

mendekorasi rumah
ZARA HOME – Striped Design Blanket

Selanjutnya: Dan begini cara memperbaiki kesalahan dekorasi di dalam rumah.

podcast button