Ini Efek Terlalu Banyak Duduk dan Trik Bagaimana agar Lebih Sering Bergerak

terlalu banyak duduk
Foto: www.stocksy.com

Kamu pasti sudah sering mendengar efek negatif bagi kesehatan karena terlalu banyak duduk. Salah satu efek yang tidak menyenangkannya adalah menaikkan level gula darah.

“Semakin banyak duduk, otot-otot besarmu semakin tidak menggunakan glukosa, sumber energi utama tubuh. Duduk tanpa interupsi bisa menyebabkan gula darah meningkat, memicu perilisan insulin,” kata Dr. Hicham Skali, seorang kardiolog dari rumah sakit Harvard, Brigham and Women’s Hospital.

FYI, insulin adalah mengatur gula darah, dan gaya hidup sedentari bisa membuat tubuh kurang sensitif terhadap insulin. Alhasil menyebabkan resistensi insulin yang mendorong inflamasi, yang menjadi penyebab utama penimbunan plak lemak di dalam pembuluh darah.

Para ilmuwan sudah melakukan banyak studi untuk mengetahui efek duduk tanpa interupsi bagi kesehatan. Sebut saja sebuah studi menunjukkan duduk selama tujuh jam per hari bisa meningkatkan risiko meninggal akibat penyakit kardiovaskular. Dan pada perempuan, gaya hidup sedentari bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jadi apa yang bisa dilakukan untuk memastikan kamu tetap bergerak secara teratur? Pssst… bahkan ketika kamu rajin berolahraga pun, harus tetap melakukan ini. Dokter Skali menyarankan kamu melakukan beberapa hal sederhana ini:

Pasang reminder. Atur reminder di ponselmu untuk berbunyi setiap satu jam untuk mengingatkanmu untuk bergerak secara teratur.

Bergerak saat berbicara di telepon. Sambil menerima telepon, kamu bisa sembari melakukan hal lain, seperti berjalan atau melakukan pekerjaan rumah yang ringan.

Bergerak saat menonton TV. Gerakan kaki dan tanganmu atau lakukan peregangan setiap satu jam saat kamu sedang binge-watching atau menonton acara favoritmu.

Parkir di tempat yang jauh. Jika memungkinkan, parkirlah kendaraanmu di posisi yang lumayan jauh dari tempat tujuanmu sehingga semakin banyak langkah kaki yang harus kamu ambil. Gunakan tangga dan hindari eskalator atau elevator.

Lakukan aktivitas rumah sambil berdiri. Misalnya, melipat pakaian bersih sambil berdiri, atau masukkan baju ke dalam lemari dalam jumlah kecil sehingga langkah kaki yang kamu ambil semakin banyak.

Selanjutnya: Trik Jenius agar Rajin Olahraga.