Ingin Rambut Bervolume? Ini Cara Memilikinya tanpa Hair Dryer

cara membuat rambut bervolume
Foto: www.unsplash.com

Ada banyak hal yang di dalam hidup yang kita inginkan bertambah volumenya (tabungan contohnya, tapi tidak berat badan), termasuk rambut. Bagaimana mewujudkannya tanpa menggunakan hair dryer setiap hari? Berikut cara membuat rambut bervolume yang aman tanpa melibatkan hair dryer atau alat-alat panas lainnya.

Coba Scalp Scrub

Kesehatan kulit kepala menentukan kondisi rambut. Jika terlalu banyak kotoran, sisa produk, minyak menumpuk di kulit kepala, hal in bisa menyebabkan inflamasi di sekitar folikel dan membuat rambut lepek. Oleh karenanya, lakukan scrubbing pada kulit kepala secara teratur. Coba cek di sini untuk mengetahui produk rekomendasi scalp scrub.

Keramas dengan Posisi Rambut Terbalik

Cara lain membuat rambut bervolume adalah mengangkat helai rambut dari kulit kepala. Tips paling sederhana dan bisa kamu lakukan sesering mungkin adalah keramas dengan posisi rambut terbalik. Praktikkan ini setelah mengaplikasikan kondisioner, sembari kamu membilas rambut.

Gunakan Produk Ringan

Menjaga kelembapan rambut dengan baik adalah kunci memiliki rambut bersinar dan tidak kusut. Itulah sebabnya, memilih produk yang tepat memegang peranan yang super penting. Untuk itu, pakailah produk-produk ringan, seperti hair oil dan leave-ins yang tidak membuat lepek, tapi pada saat yang bersamaan menjaga kelembapan rambut.

Keringkan Rambut dengan Handuk

Namun, tidak hanya tipe produk yang penting—cara mengaplikasikannya juga mesti benar. Sebelum memakai produk apapun, pastikan rambut tidak dipenuhi dengan terlalu banyak air. Ketika produk rambut diaplikasikan saat rambut masih terlalu basah, ini akan membuat rambut lebih flat. Oleh karena itu, keringkan dengan handuk (bukan dengan hair dryer), tapi pastikan rambut masih dalam keadaan setengah basah agar produk yang kamu pakai efeknya maksimal.

Bersihkan Rambut dengan Cuka Apel

Satu lagi cara membuat rambut bervolume adalah mencoba keramas dengan cuka apel. Asam alami dari cuka apel akan membersihkan kulit kepala dengan baik. Ini resepnya: campurkan ½ sendok makan cuka apel dengan satu gelas air dingin. Aplikasikan ke rambut, dan diamkan selama lima menit, lalu bilas. Jika rambutmu super berminyak dan kotor, kamu bisa memakai resep ini setelah sampo untuk deep clean. Catatan: gunakan cara ini hanya saat kulit kepala sudah terlalu kotor, karena jika terlalu sering akan membuat rambut kering.

Selanjutnya: Cek daftar sampo terbaik untuk rambut berwarna.