FYI, Hanya Dengan Melakukan Ini Nyeri di Punggung Bawah Bisa Berkurang

sakit di punggung bagian bawah
Foto: www.rawpixel.com

Apakah kamu sering mengalami sakit di punggung bagian bawah? Sebuah studi terbaru dari Boston Medical Center mengevaluasi beberapa pilihan pengobatan untuk mengatasi sakit di punggung bagian bawah. Dan mereka menemukan satu hal yang super sederhana bagaimana agar yoga bisa membantu mengatasinya.

Cara sederhana apakah yang dimaksud? Menurut hasil studi ini, hanya dengan berharap gerakan yoga bisa membantu mengatasi rasa sakit, bisa menjadi cara terapis fisik yang lebih efektif. Apa? Yep, hanya dengan berharap.

“Orang dewasa yang mengalami sakit kronis di punggung bagian bawah bisa lebih baik dengan melakukan berbagai metode pengobatan termasuk yoga dan terapis fisik,” kata Eric Roseen, D.S., MSc, chiropraktik yang terlibat dalam studi ini. “Terutama ketika mereka sudah menggunakan obat rasa sakit.”

Studi ini melibatkan 299 partisipan dengan sakit kronis punggung bagian bawah; sebagian besar adalah orang non-kulit putih dan berpenghasilan rendah. Lalu, para partisipan dilibatkan dari grup fokus yoga selama 12 minggu.

Yoga yang dilakukan adalah kelas yoga hatha; setiap sesi berdurasi 75 menit. Kelas ini menggabungkan berbagai pose, meditasi, latihan pernapasan, dan filosofi yogi. Selain ini, para partisipan juga didorong untuk melakukan yoga sendiri selama setengah jam di rumah.

Selain melakukan gerakan fisik, studi ini juga menekankan pentingnya self-care untuk mengatasi rasa sakit. Dalam hal ini, para partisipan diminta membaca buku “The Back Pain Handbook“, sebuah buku dengan informasi detail tentang strategi self-management untuk mengatasi rasa sakit pinggang bagian bawah. Di bandingkan dengan yoga dan terapi fisik, cara ini yang paling tidak efektif dalam mengurangi rasa sakit tersebut.

Ini artinya, yoga bisa mengatasi rasa nyeri di bagian punggung. Bahkan, efek positifnya bisa langsung dirasakan ketika kamu tidak takut mencoba yoga dan punya pengharapan bahwa kamu bisa melakukan yoga dengan baik.

Selanjutnya: Mana lebih penting gerakan sempurna atau niat melakukan yoga? Baca penjelasannya di sini. Dan berpikir melakukan yoga outdoor sambil memakai masker, baca ini dulu.

podcast button