Trik Menata Dapur Agar Rapi Sepanjang Hari

menata dapur
Foto: www.pinterest.com

Sebelum jiwa emak-emakmu keluar karena merasa kehilangan tupperware, kamu harus memastikan dahulu apakah tupperware-mu benar-benar hilang atau ternyata terselip karena dapurmu yang terlihat berantakan. Inilah tanda terbesar bahwa kamu harus segera menata dapur yang sudah seperti kapal pecah. 

Dapur yang berantakan bisa membuatmu stres dan mendorong pembelian yang impulsif. Untuk menghindari hal tersebut, lebih baik meluangkan waktumu untuk menata dapur supaya terlihat rapi kembali. Berikut tips membereskan dan merapikan dapur yang bisa kamu terapkan sekarang juga.

Mulai Menata Dapur dengan Membuat Rencana

Stiletto Living – Sauce Box

Meskipun kamu sudah tidak tahan untuk merapikan barang-barangmu, hal terpenting dalam menata dapur adalah membuat rencana ke mana barang-barang ini perlu disimpan. Kamu bisa menyiapkan beberapa kotak penyimpanan dan plastik sampah. Jangan lupa untuk beri label di tiap kotaknya supaya tidak tertukar.

Selain membuangnya, kamu juga bisa memisahkan barang-barang yang dirasa sudah tidak diperlukan untuk diberikan kepada keluarga atau kerabat yang mungkin membutuhkannya.

Pilah dan Pilih Peralatan di Dapur

menata dapur
IKEA – Solusi Pemisah Sampah

Langkah selanjutnya dalam membereskan dan merapikan dapur adalah kamu harus melihat dengan benar setiap barang yang ada di dapurmu, Kamu bisa mengambil semua barangmu dan mulai memilah-milahnya. Dengan peralatan yang beragam pasti kamu akan kesulitan menentukan barang mana yang masih akan disimpan, diberikan atau dibuang. 

Namun agar dapur menjadi rapi, kamu perlu melakukannya. Kamu bisa memisahkan ke kotak penyimpanan untuk barang yang masih diperlukan atau akan diberikan, serta menaruh ke plastik sampah untuk barang yang sudah tidak diperlukan. 

Menata Dapur = Bersih-Bersih

menata dapur
IKEA – Rinnig Sarung Tangan Pembersih

Dengan mengambil semua barang yang ada, kamu bisa mulai menata dapur dengan membersihkan meja atau kabinet-kabinetnya. Setelah semua menjadi bersih, saatnya kamu menaruh kembali peralatan dapurmu. Eits, peralatan dapurmu juga harus dibersihkan sebelum ditaruh kembali ke meja. 

Bagi Zona Saat Menata Dapur

Foto: www.unsplash.com

Sebelum menaruh kembali peralatanmu, kelompokkanlah peralatan dapurmu ke dalam beberapa zona. Kamu bisa berkreasi dalam menata dapur dengan mengorganisasikan pelatan dapurmu. Hal ini nantinya akan memudahkanmu dalam mencari pernak-pernik dapur.

Kamu bisa membaginya seperti ini:

Zona pertama: peralatan makan

Fabelio – Mangkuk Demmi Stoneware

Setelah kamu memilih piring mana yang sering digunakan, kamu bisa menaruhnya di rak atau tempat yang mudah terlihat olehmu. Di zona ini, kamu juga bisa menaruh mangkuk, cangkir, dan peralatan makan lainnya yang sering kamu dipakai. Sehingga memudahkan kamu untuk mengambil peralatan makanmu dan memudahkanmu dalam menata dapur. 

Zona kedua: peralatan masak

Tafel21 – Panci Set Rainbow 10Pcs/Set

Zona ini bisa berisi wajan, panci, talenan, spatula, dan peralatan masak lainnya yang sering kamu gunakan. Kamu bisa meletakkan zona ini di dekat kompor atau oven, dengan menggunakan rak atau pengait di dinding untuk menggantung panci serta wajan, misalnya.

Zona ketiga: rempah-rempah

menata dapur
ZARA HOME – Borosilicate Glass and Wood Double Jar

Kamu bisa menaruh rempah-rempah, gula, garam, dan semua bumbu yang dipakai untuk memasak. Zona ini bisa kamu letakkan dekat peralatan masak. Food storage container set juga bisa kamu gunakan untuk menaruh rempah-rempah supaya terorganisir lebih baik.

Zona keempat: peralatan kopi

Bialetti – Break Alpina 3 Cups

Jika kamu sering meminum kopi di pagi hari, kamu perlu menata dapurmu dengan memisahkan perkakas kopi. Kamu bisa menaruh kopi, teh, cangkir, piring, sendok, gula, dan peralatan mengopi lainnya di dekat mesin pembuat kopi. 

Zona kelima: tempat penyimpanan makanan

menata dapur
IKEA – Kotak Makan dengan Penutup

Hal yang terpenting dalam menata dapur adalah menyimpan aksesoris penyimpanan makanan seperti tupperware, bungkus makanan, dan wadah makanan lainnya. Sehingga kamu tahu jika ada barang-barang yang raib!

Zona keenam: wastafel 

menata dapur
ZARA HOME – Iron Dish Rack

Wastafel juga merupakan hal terpenting dalam menata dapur, karena itu kamu perlu menjaga kebersihannya. Minimalisirlah barang-barang yang ada di dekat wastafelmu. Kamu bisa menggunakan lemari yang ada di bawah wastafel untuk menaruh persediaan pembersih, sabun cuci tangan, kantong sampah dan peralatan ekstra lainnya. 

Agar tidak merasa lelah saat menata dapur, mintalah bantuan pasangan, keluarga, atau kerabatmu. Kamu juga bisa sambil mendengarkan musik supaya semakin semangat dalam menata dapur. Selamat menikmati waktu bersih-bersih!

Selanjutnya: 10 Makanan Sehat yang Harus Selalu Ada di Dapur.