13 Manfaat Baking Soda yang Wajib Kamu Tahu

baking soda
Foto: www.gettyimages.com

Ada perasaan bangga dan kagum pada diri sendiri (rasanya ingin menepuk bahu sendiri) saat berhasil menciptakan sesuatu yang berguna. Iya, ‘kan?Jika kamu dalam mood ingin ber-DIY level pemula tapi hasilnya maksimal, modal utamamu adalah baking soda. Pasalnya, butiran putih yang biasa kamu gunakan saat membuat kue ini memiliki banyak manfaat yang melebihi jarak antara dapur, oven dan kompor.

Berikut berbagai manfaat baking soda, mulai dari membersihkan wajah, menjaga kesegaran ketiak, sampai melancarkan saluran air kamar mandi.

Kecantikan

baking soda
Foto: www.freepik.com

Scrub Wajah

Ingin membersihkan sel-sel kulit mati dengan resep eksfoliator sendiri? Gunakan bahan memasak ini.

Cara I: campurkan bahan ini dengan air secukupnya sehingga menghasilkan konsistensi adonan, aplikasikan ke kulit wajah dengan lembut dalam gerakan memutar. Setelahnya, bilas wajah dengan air hangat.

Cara II: Atau, campurkan satu sendok teh baking soda dengan satu sendok teh madu organik, lalu oleskan ke seluruh wajah. Diamkan selama satu menit (layaknya masker) lalu bilas dengan air hangat.

Pembersih Rambut

Polusi udara, sisa produk plus kemalasan keramas bisa membuat rambut lepek. Oleh karenanya, di akhir minggu, coba campurkan sedikit bubuk putih dengan cairan sampomu. Keramas seperti biasa, dan rasakan rambut yang super bersih.

Eksfoliator Badan

Tidak hanya untuk wajah, bubuk soda kue juga bisa dijadikan eksfoliator kulit badan. Cara pertama: campurkan bubuk dengan air (dengan rasio 3:1). Atau: campurkan bubuk soda denan air dan oatmeal (rasio 3:1:1). Oleskan dengan lembut di sekitar tubuh dengan gerakan melingkar untuk melepaskan semua sel-sel kulit mati. Lalu, bilas dengan air hangat.

Pemutih Gigi

Untuk gigi yang lebih cerah, bubuk soda juga bisa kamu manfaatkan. Caranya: taburkan bubuk ini ke telapak tangan, celupkan sikat gigi lembap ke dalamnya, lalu sikat gigi selama satu menit. Kumur-kumur. Setelahnya, sikat gigi dengan pasta gigi seperti biasa.

Deodoran

Jika kamu memiliki kulit sensitif dan sering mendapatkan masalah saat memakai deodoran warung, kamu bisa menggunakan bubuk soda kue. Hanya ini yang perlu kamu lakukan: tambahkan beberapa tes minyak esensial favoritmu ke dalam baking soda agar wangi. Oh hebatnya lagi, baking soda deodoran ini tidak menyebabkan noda pada pakaian.

Dry Shampoo

Baking soda ternyata juga bisa berfungsi sebagai penyegar rambut jika kamu malas keramas, alias sebagai dry shampoo. Caranya: tambahkan sejumput baking soda ke akar rambut, kibaskan rambut, lalu sisir secara menyeluruh hingga tidak terlihat sisa baking soda.

Penjinak Jerawat

Baru bangun dan menyadari beberapa jerawat muncul dengan pongahnya di wajah? Ambil baking soda. FYI, bahan dapur ini memiliki sifat amfoterik, artinya bisa berungsi sebagai asid, sehingga dapat menyeimbangkan pH pada kulit. Baking soda juga bisa mengangkat minyak berlebih dan memiliki fungsi sebagai penyembuh anti-inflamasi ringan.

Buat ramuan ini: campurkan dua sendok makan baking soda dan air hingga teksturnya berbentuk adonan. Aplikasikan ke atas jerawat, diamkan selama 15 menit, lalu bilas. Jangan lupa untuk mengoleskan pelembap setelahnya agar kulit tidak kering.

Kebersihan Rumah

baking soda
Foto: www.gettyimages.com

Pembersih Piring dan Alat Masak

Apakah kamu mencuci piring dan alat masak dengan tangan? Campurkan sedikit baking soda ke air dan cairan pembersih piring. Ini bisa menghemat pemakaian cairan pembersih dan tangan tidak perlu menggosok terlalu keras.

Jika noda membandel menempel di panci atau kuali, cukup campurkan dua sendok makan baking soda dan satu gelas air. Lalu tuang ke dalam panci, hingga kedalamannya mencapai kira-kira 1 cm. Setelah didiamkan selama sejam, semua kotoran dan sisa makan akan terangkat.

Oh, apakah gelas kesayanganmu berganti warna karena teh atau kopi? Campurkan satu sendok makan baking soda dengan air, dan celupkan gelas tersebut ke dalam rendaman ini. Jika noda masih menempel, rebus campuran tersebut bersama gelas selama 5-7 menit, lalu diamkan hingga dingin. Gelas kamu pasti menjadi bersih.

Pembersih Baju

Dalam hal ini tidak cukup hanya baking soda. Melainkan, bubuk ini akan membantu deterjen untuk bekerja lebih efektif.

Untuk baju putih: masukkan 2 hingga 3 sendok makan bubuk soda kue ke dalam mesin cuci atau rendaman pakai. Cucilah seperti biasa. Jika kemeja putih berubah abu-abu atau cokelat, tambahkan sekitar 300 gram bubuk soda ke dalam bilasan terakhir cucian (jumlah baju tidak terlalu banyak). Cara ini bisa dijadikan pengganti pemutih.

Pembersih Oven, Microwave, Kulkas

Baking soda bisa membantu peralatan di rumah tetap bersih, terbuat dari apapun meraka. Kamu hanya perlu menaburkan sponge lembap dan gosok ke bagian dalam dan permukaan kulkas, oven, atau microwave. Diamkan selama beberapa menit sebelum membersihkannya.

Pembersih Tempat Sampah

Sudah dibersihkan berkali-kali, tapi tetap saja tempat sampah mengeluarkan bau got? Hah. Untuk itu lakukan ini: campurkan seperempat gelas baking soda dengan seperempat gelas jus lemon hingga membentuk adonan tipis. Tuangkan ke dalam tempat sampah dan diamkan selama 5 menit. Lalu, bersihkan tempat sampah dengan air dingin.

Manfaat Lain Baking Soda

Foto: www.freepik.com

Pembersih Saluran Air Kamar Mandi

Jika saluran air di kamar mandi tergenang setiap kali kamu mandi, kemungkinan tumpukan helai rambut adalah penyebabnya. Coba resep ini untuk membersihkannya: tuangkan tiga gelas air mendidih ke dalam saluran air. Lalu, tuangkan satu gelas baking soda ke dalam saluran air, diamkan selama satu jam atau semalaman. Selanjutnya, rebus tiga gelas cuka putih, tuangankan dengan pelan ke dalam saluran air. Terakhir, tuangkan air panas ke dalam saluran air selama satu menit untuk membersihkan dari segala sisa kotoran.

Membuat Bunga Segar Lebih Lama

Potongan bunga segar yang baru kamu beli bisa bertahan lebih lama berkat bubuk soda kue ini. Caranya: tambahkan sejumput bahan ini ke dalam vas bunga yang berisi air. Tidak hanya itu, ramuan ini juga membuat air tetap bersih dan tidak berbau.

Selanjutnya: Ini daftar tanaman yang perawatannya super duper mudah.

podcast button