12 Perabotan Dapur Yang Wajib Dimiliki Pengantin Baru

perabotan dapur
Foto: www.unsplash.com

Bagi pengantin baru atau pemula dalam urusan memasak, rasanya kamu perlu mengetahui perabotan dapur dasar yang wajib dimiliki. Jika peralatan ini sudah ada, maka ke depannya bisa mencicil satu persatu barang untuk melengkapinya.

Berikut 12 alat yang sangat berguna dan tidak boleh terlewatkan untuk berada di ruang memasak.

Spatula

Brewsuniq Wooden Spatula Square Top ST3 | | 12 Perabotan Dapur Yang Wajib Dimiliki Pengantin Baru
Brewsuniq – Wooden Spatula Square Top ST3

Salah satu alat masak yang wajib dimiliki setiap dapur adalah spatula. Fungsi dari kedua barang ini akan sangat berguna untuk mengaduk masakan atau pun mengambil lauk.

Perabotan dapur ini juga mempunyai fungsi dan ukuran yang beragam, sehingga disarankan untukmu memiliki berbagai jenis spatula agar nantinya kegiatan memasak akan lebih maksimal.

Tak hanya itu, alat ini juga terbuat dari berbagai bahan, mulai dari kayu, stainless steel, dan silicon. Sehingga pastikan kamu memilih produk yang aman untuk digunakan, terutama pada makanan yang panas.

Wajan

perabotan dapur
Nanjiren – Chukanabe Wajan Penggorengan Keramik

Perabotan dapur selanjutnya yang perlu dimiliki adalah wajan yang dapat membantu kita untuk mengolah aneka hidangan.

Umumnya, terdapat beberapa bahan wajan yang bisa kamu pertimbangkan untuk dibeli, yakni wajan baja tahan karat, wajan besi cor, atau wajan anti lengket.

Biasanya tiga jenis bahan tersebut akan sangat awet untuk digunakan dalam waktu yang lama. Namun pastikan kamu memperhatikan cara merawat wajan tersebut.

Pisau

Kanso Living Kanso Set Pisau Dapur Isi 3pcs | | 12 Perabotan Dapur Yang Wajib Dimiliki Pengantin Baru
Kanso Living – Kanso Set Pisau Dapur Isi 3pcs

Saat memilih pisau, disarankan untuk membeli ukuran yang lebih panjang dan pastinya tahan terhadap karat. Pisau koki pun bisa menjadi salah satu opsi untuk dibeli karena dapat digunakan untuk semua jenis bahan makanan.

Selain itu, umumnya alat dapur yang satu ini juga memiliki kualitas yang patut diacungi jempol, sehingga bisa kamu pakai dalam jangka waktu yang lama.

Jangan lupa untuk menyediakan knive holder yang berguna untuk menyimpan berbagai jenis pisau. Sehingga nantinya alat yang runcing ini akan lebih tertata dan aman. Menaruh pisau ke dalamnya juga bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah alat pemotong ini berkarat.

Talenan

RESTOMART Talenan Kayu Jati | | 12 Perabotan Dapur Yang Wajib Dimiliki Pengantin Baru
RESTOMART – Talenan Kayu Jati

Alat dasar untuk memasak ini menjadi perabotan dapur yang penting. Oleh sebab itu, kamu perlu memilih talenan yang berbahan dasar kayu keras dan pastinya memiliki ketebalan yang baik.

Namun jenis talenan lain juga tetap bisa menjadi opsi untuk dipilih, baik itu talenan bambu, karet, atau plastik.

Paling penting, jangan lupa untuk menyesuaikan ukuran talenan dengan kebutuhan memasakmu. Jangan sampai memilih barang yang berukuran terlalu kecil atau besar.

Untuk itu, kamu bisa mengambil talenan berukuran sedang yang sangat fungsional untuk memotong dan mengiris bahan makanan.

Panci

Homeco Living Berlinger Haus Sauce Pan Forest Line | | 12 Perabotan Dapur Yang Wajib Dimiliki Pengantin Baru
Homeco Living – Berlinger Haus Sauce Pan Forest Line

Selain wajan, panci juga menjadi alat penting yang wajib dimiliki oleh setiap dapur, apalagi jika kamu gemar membuat aneka masakan berkuah. Pilihlah panci yang terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas secara merata.

Selain itu, disarankan untuk mempunyai panci dalam berbagai ukuran agar bisa memudahkanmu untuk memasak.

Baik itu panci stainless steel, aluminium, hingga panci besi cor atau dutch oven, kamu bisa memilihnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Sendok dan Gelas Ukur

perabotan dapur
Tanica – Sendok Takar Set 4 Pieces – Stainless Steel

Meski tampak sepele, namun sendok ukur dan gelas ukur merupakan alat penting yang dapat membantumu untuk menakar bumbu penyedap. Nantinya akan mencegah masakan agar tidak keasinan atau hambar.

Sementara gelas ukur akan berguna untuk memastikan ukuran dari bahan cair. Pilihlah barang yang berbahan kaca berkualitas tinggi seperti pyrex yang akan tahan terhadap suhu panas.

Timbangan Dapur

IDEALIFE Digital Kitchen Scale | | 12 Perabotan Dapur Yang Wajib Dimiliki Pengantin Baru
IDEALIFE – Digital Kitchen Scale

Jika kamu berniat untuk membuat hidangan yang akan berpaku pada resep, maka jangan lupa untuk membeli timbangan dapur.

Selain itu, alat ini juga bermanfaat bagi para pembuat kue dan roti. Disarankan untuk memilih timbangan dapur digital agar nantinya kamu bisa mengetahui angka dengan tepat.

Blender

perabotan dapur
Nutribullet – Blender Combo 1000W 7-pc Dark Gray

Berniat untuk menghaluskan makanan dengan singkat dan lembut? Jangan pernah lupakan peran dari blender.

Sebab alat ini sangat multifungsi karena kamu bisa menggunakannya untuk menunjang MP ASI bayi, menghaluskan bumbu masakan atau sup, serta membuat jus.

Pilihlah produk yang memiliki pisau yang tajam agar nantinya memudahkanmu dalam menghaluskan makanan. Selain itu, saat ini juga telah hadir berbagai ukuran dan jenis blender yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Mixer

perabotan dapur
RAVELLE – Stand Mixer 4.5 Liter – Ocean Green

Jika kamu memiliki hobi membuat kue atau roti, maka sangat wajib untuk memiliki mixer. Sebab perabotan dapur ini dapat membantumu untuk mengadon roti secara maksimal.

Pilihlah produk berkualitas baik yang memiliki motor mesin yang cukup kuat untuk membuat adonan.

Gunting Dapur

perabotan dapur
GM Bear – Set Pisau Dapur Isi 5pcs Stainless Steel

Butuh alat untuk memudahkanmu memotong bahan makanan dengan praktis? Cobalah untuk menggunakan gunting dapur.

Sayangnya, alat ini tidak bisa digunakan untuk memotong semua bahan makanan, seperti misalnya daging. Namun pastikan kamu menggunakan gunting yang memang khusus disimpan untuk keperluan dapur.

Kitchen Trolly

Trans Living Hanema Kitchen Trolley Beige | | 12 Perabotan Dapur Yang Wajib Dimiliki Pengantin Baru
Trans Living – Hanema Kitchen Trolley Beige

Meski sebagian orang menganggap bahwa kitchen trolly terlalu berlebihan untuk dimiliki, kenyataannya barang ini bisa membuat aktivitas memasak jadi lebih mudah.

Apalagi jika kamu memiliki area dapur yang terbatas, maka alat ini bisa membantumu untuk meletakkan berbagai bahan makanan yang siap dimasak.

Tak hanya itu, kitchen trolly juga bisa mempermudahmu untuk memindahkan hidangan dari dapur ke ruang makan. Sehingga perabotan dapur yang satu ini akan sangat bermanfaat.

Rak Bumbu

perabotan dapur
GRINN LIVING – Hazel 2 Tier Shelf

Bumbu dapur menjadi hal yang paling penting untuk kamu sediakan di ruang memasak. Karena terdapat macam-macam bumbu dan rempah-rempah, maka kamu perlu menyimpannya dengan benar. Salah satu caranya dengan menempatkan ke rak bambu susun.

Tips Memilih Perabotan Dapur

perabotan dapur
Foto: www.canva.com

Ini tiga tips penting untukmu yang akan memilih perabotan dapur.

Mengetahui bahannya

Saat memilih perabotan dapur, usahakan kamu mengetahui bahan yang digunakan. Agar nantinya bisa menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga.

Sebab, jika kamu salah menggunakan bahan, hal ini dapat berakibat fatal, karena bisa saja nantinya bahan makanan tercemar dari bahan tersebut.

Terdapat bahan stainless steel yang akan tahan terhadap panas dan anti kerak. Selain itu, bisa juga memilih bahan kaca yang bersifat solid.

Kemudian, ada peralatan dapur berbahan kayu yang tidak mudah menghantarkan panas. Kamu bisa menyesuaikan bahan-bahan tersebut tergantung dengan kebutuhan.

Mengetahui Cara Perawatan

Agar peralatan dapur bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka kamu perlu mengetahui cara membersihkan dan menyimpan perabotan tersebut. Disarankan untuk memilih barang-barang yang memang mudah untuk dibersihkan secara menyeluruh.

Selain itu, kamu juga bisa memilih aneka perabotan dapur yang tidak memiliki warna mencolok. Supaya nantinya lapisan warna tersebut tidak mudah larut dalam makanan.

Mempertimbangkan kualitas

Terakhir, jangan lupa untuk memerhatikan kualitas barang. Sebab, tidak semua perabotan masak yang mahal memiliki kualitas yang bagus, begitu pula sebaliknya.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui bahan yang digunakan dan disarankan untuk melihat secara langsung barang tersebut. Agar nantinya bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.