12 Daftar Peralatan Memasak Yang Wajib Ada Di Dapur

peralatan dapur
Foto: www.canva.com
Terakhir diperbarui:

Untuk mempermudahmu memasak, pastinya membutuhkan peralatan dapur yang tepat. Apalagi jika kamu baru saja pindah rumah, maka perlengkapan ini menjadi yang penting untuk diperhatikan.

Baik untuk memasak makanan yang mudah hingga sulit, pastinya membutuhkan peralatan dapur yang memadai. Berikut 12 daftar alat masak yang wajib ada di ruang memasak.

Kompor

peralatan dapur
Oxone – OX646 Kompor Listrik

Alat masak yang wajib kamu miliki di dapur adalah kompor. Soalnya, kompor dapat membantumu untuk lebih mudah mengolah makanan, baik menggoreng maupun merebus.

Untungnya, terdapat berbagai jenis kompor yang bisa kamu letakkan di dapur. Mulai dari kompor gas, kompor listrik, kompor induksi, hingga kompor range top.

Ini bisa disesuaikan dengan selera dan konsep dari ruangan. Namun pastikan kamu memilih kompor yang berkualitas dan tahan lama.

Rice Cooker

peralatan dapur
Philips – Digital Rice Cooker 1.8L – Dessert Green

Dengan menggunakan rice cooker, maka memasak nasi pun dapat menjadi lebih praktis dan mudah. Karena kamu hanya perlu mencuci beras kemudian menyalakan tombol masak.

Nasi pun akan matang dengan sendirinya dan hanya dalam waktu yang singkat. Pastikan kamu memilih produk yang berkualitas dan tahan lama.

Peralatan dapur ini pun menjadi solusi terbaik dibanding harus  memasak nasi dengan cara yang lama, yakni merebus dan memidahkannya ke alat pengukus.

Wajan dan Panci

Dr. HOWS Brio Grill Pan | | 12 Daftar Peralatan Memasak Yang Wajib Ada Di Dapur
Dr. HOWS – Brio Grill Pan

Peralatan dapur selanjutnya yang harus dimiliki adalah wajan dan panci. Wajan ini berguna untuk membantumu memasak dan menumis makanan.

Sementara panci dapat berguna untuk merebus air atau membuat sup. Karena memiliki banyak fungsi, maka kamu perlu memiliki alat-alat tersebut.

Pilihlah wajan anti lengket yang dapat memudahkanmu untuk memasak. Jangan lupa menyediakan panci berukuran kecil, sedang, hingga besar.

Spatula

PERO Wooden Mahogany Spatula Set of 5 | | 12 Daftar Peralatan Memasak Yang Wajib Ada Di Dapur
PERO – Wooden Mahogany Spatula Set of 5

Untuk menunjang kegiatan selama memasak, ada baiknya menyediakan spatula. Sebab tanpa alat ini, kamu akan kesulitan untuk menggoreng atau menumis hidangan.

Sebab jika menggunakan sendok, hal tersebut hanya akan menyulitkanmu selama memasak. Cobalah untuk memilih spatula yang berkualitas, supaya nantinya tidak menimbulkan masalah kesehatan yang berlanjut akibat dari bahan yang digunakan.

Pisau dan Talenan

Jogjapasaraya Talenan Kayu Tali Besar | | 12 Daftar Peralatan Memasak Yang Wajib Ada Di Dapur
Jogjapasaraya – Talenan Kayu Tali Besar

Ketika memasak, biasanya kamu akan menyiapkan beberapa bahan makanan mulai dari sayur, bumbu dapur, hingga daging. Oleh karenanya, penggunaan pisau dan talenan menjadi alat yang tidak boleh terlewat untuk hadir di dapur.

Sebab, kedua alat ini dapat membantumu memotong bahan masakan ke dalam beberapa ukuran. Tak lupa untuk merawat pisau secara rutin, agar tetap tajam dan tidak berkarat.

Wadah

peralatan dapur
Dekornata – Allana Wooden Bowl

Baskom atau wadah juga menjadi barang yang berguna untuk membantumu menyiapkan bahan makanan ketika memasak. Mulai dari mencuci sayuran, merendam makanan, atau lainnya, terdapat banyak fungsi dari alat masak yang satu ini.

Pilihlah produk dari berbagai ukuran yang berkualitas, sehingga kamu tidak perlu repot ketika menyiapkan bahan masakan.

Ulekan

MENDEKOR Tempat Cobek Kayu Jati | | 12 Daftar Peralatan Memasak Yang Wajib Ada Di Dapur
MENDEKOR – Tempat Cobek Kayu Jati

Tak jarang, kamu menggunakan berbagai rempah-rempah untuk memasak. Untuk membantumu menghaluskannya, maka diperlukan ulekan dari batu.

Meski terdapat berbagai jenis ulekan, namun ulekan dari batu akan menghasilkan rempah-rempah yang lebih nikmat. Sehingga banyak orang yang lebih senang untuk menggunakan jenis penghalus bumbu yang satu ini.

Blender

peralatan dapur
Nutribullet – Go Silver

Jika ulekan dari batu dinilai terlalu berat dan menguras tenaga, maka kamu bisa menghaluskan bumbu dengan menggunakan blender. Selain itu rempah-rempah ini juga bisa dihaluskan dengan lebih praktis dan cepat.

Dan hasilnya pun akan lebih halus secara merata. Sehingga nantinya bisa membuat rasa dari masakan menjadi lebih nikmat.

Alat Parut

Homeco Living METALTEX 4 Sided Grater 24cm | | 12 Daftar Peralatan Memasak Yang Wajib Ada Di Dapur
Homeco Living – METALTEX 4 Sided Grater 24cm

Harus memotong bahan makanan dalam ukuran yang kecil? Jangan khawatir, karena kamu bisa menggunakan alat parut yang lebih praktis.

Dibandingkan dengan menggunakan pisau, alat parut bisa lebih mudah untuk digunakan dan tidak membutuhkan waktu yang banyak. Karena hanya degan satu gerakan memarut, kamu akan mendapatkan potongan bahan makanan dalam jumlah yang banyak.

Nantinya, proses menyiapkan hidangan pun menjadi lebih mudah dan pastinya praktis, terlebih jika kamu tidak terbiasa menggunakan pisau.

Timbangan

peralatan dapur
Goto Hardware – Kova Voralo Timbangan Digital Kue

Terkadang, beberapa resep masakan menunjukkan takaran bahan masak. Hal ini biasanya dapat membantumu untuk mendapatkan rasa yang sesuai dan pas.

Supaya lebih seimbang dan tepat, maka kamu membutuhkan alat timbang untuk mengukur bahan masakan tersebut. Terlebih jika kamu merupakan pemula dalam urusan memasak, maka ini bisa menjadi solusi terbaik untuk mendapatkan takaran yang sempurna.

Peralatan Makan

peralatan dapur
Brewsuniq – White Embossed Wide Bowl 9”

Garpu, sendok, gelas, piring, mangkok, merupakan peralatan makan yag wajib ada di dapur. Sebab, perlengkapan ini pasti akan kamu gunakan sebagai alat makan sehari-hari.

Jangan lupa untuk membelinya secara lebih, baik sebagai cadangan ketika pecah atau untuk digunakan ketika kedatangan tamu.

Kulkas

SMEG GALLERY Kulkas Retro 50 Style | | 12 Daftar Peralatan Memasak Yang Wajib Ada Di Dapur
SMEG GALLERY – Kulkas Retro 50 Style

Selain digunakan untuk menyimpan minuman agar tetap dingin, kulkas juga berfungsi untuk menaruh bahan masakan agar tetap segar. Sehingga kamu tidak perlu pergi ke berbelanja setiap hari.

Hal ini bisa membuatmu lebih menghemat waktu. Pastikan kamu memilih kapasitas kulkas yang sesuai dengan kebutuhan.