10 Tips Menghias Kamar Tidur Agar Nyaman dan Bikin Betah

hias kamar
Foto: www.unsplash.com

Kamar tidur tentunya harus menjadi tempat yang paling nyaman untuk beristirahat, berlindung, dan menghabiskan waktu. Sehingga ruangan ini pun perlu dibuat senyaman mungkin agar kamu betah berlama-lama berada di kamar. Dan salah satu cara untuk melengkapinya adalah dengan hias kamar.

Hias kamar pun bisa kamu lakukan mulai dari pemilihan warna, furnitur, hingga tata letaknya. Namun jika kamu masih kesulitan untuk mendesain ruangan dari awal hingga akhir, maka simak artikel ini sampai habis untuk menemukan inspirasi dalam menghias kamar.

Tips Menata Kamar

hias kamar
Foto: www.unsplash.com

Ingin mulai menata kamar tidur? Ini 10  tips yang bisa kamu lakukan.

Menilai ruangan

Langkah pertama yang paling penting untuk mendesain kamar adalah bertanya pada diri sendiri terkait fungsi ruangan yang akan kamu gunakan. Mulai dari berapa banyak waktu yang akan dihabiskan dalam ruangan ini, hingga apa saja hal-hal yang akan kamu lakukan di dalam ruangan ini.

Mengingat bahwa kebutuhan kamar tidur akan berbeda dengan ruang tamu dan dapur, yang merupakan tempat untuk berkumpul dan bersantai. Tetapi mungkin saja kamu menginginkan area tambahan pada kamar tidur.

Pertimbangkan kebutuhanmu

Setelah mengetahui jenis ruangan yang kamu inginkan, maka kini saatnya memikirkan tentang kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk melengkapi kamar. Tentunya hal ini akan membantumu untuk menentukan furnitur yang dibutuhkan dalam ruangan.

Menentukan gaya ruangan

Salah satu bagian terpenting ketika ingin menghias kamar adalah menambahkan gaya yang sesuai dengan kepribadianmu. Jika kamu merasa kesulitan, maka mulailah dengan membuka aplikasi Pinterest, Instagram, atau beberapa blog desain yang bisa menginspirasimu. Setelah itu, kamu bisa mulai menyusun hal-hal yang dirasa cocok untuk kamu aplikasikan pada ruangan.

Baca Juga :  14 Inspirasi Kado Bayi yang Pasti Bermanfaat

Temukan tata letak

Meski kebanyakan orang melewatkan langkah ini, namun menemukan tata letak yang tepat sangatlah penting. Luangkan waktumu untuk merencanakan apa yang kamu inginkan dan di mana kamu ingin meletakkan barang tersebut.

Rencanakan anggaran

Kini saatnya beralih ke bagian yang tidak terlalu menyenangkan: perencanaan anggaran. Beberapa furnitur yang kamu pilih sebagian besar mungkin memiliki harga yang cukup tinggi, untuk itu menentukan anggaran merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Pastikan kamu mengetahui secara garis besar berapa banyak yang ingin kamu belanjakan untuk kebutuhan hias kamar.

Pilih palet warna

Langkah terakhir dalam proses perencanaan adalah membuat skema warna untuk ruangan. Jika kamu kesulitan, maka lihat kembali beberapa inspirasi yang telah kamu simpan, dan tanyakan kepada dirimu, apakah lebih suka warna netral, cerah, atau memadukan warna-warna yang berani.

Meski sebenarnya tidak ada cara yang salah atau benar dalam memilih warna yang sesuai dengan gayamu, namun tetap disarankan agar menggunakan palet dan mempertimbangkan dua hingga tiga warna netral yang cerah.

Letakkan furnitur dasar

Setelah berbelanja, maka kini saatnya menggunakan tata letak ruangan yang telah kamu buat. Mulailah dengan meletakkan furnitur yang akan menempati paling banyak ruang di kamarmu, seperti tempat tidur dan lemari misalnya. Kemudian tambahkan barang-barang lain yang sesuai dengan keinginanmu.

Tambahkan potongan aksen

Setelah meletakkan furnitur, maka kini tambahkan aksen yang akan melengkapi dan menciptakan kontras pada ruang tidurmu. Seperti berapa banyak tingkat rak buku yang diperlukan, dan apakah perlu menambahkan lampu dan meja tambahan.

Campurkan material dan tekstur

Salah satu cara untuk menghias kamar adalah dengan mencapurkan material dan tekstur. Seperti menambahkan karpet berludru mewah pada kamar tidur yang dipenuhi dengan aksen kayu, misalnya.

Baca Juga :  13 Warna Ini Tidak Akan Pernah Salah Dipadukan dengan Violet

Tambahkan dekorasi kecil

Langkah terakhir adalah dengan menambahkan sentuhan akhir seperti dekorasi kecil. Mulai dari bantal, permadani, dan barang-barang yang bisa kamu gunakan untuk menambah hiasan kamar. Kamu juga bisa memilih sentuhan akhir yang dapat disesuaikan dengan musim, seperti bantal bermotif cerah yang diletakkan pada musim panas misalnya.

Inspirasi Hiasan Kamar

Berikut 7 inspirasi yang bisa ditiru untuk untuk menambahkan hiasan pada dinding kamar tidur.

Menambahkan lukisan atau foto

hias kamar
Foto: www.pinterest.com/Stylecaster

Menambahkan lukisan atau foto dengan ukuran yang besar tentu akan menarik perhatian pada ruanganmu. Cobalah untuk memilih gambar dengan tema yang sederhana seperti pemandangan alam, misalnya.

Gunakan karpet

Foto: www.pinterest.com/Stina x Hello Lovely Living

Ketika memutuskan untuk hias kamar, maka cobalah untuk menambahkan karpet yang memiliki warna dan motif yang unik. Hiasan ini akan lebih mudah untuk dipindahkan ketika ingin diganti atau dibersihkan.

Pasang rak pada dinding

hias kamar
Foto: www.pinterest.com/We Heart It

Memasang rak pada area dinding ternyata bisa menjadi pilihan yang tepat ketika kamu membutuhkan ruang tambahan untuk menyimpan buku atau aksesoris lain, seperti kalender, jam dinding, tanaman hias, atau bingkai foto.

Tambahkan tanaman hias

hias kamar
Foto: www.pinterest.com/Kessler Ramirez

Memanfaatkan tanaman hias ternyata bisa mejadi opsi untuk hias kamar tidurmu. Pilihlah tanaman hias yang tidak membutuhkan perawatan khusus, setelah itu gantungkan atau simpan tanaman pad arak dindin, meja, atau di samping jendela kamarmu.

Memasang poster idola

Foto: www.pinterest.com/Walmart

Jika kamu memiliki sosok idola, baik itu aktor atau penyanyi favorit, maka ini bisa menjadi salah satu ide untuk menghias ruangan tidurmu. Untuk penataannya, kamu bisa membuat pola yang menarik dan memadukannya dengan beberapa kutipan bagus yang diungkapkan idolamu.

Membuat dekorasi vinyl

Foto: www.pinterest.com/athena lol

Ternyata, piringan hitam bisa menjadi salah satu ornamen yang digunakan untuk menghias kamar tidur. Apalagi jika kamu merupakan seorang kolektor seni dan gemar mendengarkan lagu dengan menggunakan vinyl.

Pasangkan papan memo

Foto: www.pinterest.com/My Cinema Lightbox

Jika kamu ingin hias dinding yang juga memiliki fungsi, maka papan memo merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, papan ini bisa digunakan untuk menempel catatan, pengingat penting, atau gambar kesukaanmu. Selain menjadi dekorasi, barang ini juga akan membantumu mengingat jadwal penting.

Baca Juga :  8 Cara Mendesain Dapur Agar Tidak Ketinggalan Zaman