Mengapa Banyak Yang Sulit Mengungkapkan Cinta Lewat Kata-Kata Kepada Pasangan?

kata-kata untuk pasangan
Foto: www.canva.com

Ungkapan cinta lewat kata-kata untuk pasangan memang menjadi hal bisa membuatnya merasa bahagia. Namun sebagian orang justru sulit atau enggan untuk menyampaikannya, baik karena malu atau merasa tidak perlu.

Padahal kata-kata untuk pasangan ini dapat memberikan rasa nyaman dan menumbuhkan rasa cinta dalam hubungan. Sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan hubungan itu sendiri.

Untuk itu, LIMONE telah menghubungi Dra. Dewi Handayani, Psikolog, seorang Psikolog Keluarga dari Esensia Psychology Consultant, untuk mengetahui penyebab seseorang sulit mengungkapkan rasa cintanya lewat kata-kata.

Apa Itu Kata-Kata Cinta?

kata-kata untuk pasangan
Foto: www.freepik.com

Menurut Dewi, kata-kata cinta merupakan sebuah ungkapan yang menggambarkan emosi, perasaan kasih sayang, ketulusan hati. “Hal ini mampu memberikan rasa bahagia, nyaman, dan segala kebaikan bagi yang menerimanya,” ujarnya.

Mengapa Ada yang Sulit Mengungkapkan Kata-Kata Cinta pada Pasangannya?

Foto: www.rawpixel.com

Meski sangat mencintai pasangannya, namun terkadang beberapa orang merasa enggan untuk mengungkapkan kata-kata untuk pasangan. Dan ternyata, ini bisa disebabkan oleh beberapa hal dengan berbagai kondisi.

Di masa proses pendekatan

Saat masih proses pendekatan, biasanya seseorang merasa enggan untuk mengungkapkan kata-kata cinta, ini bisa disebabkan karena hal-hal berikut:

Khawatir cinta akan ditolak

Seseorang tidak akan mengungkapkan kata-kata cinta karena khawatir cintanya tidak terbalas atau ditolak. “Diterima atau ditolak merupakan suatu konsekuensi sehingga tidak lagi dalam bayang-bayang keraguan dalam suatu hubungan,” ujarnya.

Kurang percaya diri

Selain itu, hal ini juga bisa disebabkan karena adanya berbagai perbedaan yang menimbulkan rasa kurang percaya diri untuk mengungkapkannya. “Ini bisa terkait dengan status sosial, ekonomi, pendidikan, keahlian, dan juga bisa terkait dengan aspek fisik,” tuturnya.

Merasa malu

Selain itu, seseorang juga biasanya malu untuk mengungkapkannya. “Baik itu karena tidak pandai bertutur atau khawatir ungkapannya hanyalah rayuan yang tidak bermakna,” jelasnya.

Baca Juga :  Bagaimana Mengetahui Kamu dan Dia Sudah Siap Menikah? Ini Kata Psikolog

Saat telah berkomitmen

Di saat sudah menjalin ikatan emosional, baik itu menjadi pasangan atau ikatan pernikahan, sering kali ungkapan cinta juga tidak mudah untuk diungkapkan. Hal ini bisa disebabkan karena:

Merasa tidak perlu 

Seseorang biasanya merasa tidak perlu mengungkapkan kata-kata untuk pasangan karena merasa “sudah memiliki”. Walaupun mengungkapkan cinta bisa menambah kemesraan dan kebahagiaan sebagai pasangan.

Terkadang, beberapa orang lupa bahwa perasaan saling mencintai itu juga perlu untuk dipupuk.

Rasa ego

Selain itu, rasa ego dan kemarahan juga bisa membuat seseorang enggan untuk mengungkapkan rasa cintanya. “Ada seseorang yang ingin selalu dipuja oleh pasangannya, namun ia sendiri enggan untuk mengungkapkannya,” terang Dewi.

“Berbagai alasan dan pengalaman di masa lalunya ini dapat memengaruhi sikapnya. Rasa kecewa dan marah terhadap pasangan juga bisa memengaruhi sikap seseorang untuk enggan mengungkapkan rasa cinta,” lanjutnya.

Apa Saja Manfaat Mengungkapkan Kata-Kata Cinta pada Pasangan?

Foto: www.rawpixel.com

Pada dasarnya, cinta memang tidak selalu harus diungkapkan dengan kata-kata atau secara verbal. Namun juga bisa disampaikan secara non verbal atau perilaku.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengungkapkan cinta:

  • Memberikan hadiah
  • Memberikan perhatian
  • Memuji pasangan
  • Memberikan sentuhan
  • Menyediakan keperluan untuk hobi
  • Mengantarkan ke dokter
  • Memasak khusus untuk pasangan
  • Menenangkan pasangan yang panik

“Komunikasi yang baik juga akan mempermudah memilih cara yang tepat untuk mengungkapkan cinta pada pasangan,” tuturnya.

Selain itu, Dewi kembali menuturkan bahwa sudah banyak ahli dan penelitian yang mengungkapkan bahwa cinta memiliki manfaat bagi kesehatan secara positif. Di antaranya adalah:

  • Mengurangi stress
  • Mengurangi kadar kolesterol yang kurang baik
  • Menstrabilkan tekanan darah dan menurunkan tekanan darah tinggi
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

“Tak hanya itu, cinta juga bisa menstimulasi hormon oksitosin yang dapat memberikan efek tenang bagi tubuh dan pikiran,” terangnya.

Apa yang Akan Dirasakan Pasangan Ketika Mendapatkan Kata-Kata Cinta?

Foto: www.freepik.com

Jika hubungan sebagai pasangan dilandasi dengan suatu ketulusan, maka ungkapan cinta akan meningkatkan rasa nyaman dan kehangatan.

“Akan tetapi bagi pasangan yang sedang mengalami konflik, ungkapan cinta ini bisa meredam kemarahan, namun juga bisa menimbulkan berbagai rasa tak menentu, kegelisahan, dan perasaan lainnya. Ini tergantung pada seberapa jauh kompleksitas dari konfliknya,” ujar Psikolog Keluarga ini.

Baca Juga :  Ini Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Memberlakukan Time-Out, Kata Psikolog

Sementara bagi kita yang mengungkapkan kata cinta, nantinya perasaan yang muncul akan tergantung pada situasi yang ada. “Bisa saja berdegup jantungnya, berkeringat dingin, merasa berbunga-bunga, merasa sangat indah dan bahagia, serta berbagai perasaan lainnya,” tutur Dewi.

Namun secara umum, ungkapan cinta yang membahagiakan akan sangat membantu dalam meningkatkan kesehatan, terutama dari sisi psikis yang juga bisa memengaruhi fisik.

Bagaimana Jika Seseorang Tidak Pernah Mengungkapkan Kata-Kata Cinta pada Pasangannya?

Foto: www.xframe.io

Dewi menerangkan bahwa melalui ungkapan cinta, biasanya akan menyuburkan rasa cinta di antara pasangan, meningkatkan rasa saling dibutuhkan dan membutuhkan, dan menambah kebahagiaan pasangan.

“Namun demikian, banyak juga seseorang yang tetap bisa merasakan kasih sayang dari pasangannya walaupun tidak diungkapkan. Biasanya mereka memiliki cara-cara tertentu yang ‘khas’ untuk menunjukkan rasa cintanya,” jelas Dewi.

Karena penting untuk diketahui bahwa cinta bisa disampaikan secara verbal maupun non verbal.

“Bagi yang sedang mencari pasangan, tanpa adanya ungkapan cinta maka pasangan tidak akan mengerti dan mungkin merasa cintanya tidak terbalas,” tuturnya.

Sementara bagi yang sudah berpasangan, “tanpa mengungkapkan cinta kadang bisa menurunkan keyakinan terhadap cinta pasangannya, terutama bila situasinya sedang kurang baik dan ada permasalahan di antara mereka,” imbuhnya.

Apa Saja Kata-Kata untuk Pasangan yang Bisa Diungkapkan?

kata-kata untuk pasangan
Foto: www.canva.com

Sesungguhnya, terdapat banyak kata atau cara yang bisa dipilih untuk mengekspresikan rasa cinta. Namun yang paling penting adalah ketulusan, dan adanya keselarasan antara yang diekspresikan dengan rasa yang ada di dalam hati.

Selain itu, dalam cinta juga ada rasa ingin menjaga, tanggung jawab, serta respek terhadap pasangan.

Tetapi sebenarnya, tidak ada pedoman khusus tentang kapan cinta itu harus diungkapkan, namun waktu yang nyaman biasanya akan dirasakan ketika ada respons positif saat berkomunikasi dengan pasangan, atau saat merasa “klik”.

Bagi yang sedang mencari pasangan atau menjalani proses pendekatan, berikut beberapa situasi yang harus diperhatikan ketika ingin mengungkapkan kata-kata untuk pasangan:

Telah merasa siap

Saat kamu merasa siap menyatakan, dan siap dengan segala konsekuensinya baik itu diterima atau ditolak

Jalin komunikasi

Ada yang perlu menjalin komunikasi terlebih dahulu. Sehingga untuk saling mengenal hingga merasakan bisa saling melengkapi atau sejalan dalam pemikiran dan rasa yang ada di hati, dan biasanya ini berbatas waktu tertentu dan tidak terlalu lama.

Baca Juga :  Etiskah Menyadap HP Pasangan? Ini Pendapat Psikolog

“Hal ini biasanya ditandai dengan hubungan yang sudah merasa dekat, bahkan seperti sudah lama mengenalnya,” tutur Dewi.

Respons pasangan

Ungkapan cinta lewat kata-kata untuk pasangan juga bisa kamu ungkapkan ketika merasa bahwa ia telah memberikan respons baik terhadap sikap atau perilakumu ketika menunjukkan perhatian dan rasa cinta.

Bagaimana Cara Mengungkapkan Rasa Cinta Ini?

kata-kata untuk pasangan
Foto: www.freepik.com

Pada dasarnya, setiap orang dapat mengekspresikan cintanya dengan berbagai cara, dan biasanya sangat personal. “Karena ungkapan cinta tidak selalu berisi kata-kata indah, ungkapan bijak, puisi, atau dengan memberikan cincin berlian,” katanya.

Terdapat beberapa cara mengungkapkan rasa cinta menurut Dewi, di antaranya:

  • Melalui humor yang kadang hanya dipahami oleh pasangan
  • Meluangkan waktu bersama pasangan
  • Menyediakan waktu khusus
  • Makan malam di resto atau bahkan di pinggir jalan

“Selain itu, bisa dilakukan dengan berbagai hal lainnya yang bisa menambah kebahagiaan pasangan. Ini bisa disepakati terlebih dahulu atau dengan memberikan kejutan,” tuturnya.

Bagaimana Jika Pasangan Tidak Tertarik dengan Kata-Kata Cinta?

kata-kata untuk pasangan
Foto: www.unsplash.com

Menurut Dewi, komunikasi merupakan bagian terpenting dan membuat pasangan akan semakin saling mengenal. “Walaupun sudah menikah, belajarlah untuk memahami dan mengenal pasangan,” sarannya.

Hal itu perlu dilakukan secara berkelanjutan karena setiap manusia bisa mengalami perubahan sikap, perilaku, dan kebutuhannya.

“Dengan saling memahami, pastinya kepekaan terhadap apa yang dibutuhkan oleh pasangan akan semakin baik, serta memudahkan kita untuk memilih hal-hal yang terbaik bagi pasangan,” lanjutnya.

Bagaimana Jika Kita yang Menerima Ungkapan Kata-Kata Cinta dari Pasangan?

Foto: www.freepik.com

“Saat menerima ungkapan cinta dari pasangan, hal yang paling utama untuk dilakukan adalah harus menghargai upaya yang telah dilakukannya. Walaupun apa yang disampaikannya belum tentu seperti apa yang kita harapkan,” pesannya.

Selanjutnya, upayakan untuk membalasnya dengan rasa yang tulus dan penuh dengan rasa syukur kepada pasangan.

Kesimpulan

kata-kata untuk pasangan
Foto: www.pexels.com

Sesungguhnya, ungkapan cinta lewat kata-kata tidak hanya ditujukan untuk pasangan, seperti suami dan istri. Ungkapan cinta dengan tulus juga bisa diberikan kepada orang-orang di sekitar.

Hal ini bisa membangkitkan semangat, motivasi, dan pastinya untuk kebaikan orang tersebut. Dewi juga berpesan bahwa janganlah mencintai apa pun melebihi cinta kepada Tuhan.