Desain Interior Rumah Minimalis Sudah Terlihat Membosankan? Ini Cara Membuatnya Lebih Segar

desain interior rumah minimalis
Foto: www.unsplash.com

Ada yang banyak bisa dipelajari di tahun 2020 (selain berhemat), salah satunya adalah sebuah rumah yang nyaman dan aman merupakan sesuatu yang krusial setelah keluar rumah dan beraktivitas di masa pandemi. Itulah sebabnya kamu bangga pada diri sendiri karena menerapakn desain interior rumah minimalis di hunianmu. Yeaaay!

Namun, ooops… akhir-akhir ini kamu merasa desain minimalis tersebut membuat ruangan terlihat membosankan dan kosong. Dan ini sepertinya sesuatu yang tidak aneh jika dirasakan oleh penganut desain minimalis, karena minimalis dan kosong terkadang perbedaannya memang sangat tipis. Jika desain minimalis sudah memberikan kesan membosankan, berikut sejumlah tips praktis untuk memberikan napas kesegaran di sudut-sudut rumah.

Tambahkan Warna Bumi

Bagaimana memberikan napas baru ke dalam rumah yang didesain secara minimalis tapi sudah terlihat membosankan? Salah satu cara paling efektif adalah menambahkan unsur-unsur dan warna Bumi. Sebut saja furnitur terbuat dari kaya, aksesoris rotan, marmer. Bahan-bahan yang terbuat dalam alam lengkap dengan warnanya akan membuat ruangan minimalis akan kembali terlihat segar.

Oh, sedikit informasi warna “minimalis hangat” Bumi seperti terracota, beige, warna tanah—sedang trendi. Jadi pastikan mengintegrasikan ini ke dalam rumah minimalis kamu, baik itu dalam bentuk barang pecah belah, sarung bantal, atau bahkan cat dinding.

ZARA HOME – Glazed Stoneware Tea and Coffee Set

Hiasi dengan Bunga

Ruangan seminimalis dan semembosankan apapun akan langsung segar dan terlihat baru ketika ditambahkan… tanaman hidup! Lengkapi dapur, ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi dengan berbagai tanaman hias indoor pilihanmu. Kamu bisa pilih sukulen untuk menghiasi ujung meja kecil atau tanaman merambat atau gantung untuk menghiasi lemari. Tidak hanya membuat ruangan segar, tamu pun akan senang saat memasuki rumahmu.

Takut membuat desain interior minimalis di rumah kamu terlihat berantakan dengan keberadaan tanaman hias? Jangan takut ada banyak jenis tanaman yang sesuai dengan gaya minimalis, tapi tetap mempercantik ruangan, misalnya saja lidah mertua, ZZ plant raven, dan sirih lurik.

Shopee – Tanaman Lidah Mertua

Ganti Gantungan Dindingmu

Salah satu cara lagi untuk memberikan napas berbau mint (baca: kesegaran pada desain Interior rumah minimalis adalah mengganti gantungan dinding di rumah atau ruangan tersebut. Coba tambahkan art wall yang didominasi warna-warna Bumi sehingga tetap selaras dengan keseluruhan interior rumah.

Desain interior rumah minimalis
Spasium – Explorer

Tambahkan Lampu

Ruangan yang terlihat membosan akan berubah atmosfernya dengan hanya menambahkan lampu. Pilih lampu dengan kap cantik, atau lampu dengan aksen unik untuk memberikan tekstur pada ruangan yang polos. Atau temukan lampu lantai untuk mengisi sudut-sudut kosong di ruang tamu. Serius, pilihan lampu yang tepat tidak hanya menerangi ruangan yang gelap, tapi juga bisa berfungsi sebagai perkakas dekorasi yang meningkatkan kecantikan ruangan yang sepertinya membosankan.

Desain interior rumah minimalis
Fabelio – Sacramento Lampu Gantung Minimalis

Tambahkan Tekstur

Percaya atau tidak percaya, tekstur memberikan efek yang luar biasa bagi sebuah ruangan. Bahkan sebuah sofa yang rendah hati dan sederhana akan terlihat memukau saat dilengkapi dengan sarung bantal terbuat dari beludru, misalnya. Tidak hanya itu, tekstur juga membuat ruangan terlihat lebih modern dan elegan.

Desain interior rumah minimalis
IKEA – Venche Sarung Bantal Kursi

Tambahkan Sentuhan Personal

Jika desain interior rumah minimalis yang kamu terapkan membuat ruangan terkesan seperti ruangan rumah sakit yang steril, menambahkan furnitur atau aksesoris personal akan mengubah atmosfer gloomy tersebut.

Jika kamu orang yang suka dengan bantal, tambahkan bantal bergaya dengan model yang unik. Atau jika sudah sejak lama mengincar sebuah art wall yang cocok dengan ruang tamu, mungkin ini saat yang tepat untuk memindahkannya dari toko ke rumah. Oh, meski begitu, hindari membeli barang-barang yang tidak diperlukan. Belilah, pernak-pernak yang benar-benar kamu suka, dan menggambarkan dirimu. Alhasil, bahkan ketika rumahmu super minimalis, kamu akan tetap senang dan bahagia berada di dalamnya.

Desain interior rumah minimalis
Andoleto – Hyland Meja Kopi

Selanjutnya: Ini paduan warna dekorasi rumah yang tidak pernah salah.