Ingin Rumah Terlihat Minimalis? Coba 7 Warna Ini

warna rumah minimalis
Foto: www.unsplash.com

Memilih warna cat untuk rumah minimalis merupakan kegiatan yang membingungkan. Pasalnya memilih warna cat merupakan bagian paling penting karena pemilihan warna yang salah akan membuat rumahmu terlihat tidak indah. 

Warna rumah minimals ternyata masih menjadi gaya arsitektur terpopuler. Pemilik rumah minimalis biasanya memilih warna yang cerah dan mencolok. Tidak sebagai identitas, warna yang dipilih biasanya juga yang dapat membuat perasaan mereka lebih sejuk dan nyaman. Seperti apa warna-warna yang bisa menghiasi rumah minimalis? Berikut rekomendasi warna rumah minimalis yang dapat kamu terapkan.  

7 Pilihan Warna Rumah Minimalis

Foto: www.rawpixel.com

Warna netral 

Foto: www.pinterest.com/The Beauty Revival

Warna putih masih menjadi identik dengan warna rumah minimalis dan tidak salah jika memilih warna putih sebagai cat rumah. Walaupun terdapat beragam warna putih yang beredar, kamu bisa memadukan warna putih dengan warna netral, seperti pemilihan warna beige dengan abu-abu yang dipertegas dengan pagar hitam.

Monokromatik

warna rumah minimalis
Foto: www.pinterest.com/Shake My Blog

Palet warna monokromatik masih menjadi favorit banyak orang. Warna monokromatik akan mengambil alih dominasi pada visual desain agar lebih menarik. Pemilihan warna-warna cerah menjadi sangat menarik dan mencolok, sayangnya warna ini bisa membuat rumahmu terlihat tidak rapi. Namun kamu bisa menggabungkan warna cerah sebagai warna dasar dengan warna monokrom, seperti biru dengan hitam, cokelat dengan abu-abu, bahkan biru dengan putih.

Warna yang sejuk atau hangat

warna rumah minimalis
Foto: www.pinterest.com/Shake My Blog

Jika rumahmu dicat dengan warna sejuk seperti hijau, biru, ungu, bahkan abu-abu, kamu dapat memadukannya dengan warna putih agar terlihat semakin sejuk. Sementara jika kamu ingin memilih warna cat rumah minimalis yang lebih hangat, kamu bisa memilih warna merah, cokelat, oranye, kuning, dan peach yang dipadukan dengan warna putih yang memiliki sedikit kehangatan atau warm white. Sebagai tips, pilih cat berwarna sejuk jika kamu membangun rumah di area yang panas dan pilih cat berwarna hangat jika kamu membangun rumah di area yang dingin.

Baca Juga :  Ini Warna Cat Rumah yang Membuatmu Semakin Kreatif

Kontras

Foto: www.pinterest.com/Article

Beberapa orang menganggap desain minimalis merupakan warna yang terkesan familiar dan terkesan membosankan. Untuk mencegahnya, kamu bisa menambahkan warna kontras dengan menggunakan warna abu-abu tua dan warna oranye yang kontras, dengan tambahan warna kuning yang lembut dapat membuat rumah minimalismu terlihat mencolok secara visual.

Putih dan tekstur

Foto: www.pinterest.com/Nesting with Grace

Jika kamu tidak menyukai terlalu banyak warna, kamu bisa memilih cat putih untuk warna rumah minimalismu. Kamu juga dapat menambahkan tekstur sebagai aksen yang kontras dengan warna cat putih. Selain menciptakan desain yang eye catching, pilihan ini dapat membuat rumah minimalismu terkesan elegan. 

Paduan warna dan tekstur

warna rumah minimalis
Foto: www.pinterest.com/The Glitter Guide

Meskipun biasanya tekstur akan dipadukan dengan warna netral, ternyata kamu juga bisa memadukan tekstur dengan warna yang cerah. Asal dengan paduan yang pas, warna rumah minimalismu akan terkesan mencolok dan sangat memikat. Padukan warna putih, dan kuning cerah dengan tekstur yang dihasilkan dari elemen-elemen bangunan seperti jendela ataupun tiang.

Sedikit aksen

Foto: www.pinterest.com/Janet Gwen Designs

Jika ingin mempertahankan warna putih sebagai prinsip kesederhanaan dan minimalis, kamu bisa menambahkan elemen yang tidak terlihat dominan. Kamu bisa menggunakan aksen dengan warna yang mencolok, seperti warna merah, hitam, dan hijau tua.

Cara Mendekorasi Rumah agar Terlihat Minimalis

warna rumah minimalis
Foto: www.rawpixel.com

Terdapat beberapa langkah untuk membuat rumahmu terlihat minimalis.

Fokus pada gaya satu ruangan

Jika kamu ingin membuat seluruh rumah terlihat minimalis, kamu bisa memulai dengan mengubah satu ruangan dan fokus pada gaya ruangan tersebut. Setelah itu kamu bisa menyesuaikan gaya lain untuk di ruangan lain. 

Pilih furnitur berkualitas

Tak hanya mengurangi jumlah furnitur dalam rumah atau dalam ruangan, kamu harus bisa menempatkan furnitur yang berkualitas dan modern untuk membantu ruangan agar terlihat lebih jelas dan sederhana. Kamu dapat menggunakan furnitur lama dengan sentuhan minimalis. Sebagai contoh, agar terlihat minimalis kamu hanya perlu menambahkan sofa, meja, rak TV, dan beberapa lampu modern di ruang tamu. 

Baca Juga :  Daftar Tanaman Hias Bunga yang Akan Membuat Rumahmu Cantik

Bersihkan lantai, dinding, dan permukaan

Untuk membuat rumah atau ruanganmu terlihat minimalis, kamu dapat membersihkan lantai kemudian barulah bersihkan hal-hal penting yang ada di ruangan. Untuk dinding, kamu bisa memiliih karya seni yang sederhana, ingat jangan sampai terlihat berantakan. Kamu juga dapat membersihkan permukaan dari barang-barang yang sudah tidak digunakan.

Dekorasi secara sederhana

Dekorasi adalah cara yang tepat untuk mengisi rumah minimalis supaya tidak terlihat kosong. Beberapa dekorasi yang sederhana dapat memberikan aksen pada ruangan atau rumah sehingga terlihat minimalis. Kamu dapat menggunakan vas bunga atau pot ramuan kecil, bahkan foto keluarga yang diberi bingkai minimalis. 

Pastikan ruangan rapi 

Kamu perlu menyimpan semua yang tidak kamu butuhkan. Buku atau kumpulan video DVD atau CD lama dapat kamu simpan di dalam laci, atau rak yang tertutup untuk terhindar dari pandangan mata. Dengan membiarkan barang-barang tersebut terlihat oleh pandangan, hal ini justru akan membuat rumahmu terlihat lebih berantakan. Jadi, pastikan menyimpan barang-barang tersebut di dalam tempat penyimpanan yang minimalis pula.

Selanjutnya: Trik Membuat Dapur Terlihat Rapi Sepanjang Waktu.