Tertarik untuk Renovasi Dapur? Lakukan 8 Tips Ini agar Terlihat Lebih Modern

dapur modern
Foto: www.freepik.com
Terakhir diperbarui:

Hingga saat ini, ruangan dengan desain modern terus digemari oleh kebanyakan orang, dan dapur menjadi salah satu ruangan yang dapat diaplikasikan dengan gaya yang satu ini. Salah satu ciri dari desain modern adalah kepraktisan serta memaksimalkan kegunaan ruang agar tidak terlihat berantakan. Daya tarik utama dari dapur modern tentunya terlihat dari material yang digunakan, dan tetap di laman ini untuk mengetahui cara membuat ruang memasak agar terlihat modern.

Tips Membuat Dapur Terlihat Lebih Modern

Foto: www.unsplash.com

Berikut 8 cara yang bisa membuat dapurmu terlihat lebih modern.

Memakai kompor tanam

Penggunaan kompor tanam merupakan salah satu ciri dari dapur modern yang paling mudah untuk dikenali. Selain itu jenis kompor ini juga gampang untuk dibersihkan dan tentunya lebih aman, karena kompor dan selangnya berada di dalam kabinet dan tidak mudah untuk dijangkau oleh anak-anak. Dengan memiliki desain yang simpel dan tentunya tidak menghabiskan banyak tempat, kompor tanam akan membuat dapurmu menjadi lebih elegan dan mewah.

Menggunakan material stainless steel

Dapur yang dipenuhi dengan aksen stainless steel akan membuat ruanganmu semakin terlihat modern. Biasanya material ini digunakan pada berbagai peralatan, seperti kompor, microwave, kulkas, dan wastafel. Untuk membuatnya lebih terlihat menarik, tambahkan dekorasi lampu gantung yang futuristik. Selain terlihat mewah, material-material ini juga terkenal tangguh dan tahan lama.

Dilengkapi dengan kabinet

Ketika memilih desain modern, tentunya dapurmu harus selalu terlihat rapi dan bersih. Untuk itu, kamu bisa menyiapkan kitchen cabinet yang dilengkapi dengan laci yang beragam. Hal ini untuk memudahkanmu menyimpan berbagai peralatan memasak dan makan. Cobalah untuk mulai mengorganisir barang-barangmu dan mulai menyimpannya dengan tertata.

Menambahkan pengisap asap

Kualitas udara di dapur memang sangat penting untuk diperhatikan. Agar udara tetap bersih dan tidak menimbulkan bau ketika memasak, maka kamu bisa menambahkan pengisap asap. Alat ini akan membuat sirkulasi berjalan dengan baik dan tentunya asap saat memasak tidak akan menyebar ke seluruh penjuru rumah.

Memilih top table dari granit

Salah satu ciri desain modern yang ada di dalam dapur adalah menggunakan permukaan kitchen set  yang terbuat dari material solid surface baik itu granit atau marmer. Material ini lebih mudah untuk dibersihkan dan memiliki permukaan yang halus. Dengan tampilan yang mengilap ditambah dengan warna alami yang dipilih, maka dapurmu akan terkesan mewah dan elegan.

Manfaatkan backsplash

Area dinding antara kabinet bawah dan kabinet atas dapur, dapat kamu manfaatkan sebagai elemen yang dapat menambah keindahan dapur. Biasanya penggunana material pada backsplash harus diperhatikan lebih lanjut, pasalnya dinding ini pasti akan terkena cipratan atau kotoran ketika memasak, baik itu minyak goreng, tepung, atau bahan lain yang lama-kelamaan membuat dinding menjadi kotor. Untuk itu kamu bisa melapisi backsplash dengan keramik mozaik, stainless steel, kaca, atau material lainnya sesuai keinginanmu.

Menempelkan magnet

jika biasanya kamu menempelkan koleksi magnet di kulkas, maka kini satnya memasang papan magnet di dapur. Gunakan koleksi pelat metalmu untuk menempelkan catatan atau sekedar hiasan yang akan menambah kesan modern sekaligus memberikan tampilan yang lebih menarik.

Menghadirkan aksen kayu

Salah satu cara untuk menghadirkan kemewahan pada dapur adalah dengan menambah nuansa kayu dengan warna dan tekstur yang alami. Kamu bisa menerapkan aksen kayu pada lantai dapur dan material kursi. Selain itu, kombinasikan dengan warna-warna pastel pada kap lampu gantung atau peralatan makan. Desain ini akan membuat dapurmu terlihat modern dan ceria.

Inspirasi Dapur Modern

Ini lima inspirasi desain dapur yang bisa kamu tiru.

Dapur kontemporer

Foto: www.pinterest.com

Dipenuhi dengan nuansa hitam dan abu-abu, dapur kontemporer masih banyak diminati oleh banyak orang. Dengan mengombinasikan material netral dan berwarna metalik, serta adanya aksen kayu pada kursi atau bagian plafon, menjadi salah satu ciri dari dapur dengan desain yang satu ini. Biasanya, penggunaan perabotan yang besar tidak digunakan pada dapur kontemporer.

Dapur dengan elemen natural

Foto: www.pinterest.com

Gaya natural juga dapat kamu terapkan pada desain dapur yang modern dengan memilih material furnitur yang elegan, seperti meja dapur yang berbalut marmer, lantai dengan lapisan halus, dan deretan kabinet dengan warna netral yang mewah.

Dapur outdoor bernuansa kayu

dapur modern
Foto: www.pinterest.com

Tidak ada salahnya membiarkan area dapur menjadi setengah terbuka. Kamu bisa menyaturan area memasak dengan teras belakang yang dipenuhi dengan nuansa hijau dari halaman rumah. Untuk membuatnya lebih modern, pasanglah pintu geser yang terbuat dari kaca.

Dapur ala victorian style

dapur modern
Foto: www.pinterest.com

Salah satu ciri dari gaya yang satu ini adalah dengan mengusung konsep antik dan pencahayaan alami yang maksimal. Selain itu,  model dapur victoria tentunya akan membuat aktivitas di dalamnya terasa lebih leluasa dan membiarkan kitchen set tersusun rapi serta meja makan yang diletakkan di tengah ruangan, sehingga memudahkan sesi penghidangan makanan yang akan disantap.

Dapur industrial

dapur modern
Foto: www.pinterest.com

Jika kamu menyukai desain yang unik dan simpel, kini saatnya mengubah dapur dengan gaya industrial. Tambahkan rak dengan rangka yang terbuat dari besi di samping kabinet, dan gantung peralatan masak dengan rapi pada rak tersebut. Jangan lupa untuk menggunakan lampu unik yang khas dengan desain industrial.