6 Inspirasi Wallpaper Untuk Dapur yang Lebih Cantik

wallpaper dapur
Foto: www.unsplash.com

Saat memasak, tidak jarang cipratan minyak atau bumbu-bumbu yang digunakan mengenai area dinding. Tak hanya itu, terkadang api yang menyala juga memberikan hawa panas yang dapat membuat dinding berubah warna menjadi hitam dan terkelupas. Oleh karena itu, pemasangan wallpaper dapur menjadi salah satu solusi terbaik.

Selain membuat ruangan menjadi terlihat lebih cantik karena banyaknya motif yang dapat dipilih, wallpaper dapur juga dapat melindungi dinding dari cipratan minyak dan noda. Nantinya kotoran tersebut juga dapat dengan mudah dibersihkan.

Cara Memilih Wallpaper Dapur

Foto: www.canva.com

Dibandingkan dengan ruangan lain, umumnya dapur akan lebih mudah kotor dan lembap. Berikut cara memilih pelapis dinding yang tepat:

Pastikan sesuai dengan keperluan

Karena sering terkena minyak, bumbu, dan asap, maka kamu perlu memastikan bahwa wallpaper yang dipilih tahan terhadap minyak, air, bahkan api. Nantinya bahan pelapis dinding tersebut dapat membuatmu lebih mudah untuk membersihkan noda yang menempel dan tidak mudah terbakar atau terkelupas.

Perhatikan bahannya

Umumnya, wallpaper akan terbuat dari berbagai macam bahan. Mulai dari kain, fiber glass, foam, vinyl, foil, hingga bahan kertas. Namun untuk pelapis dinding dapur, disarankan untuk memilih bahan vinyl dan aluminium foil.

Sebab, bahan vinyl dibuat dari serat plastik yang akan tahan terhadap air dan minyak. Menariknya, bahan ini juga tidak mudah robek, sehingga bisa tahan lebih lama. Begitu pun dengan aluminium foil, wallpaper tersebut juga anti air dan anti minyak.

Tentukan motif

Kelebihan dari wallpaper salah satunya adalah memiliki banyak pilihan warna, model, serta motif. Sehingga nantinya kamu pun bisa secara mudah menyesuaikannya dengan interior ruangan memasak.

Pelapis dinding dengan tekstur glossy tanpa motif akan sangat cocok untukmu yang sederhana dan minimalis. Jika ingin ruangan dapur terlihat lebih mewah, motif granit atau marmer pun bisa menjadi opsi.

Ukur luas dinding

Biasanya pelapis dinding ini akan dijual dalam bentuk gulungan dengan panjang minimal satu meter, sehingga nantinya kamu perlu menyesuaikannya dengan luas dinding. Oleh karena itu, pastikan kamu mengukur dinding dapur terlebih dahulu agar nantinya bisa membeli dalam jumlah yang pas.

Inspirasi Wallpaper Dapur

wallpaper dapur
Foto: www.unsplash.com

Ini enam inspirasi motif pelapis dinding untuk area dapur:

Pasang wallpaper motif floral

wallpaper dapur
Foto: www.pinterest.com/Audrey Smit - This Little Street

Motif floral dengan ukuran bunga yang tidak terlalu besar juga bisa menjadi salah satu opsi terbaik. Selain itu, ruangan memasak juga akan terasa lebih luas jika kamu menggunakan wallpaper dengan ukuran bunga yang sedang.

Untuk meningkatkan suasana hati, cobalah untuk memilih warna yang cerah. Agar nantinya kamu juga merasa nyaman dan senang menghabiskan waktu di dapur.

Motif bata untuk nuansa industrial

Foto: www.pinterest.com/Decorkeun

Selain di ruang tamu, nuansa industrial juga bisa kamu hadirkan pada dapur. Hal ini bisa dengan mudah dilakukan dengan hanya menempelkan wallpaper dengan motif batu bata. Jangan lupa untuk menambahkan unsur kayu dan perabotan berwarna hitam agar menambah kesan industrial pada ruangan.

Pastikan kamu telah mengukur luas dinding terlebih dahulu sebelum membeli pelapis dinding ini. Agar nantinya bisa menempel dengan pas dan membuatnya terlihat lebih menarik.

Motif tanaman agar lebih alami

wallpaper dapur
Foto: www.pinterest.com/Wallpaper Direct

Agar ruang memasak lebih terlihat alami dan segar, cobalah untuk menambah motif tanaman atau dedaunan warna hijau.

Akan lebih baik lagi jika kamu menambahkan beberapa tanaman hias yang memang bisa disimpan di dalam ruangan. Hal ini nantinya akan membuat ruangan menjadi terkesan teduh dan terasa nyaman.

Jangan lupa, tambahkan unsur kayu yang bisa membuat ruangan semakin terlihat alami. Seperti misalnya memajang talenan kayu, atau menghadirkan meja kayu.

Wallpaper motif geometris yang menyenangkan

Foto: www.pinterest.com/Wayfair.com

Jika kamu tidak ingin ruangan dapur terasa membosankan, maka cobalah untuk memilih motif geometris. Model wallpaper yang satu ini dapat membuat tempat memasak terkesan lebih atraktif.

Jangan lupa untuk memilih warna cerah seperti putih untuk membuatnya lebih luas. Padukan dengan beberapa furnitur berwarna agar terlihat lebih kontras dan menyenangkan.

Sehingga kamu bisa betah berlama-lama berada di dapur, baik untuk memasak atau pun meminum teh di sore hari.

Motif marmer agar lebih mewah

Foto: www.pinterest.com/One Coast Design

Mungkin beberapa orang memang senang dengan ruangan dengan tema minimalis. Namun jika kamu ingin menambahkan nuansa mewah nan glamor pada area dapur, maka pilihlah pelapis dinding dengan motif marmer. Tak hanya desainnya yang simple, wallpaper ini juga dijamin akan membuat ruang memasak menjadi lebih elegan.

Agar tampilan ruangan terlihat lebih sempurna, tambahkan unsur kayu pada meja dapur untuk menjadikannya tampak memukau.

Wallpaper pola sisik ikan

wallpaper dapur
Foto: www.pinterest.com/House Beautiful

Karena dapur memang berfungsi sebagai tempat untuk mengolah makanan, rasanya akan sangat pas jika kamu memilih wallpaper dengan pola sisik ikan.

Selain membuatnya terlihat serasi dengan peran dari ruangan, motif yang satu ini juga akan menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi jika kamu memilih nuansa warna yang lembut.