Apakah Aman Berolahraga Sambil Memakai Masker?

Foto: www.gettyimages.com

Pusat kebugaran dan gim dibuka kembali. Yeaaay. Pastinya, fasilitas umum ini wajib menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan kebijakan Kementerian Kesehatan dan Kemenpora. Namun, ada satu pertanyaan yang mengganjal: apakah aman berolahraga sambil memakai masker?

“Tergantung dari tingkat intensitas olahraga yang dilakukan,” jelas  dr. Ayu Wulan Anggreni, seorang Certified Fitness Trainer, Certified Sport Nutrition Advisor dari APKI (Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia), kepada LIMONE.

Maksudnya? Mari baca artikel ini sampai titik terakhir

Apakah Dianjurkan Berolahraga sambil Memakai Masker?

olahraga sambil memakai masker
Foto: www.gettyimages.com

Sekali lagi, tergantung.

“Apabila olahraga dengan intensitas rendah sampai sedang masih dikatakan aman untuk  berolahraga dengan menggunakan masker. Dengan catatan tidak mempunyai penyakit jantung ataupun paru,” lanjutnya. Mereka yang memiliki riwayat kesehatan seperti ini tidak disarankan olahraga menggunakan masker, karena kebutuhan oksigen orang tersebut sudah lebih tinggi dalam aktivitas sehari- hari.

Di sisi lain, tidak disarankan memakai masker saat melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, karena terjadi peningkatan kebutuhan oksigen. “Jadi, apabila dilakukan dengan menggunakan masker akan berbahaya karena dapat menyebabkan hipoksia atau kekurangan oksigen dalam sel,” tambahnya.

Selain tingkat intensitas, berolahraga sambil memakai masker juga ditentukan oleh tingkat keramaian di lingkungan olahraga. “Apabila olahraga berada di lingkungan yang ramai dan sulit untuk menjaga jarak kurang dari 2 meter, sebaiknya gunakan masker,” sarannya.

Bagaimana agar Aman Saat Olahraga sambil Memakai Masker?

olahraga sambil memakai masker
Foto: www.gettyimages.com

Menurut Dokter Ayu, saat berolahraga kebutuhan oksigen kita meningkat dari biasanya. Sehingga, seperti yang dikatakan di atas: memakai masker saat berolahraga bisa berbahaya, terutama pada orang- orang yang sudah mempunyai riwayat penyakit paru dan jantung sebelumnya.

Jadi, apa yang dilakukan agar aman dan nyaman berolahraga, meski memakai masker?

“Di saat pandemik seperti ini berolahragalah dengan bijak,” anjurnya. Begini definisi bijak berolahraga saat pandemik yang dianjurkan oleh Dokter Ayu.

  • Apabila ingin berolahraga di tempat umum, carilah tempat yang sepi sehingga bisa menjaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter.
  • Gunakan masker saat berolahraga di tempat umum terutama, saat harus berdekatan dengan orang lain.
  • Lakukan olahraga intensitas rendah sampai sedang saat menggunakan masker. “Jangan lupa untuk rutin mengganti masker terutama jika sudah basah dengan karingat, karena masker yang basah menyulitkan pergantian udara,” ujarnya.
  • Apabila semua hal tersebut sulit dilakukan, “lakukan olahraga di sekitar rumah agar bisa tetap nyaman,” sarannya.

Selanjutnya: Ini daftar hal positif yang terjadi saat kamu memakai masker pelindung.