8 Model Lemari Gantung Untuk Membuat Dapur Terlihat Lebih Minimalis

lemari dapur gantung
Foto: www.unsplash.com

Selain memasak, terdapat berbagai kegiatan lain yang bisa dilakukan di dapur. Oleh karenanya ruangan ini biasanya memiliki berbagai perabotan yang fungsional untuk mendukung aktivitas rumah tangga, termasuk lemari dapur gantung.

Seperti namanya, lemari dapur gantung ini memang ditempatkan seolah-olah terlihat melayang. Tak hanya terlihat unik, namun penggunaan furnitur ini akan menjadi solusi terbaik untuk digunakan pada ruangan yang sempit.

Nantinya, ruangan memasak pun akan terlihat lebih menarik dan penggunaan rak gantung ini sangat efisien serta hemat tempat, namun tetap membuat dapur terlihat menarik.

Berikut delapan desain lemari yang bisa ditambahkan ke dalam dapur milikmu.

Lemari Gantung Kaca

lemari gantung kaca | | 8 Model Lemari Gantung Untuk Membuat Dapur Terlihat Lebih Minimalis
Foto: www.pinterest.com/Lisa Adams

Furnitur pertama yang bisa dijadikan inspirasi adalah lemari gantung yang dilengkapi dengan pintu kaca. Biasanya sebagian dari lemari ini menggunakan material kayu dengan aksen yang agak menjorok ke dalam.

Kamu bisa meletakkannya di bagian atas area dapur bersih untuk dijadikan tempat menyimpan peralatan makan atau bahan-bahan makanan.

Selain itu, kamu juga bisa mengubah warnanya dengan memilih cat warna putih atau disesuaikan dengan nuansa dapur.

Pastikan lemari gantung ini disertai dengan pegangan agar nantinya bisa lebih mudah untuk dijangkau.

Lemari Gantung Minimalis

lemari dapur gantung
Foto: www.pinterest.com/domino magazine

Untukmu yang senang dengan konsep minimalis, tidak ada salahnya menambahkan lemari gantung ala Japandi yang terbuat dari material kayu. Kamu bisa memilih warna cokelat muda yang disertai dengan serat-serat alami kayu.

Dengan seluruh bagiannya yang tertutup, hal ini akan membuat ruangan terkesan lebih rapi dan hangat. Baik itu perlengkapan makan, masak, atau bahan-bahan makanan dan camilan, kamu bisa meletakkannya dengan aman di dalam.

Lemari Gantung Mewah

lemari dapur gantung
Foto: www.pinterest.com/Jan Addams

Jika kamu senang dengan suasana hunian yang mewah, maka cobalah untuk menggunakan lemari dapur gantung yang langsung menempel pada langit-langit atau plafon rumah. Sehingga tidak memerlukan tiang penggantung.

Pilihlah lemari berwarna putih yang disertai dengan kaca, supaya kamu bisa memamerkan koleksi cangkir atau piring yang cantik. Nantinya dapur cantikmu akan terkesan lebih elegan dan nyaman.

Pastikan untuk melengkapinya dengan furnitur lain dengan warna serupa agar nantinya ruangan memasak terasa lebih sempurna.

Lemari Gantung dengan Kaca Es

lemari dapur gantung
Foto: www.pinterest.com/Amazon.com

Kebanyakan lemari gantung sering kali menggunakan material kaca bening pada bagian pintunya, sehingga barang-barang yang ada di dalamnya bisa terlihat dari luar. Namun jika kamu tidak ingin mengekspos perlengkapan tersebut, cobalah untuk menggunakan kaca es yang buram.

Hal tersebut bisa menutupi bagian dalam lemari yang tidak tertata rapi. Ini akan sangat cocok untuk digunakan olehmu yang tidak sempat untuk merapikan peralatan dapur di dalam rak.

Kamu bisa menyesuaikan warna lemari dengan beberapa furnitur di sekitarnya, agar terlihat lebih serasi secara keseluruhan.

Lemari Gantung Rustic

lemari gantung rustic | | 8 Model Lemari Gantung Untuk Membuat Dapur Terlihat Lebih Minimalis
Foto: www.pinterest.com/Backsplash.com

Lemari gantung jenis ini umumnya terbuat dari material kayu dengan warna cokelat terang.

Dengan permukaan pintu lemari yang menggunakan material kaca bening dan dilengkapi dengan sekat di dalamnya, menjadikan model lemari ini akan sangat cocok untuk berpadu dengan hunian bergaya rustic.

Kamu bisa menyimpan lebih banyak peralatan dapur yang berukuran kecil, seperti peralatan makan. Agar lebih terlihat mewah dan sempurna, cobalah untuk menambahkan lampu dengan cahaya kuning.

Lemari gantung ini terlihat sangat klasik namun membuat dapur akan terlihat lebih menawan dan pastinya tidak membosankan.

Lemari Gantung Modern

lemari gantung modern | | 8 Model Lemari Gantung Untuk Membuat Dapur Terlihat Lebih Minimalis
Foto: www.pinterest.com/homestyle.co.nz

Jika kamu membutuhkan lebih banyak tempat penyimpanan namun memiliki ukuran ruangan terbatas, maka jangan khawatir. Cobalah untuk menambahkan lemari gantung di atas meja dapur.

Biasanya lemari ini akan dilengkapi dengan dua tiang berwarna hitam yang berfungsi untuk menggantung furnitur yang satu ini. Kamu bisa mewarnai tiangnya menjadi hitam dan memilih lemari bermaterial kayu dengan warna cokelat yang sedikit gelap.

Tak lupa untuk memilih kaca besar untuk dijadikan sebagai pintu atau bukaan lemari gantung. Sehingga nantinya ruangan terlihat menarik dan minimalis.

Lemari Gantung Mini

lemari gantung mini | | 8 Model Lemari Gantung Untuk Membuat Dapur Terlihat Lebih Minimalis
Foto: www.pinterest.com/Amazon.com

Meski memiliki ruangan memasak yang kecil, namun ini bukan menjadi alasan untuk tidak meletakkan lemari gantung. Justru, furnitur yang satu akan membantumu untuk menyimpan berbagai peralatan yang dibutuhkan.

Mulai dari peralatan makan dan minum hingga alat masak, maka cobalah untuk meletakkannya dengan rapi di lemari gantung mini. Pastikan kamu menatanya dengan benar agar terlihat rapi.

Lemari Gantung Bukaan Tersembunyi

lemari dapur gantung
Foto: www.pinterest.com/Studio McGee

Untukmu yang senang dengan hunian minimalis, penggunaan lemari gantung dengan bukaan tersembunyi merupakan salah satu furnitur yang bisa digunakan. Sebab desain ini dapat membuat lemari menjadi lebih minimalis dan menarik.

Kamu bisa memilih pegangan pintu yang berbentuk cekungan kecil atau menggunakan model bukaan pintu yang ditekan.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan cooker hood pada bagian bawahnya, sehingga lemari ini akan terasa sangat multifungsi.