9 Ide Desain Rumah Modern yang Tidak Akan Ketinggalan Zaman

desain rumah modern
Foto: www.unsplash.com

Selain klasik, desain rumah modern juga kini menjadi impian bagi banyak orang. Pasalnya, beberapa orang ingin memiliki rumah yang mengikuti tren dan tidak ketinggalan zaman. Selain itu, biasanya rumah modern juga dianggap menarik dan nyaman untuk dihuni. Tidak selalu menonjolkan kesan mewah, rumah modern juga bisa diaplikasikan dengan gaya minimalis.

Didominasi dengan warna netral, aksen yang lembut, serta ruang gerak yang dibuat leluasa, tentu menjadi ciri khas dari hunian bergaya modern. Jika kamu tertarik untuk membangun atau merenovasi rumah dengan gaya yang tak lekang oleh waktu, maka berikut tips dan inspirasi desain rumah modern yang bisa kamu tiru.

Tips Rumah Modern

desain rumah modern
Foto: www.unsplash.com

Berikut 7 tips untuk desain rumah modern yang bisa kamu terapkan.

Terapkan warna netral

Untuk menciptakan kesan yang harmonis, seimbang, namun sederhana, maka pastikan rumahmu memiliki palet warna netral yang dilengkapi dengan material alami. Kamu bisa menggunakan paduan warna putih yang bersih dan abu-abu, serta tambahkan nuansa beton dan batu alam.

Pasangkan jendela besar

Desain rumah modern tentunya tidak jauh dengan aksen kayu dan pencahayaan alami yang berlimpah. Untuk itu, kamu bisa memasangkan jendela berukuran besar yang dapat membiarkan ruangan terasa lebih luas dan pastinya terkena cahaya secara alami sehingga akan membuat suasana hati merasa lebih baik. .

Menggabungkan ruangan

Banyak rumah kontemporer modern yang memiliki dapur sebagai pusat dari rumah, Pasalnya, ruangan ini dapat berfungsi sebagai tempat memasak, makan, belajar, bahkan digabungkan dengan ruang tamu. Dengan hal tersebut, tentunya kamu baru saja menciptakan lingkungan yang lebih sosial dan fleksibel.

Tambahkan peralatan yang nyaman

Saat ini terdapat banyak alat canggih yang bisa membuat setiap gerakan dan aktivitas menjadi lebih nyaman. Salah satunya adalah menambahkan rak, lemari, dan peralatan yang tidak menghabiskan ruang sehingga menyebabkanmu sulit untuk bergerak di dapur.

Baca Juga :  14 Inspirasi Kado Bayi yang Pasti Bermanfaat

Berpikir jangka panjang

Daya tahan dan perawatan yang rendah tentu akan menjadi faktor besar dalam pemilihan material. Apalagi jika kamu pernah memiliki peralatan yang mudah berjamur dan sulit untuk dibersihkan. Untuk itu, pastikan kamu berpikir untuk jangka panjang ketika memilih material dan peralatan yang akan digunakan.

Ramah lingkungan

Selain nyaman, kamu juga perlu mempertimbangkan peralatan yang dimiliki apakah ramah dengan lingkungan atau tidak. Rumah yang ramah lingkungan tentu dapat membantu kita untuk memerangi perubahan iklim. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan lampu LED atau peralatan hemat energi lainnya.

Meski biasanya akan memerlukan budget yang besar, namun tentu saja hal ini akan tahan lama dan menghemat uangmu dalam jangka panjang.

Pertimbangkan setiap sudut

Cobalah untuk mempertimbangkan setiap sudut dan celah dari tiap ruangan, sehingga kamu bisa memanfaatkannya dengan baik. Baik itu di bawah tangga atau jendela, kamu bisa menggunakan area tersebut menjadi tempat penyimpanan yang praktis.

Inspirasi Desain Rumah Modern

Ini 9 inspirasi untukmu yang sedang mencari desain rumah modern.

Desain minimalis dengan cat putih

desain rumah modern
Foto: www.pinterest.com

Biasanya rumah modern akan identik dengan palet warna netral, dan salah satunya adalah putih. Untuk mempercantik penampilan dan membuatnya terlihat lebih menarik, maka sebaiknya tambahkan material alami seperti batu alam dengan warna yang tidak terlalu terang.

Rumah dengan taman

Foto: www.pinterest.com

Jika kamu memiliki keinginan untuk menghabiskan waktu sambil minum segelas teh di depan pekarangan rumah, maka rumah dengan taman merupakan salah satu cara untuk mewujudkannya. Jangan lupa untuk menempatkan pohon berukuran besar atau sedang agar rumahmu terlihat lebih asri.

Penuh nuansa netral

desain rumah modern
Foto: www.pinterest.com

Konsep modern dari rumah ini yakni dengan menampilkan keseluruhan desain yang diwarnai dengan kombinasi hitam dan abu-abu, sehingga memberikan nuansa netral yang elegan. Kamu bisa menambahkan aksen kayu agar menambah desain dekoratif yang menarik.

Baca Juga :  11 Detail Ini Bisa Membuat Desain Rumahmu Terlihat Mewah

Desain rumah monokrom

desain rumah modern
Foto: www.pinterest.com

Desain rumah modern yang satu ini didominasi dengan warna putih yang ditambahi dengan sentuhan hitam, sehingga menghasilkan tampilan monokrom yang khas. Untuk menunjang desain, maka kamu bisa menambahkan rumput hijau dan aksen kayu, serta warna-warna cerah pada area eksterior.

Dilengkapi nuansa rustic

Foto: www.pinterest.com/Modsy

Kombinasi antara bata alami, kayu, dan warna netral ternyata bisa menghasilkan nuansa rustic yang modern. Namun jangan lupa untuk menambahkan jendela kaca yang besar agar ruangan terkesan luas dan terang.

Rumah dengan gaya alami

Foto: www.pinterest.com/Milk and Confetti Blog

Salah satu desain rumah modern yang mudah dan paling banyak digemari adalah dengan menambahkan aksen kayu pada eksterior hunian. Pasalnya, kayu yang dipasang pada salah satu area rumah akan memberikan kesan alami, apalagi jika ditambah dengan tanaman hias yang cantik.

Desain rumah modern bergaya kabin

Foto: www.pinterest.com/Studio McGee

Menggabungkan bangunan gaya kabin dengan nuansa minimalis, ternyata bisa menjadi inspirasi desain rumah modern yang wajib kamu coba. Biasanya konstruksi dari hunian ini dibangun dengan gaya persegi dan menambahkan aksen kayu pada dinding sebagai ciri khas dari rumah kabin.

Gaya kontemporer yang alami

Foto: www.pinterest.com/go.shopyourlikes.com

Kebanyakan rumah dengan gaya kontemporer akan menampilkan elemen kayu dan warna-warna alami seperti abu-abu atau hitam. Pintu dan jendela kacanya juga dibuat besar serta dipasang pada hampir semua bagian muka rumah.

Desain rumah futuristik

Foto: www.pinterest.com

Kesan futuristik pada hunian ini biasanya dihasilkan dari bangunan yang dibuat menjorok ke depan, dan tentunya menjadi daya tarik tersendiri pada eksterior hunian. Tak hanya itu biasanya rumah dengan gaya yang satu ini juga menggunakan furnitur dengan bentuk yang unik, seperti menggunakan kursi yang melengkung dan coffee table berbentuk heksagonal misalnya.

Baca Juga :  12 Padu Padan Biru Pastel yang Tidak Pernah Gagal