8 Tips Penting Menghadirkan Taman Indoor Yang Cantik

taman indoor
Foto: www.rawpixel.com

Selain menambah estetika interior rumah, taman indoor juga dapat dijadikan sebagai area relaksasi. Apalagi jika kamu memiliki segudang aktivitas dan sering merasa penat, maka ini menjadi alternatif terbaik yang bisa dicoba.

Selain itu, kamu juga bisa menanam tanaman herbal, bumbu dapur, atau beberapa tanaman lain yang sesuai dengan selera. Akan tetapi jika kamu tertarik untuk menghadirkan taman indoor, maka terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Berikut delapan tips penting untuk membuat taman dalam rumah yang bisa membantu sirkulasi hunian menjadi lebih baik.

Menimbang Ketersediaan Ruang

taman indoor
Foto: www.pinterest.com/Grace Mueller

Ketersediaan ruang menjadi hal paling penting ketika kamu ingin menghadirkan taman dalam rumah. Oleh sebab itu, kamu perlu memastikan lokasi yang tepat untuk dijadikan sebagai area hijau.

Pertimbangkan pula aktivitas harian yang biasa dilakukan, karena jangan sampai lokasi taman ini dapat menganggu kenyamanan rumah.

Sangat disarankan untuk memanfaatkan area-area kosong, sehingga nantinya bagian tersebut bisa terlihat lebih menarik.

Mulai dari sudut ruangan, bawah tangga, atau pada dinding polos, terdapat berbagai cara untuk menambahkan taman dengan mudah.

Selain itu, tidak ada patokan khusus untuk ukuran taman indoor. Sehingga kamu tidak perlu memaksakan diri dan mengorbankan fungsi ruang hanya demi menghadirkan area hijau ini.

Pilih Jenis Tanaman

taman indoor
Foto: www.pinterest.com/Apartment Therapy

Terdapat beragam jenis tumbuhan yang bisa kamu tanam dalam area hijau. Misalnya seperti kaktus dan sukulen yang memiliki berbagai bentuk, warna, dan mudah untuk dirawat.

Bisa juga memilih tanaman berbunga dengan aroma yang khas yang dibuat dengan taman vertikal.

Atau dengan menggunakan beberapa tumbuhan herbal dan bumbu dapur seperti rosemary, kemangi, seledri, jahe, dan daun mint yang sesuai dengan kebutuhan.

Namun tidak ada salahnya jika kamu ingin mengombinasikan berbagai jenis tanaman. Justru ini bisa membuatnya terlihat lebih menarik.

Menentukan Temperatur yang Tepat

menentukan temperatur yang tepat 3 | | 8 Tips Penting Menghadirkan Taman Indoor Yang Cantik
Foto: www.pinterest.com/JOMO Studio

Sesungguhnya, setiap jenis tanaman akan membutuhkan temperatur yang berbeda-beda. Namun rata-rata tumbuhan memiliki kebutuhan suhu sebanyak 18-23 celcius.

Kamu bisa mulai menciptakan suhu tersebut ketika menghadirkan taman dalam ruangan. Nantinya secara perlahan cobalah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan tanaman tersebut.

Jika tanaman terlihat kecil dan lemah, maka itu menjadi sebuah tanda bahwa temperatur di rumah terlalu panas.

Akan tetapi jika nantinya tumbuhan tersebut berubah menguning, maka kemungkinan suhu udara dalam ruangan terlalu dingin.

Memperhatikan Kelembapan Udara

memperhatikan kelembapan udara 2 | | 8 Tips Penting Menghadirkan Taman Indoor Yang Cantik
Foto: www.pinterest.com/Paulo Biacchi

Ketika kamu memutuskan untuk menghadirkan taman di dalam rumah, maka penting untuk mempertimbangkan kelembapan udara.

Karena ketika kondisi udara yang terlalu kering, nantinya tumbuhan akan berubah warna menjadi kecokelatan hingga akhirnya menjadi layu.

Namun jangan khawatir karena terdapat cara untuk mengatasi area hijau ini, yakni dengan menyiram tanaman secukupnya.

Kemudian semprotkan air dengan botol spray pada permukaan tanaman agar menciptakan embun yang dapat membuat tanaman menjadi lebih lembap.

Jika ingin lebih mudah, kamu bisa menyediakan humidifier yang bisa membantu mengontrol tingkat kelembapan.

Pastikan Pencahayaan yang Cukup

taman indoor
Foto: www.pinterest.com/holden house

Cahaya memiliki fungsi yang penting dalam proses pertumbuhan tanaman. Soalnya, paparan sinar matahari dapat membantu proses fotosintesis yang nantinya bisa membuat tanaman memiliki nutrisi yang cukup.

Ketika tanaman menunjukkan batang yang lemah dan tipis, ukuran yang lebih kecil, dan daun yang terus memudar. Maka itu menjadi tanda bahwa tumbuhan tidak mendapatkan pencahayaan yang cukup.

Sebaiknya, kamu mencari lokasi yang memang mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Seperti misalnya yang berdekatan dengan jendela, balkon rumah, atau berada di bawah atap kaca.

Gunakan Grow Light

gunakan grow light 3 | | 8 Tips Penting Menghadirkan Taman Indoor Yang Cantik
Foto: www.pinterest.com/Soltech Solutions | Grow Lights, Plant Accessories & Decor

Ketika area taman indoor tidak mendapatkan pencahayaan yang cukup, maka jangan khawatir. Karena kamu bisa menggunakan grow light.

Jenis lampu yang satu ini memang menjadi alat bantu pencahayaan khusus untuk proses pertumbuhan tanaman.

Terdapat beberapa macam grow light yang bisa digunakan, seperti florescent yang cocok untuk tanaman berukuran kecil atau bumbu dapur.

Atau bisa juga menggunakan high intensity discharge yang memiliki lampu berwarna kuning dan cocok untuk taman yang berukuran besar.

Perhatikan Kondisi Tanah

perhatikan kondisi tanah 2 | | 8 Tips Penting Menghadirkan Taman Indoor Yang Cantik
Foto: www.pinterest.com/Miempje

Media tanah juga perlu diperhatikan ketika kamu ingin menghadirkan taman di dalam rumah. Disarankan untuk mengombinasikan campuran tanah outdoor dengan tanah yang memang khusus untuk digunakan di dalam ruangan.

Kepadatan tanah juga perlu dijaga. Pastikan tanah tersebut harus cukup padat dan gembur, sehingga saat kamu menyiramnya maka aliran air bisa berjalan dengan baik.

Jangan Lupa Tambahkan Pupuk

taman indoor
Foto: www.pinterest.com/COUCH

Tak ketinggalan, pupuk juga menjadi salah satu elemen penting yang wajib ditambahkan ke dalam media tanam. Sebab bahan yang satu ini dapat membantu tumbuhan mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga bisa tumbuh dengan baik.

Pilihlah pupuk yang berkualitas seperti pupuk organik yang khusus untuk jenis tanaman yang ada di taman. Selain itu, pastikan kamu menyimpan persediaan ppupuk dengan tepat, supaya nutrisi yang ada di dalamnya tetap terjaga.