Ini Warna Cat Rumah yang Membuatmu Semakin Kreatif

cat tembok
Foto: www.gettyimages.com

Bukan rahasia jika lingkungan sekitar (termasuk teman) sangat mempengaruhi mood. Warna juga memiliki pengaruh yang sama; bahkan ada psikologi khusus yang mempelajari hal ini. Nah, jika warna merah diasosiasikan dengan energi, dan kuning berkaitan dengan rasa optimisme, warna apa yang bisa memicu kreativitas? Coba cek informasinya di bawah ini dan pilih warna tersebut untuk menjadi cat tembok di rumah, kantor, atau sarang kreativitasmu.

HIJAU

Sebuah studi yang dilakukan di Jerman pada 2012 menunjukkan warna hijau bisa memicu kreativitas. Dalam laporannya dituliskan “para partisipan yang melihat hijau sebelum melakukan tugas, memproduksi ide kreatif dibandingkan mereka yang melihat warna putih.”

Apa alasannya? “Hijau berfungsi sebagai petanda yang memicu motivasi untuk berjuang agar lebih lebih baik dan menguasai pekerjaan, yang pada gilirannya menyebabkan kemajuan,” kata Dr. Stephanie Lichtenfeld, salah satu peneliti di Ludwig-Maximilians-University di Munich, Jerman. Meski begitu, konteks preferensi ini dilaporkan tergantung pada budaya masing-masing individu.

Walaupun begitu, sepertinya teori ini bisa dipraktikkan. Jadi, lain waktu kamu butuh ide kreatif atau inspirasi yang gila, coba lihat warna hijau. Atau, hiasi rumah dengan warna ini, atau jadikan sebagai cat tembok.

BIRU

Menurut sebuah laporan warna yang mengingatkan kita pada laut yang tenang dan cantik ini, “mempromosikan komunikasi, kepercayaan, dan efisiensi. Biru juga membantu melahirkan kreativitas dengan membuka pikiran menghasilkan ide-ide baru,” tulis Fast Company. Hal ini bisa diaplikasikan di kantor, misalnya dengan memakai ruangan berwarna biru untuk rapat ide.

Jadi, jika melahirkan ide-ide baru dan lebih semangat bekerja adalah sesuatu yang penting untukmu, coba tambahkan warna biru di sekitar lingkunganmu.

WARNA INI MENGHAMBAT KREATIVITAS

Di sisi lain, ada warna yang bisa menyumbat sumber inspirasi di dalam otak. Contohnya, abu-abu.

“Meski abu-abu secara psikologis netral, warna ini kekurangan energi,” tulis Fast Company. Warna ini menekan ini cenderung membuat orang ingin istirahat. Oleh sebab itu, warna ini sebaiknya digunakan sesedikit mungkin di kantor, dan lebih baik memilih warna-warna cerah seperti merah dan kuning.

Selanjutnya: Mau mewarnai rumah dengan cat tembok warna biru dan hijau, tapi bingung memadankannya dengan warna lain? Coba cek padu padan warna yang tidak pernah salah ini.

podcast button