Ingin Rambut Lebih Sehat Dan Mudah Ditata? Ini 11 Perawatan Yang Bisa Kamu Lakukan

perawatan rambut
Foto: www.freepik.com

Memiliki rambut yang indah dan terawat memang bisa menjadi salah satu cara yang daapt membuat penampilan menjadi lebih sempurna. Dengan rambut yang sehat nantinya hal ini juga dapat memudahkanmu untuk bergaya. Untuk itu, perawatan rambut pun menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan.

Tidak melulu dilakukan di salon, kamu juga bisa melakukan perawatan rambut sendiri di rumah. Agar lebih maksimal, berikut 11 langkah yang bisa kamu coba untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah.

11 Perawatan Rambut Wajib Dilakukan

perawatan rambut
Foto: www.canva.com

Serius, perawatan yang perlu dilakukan untuk mendapatkan rambut sehat tidak harus mahal atau ribet. Coba cek daftarnya di bawah ini dan jangan lupa lakukan.

1. Gunakan Produk yang Sesuai

Sebelum melakukan perawatan rambut, hal paling penting adalah dengan memastikan kamu memilih produk yang tepat sesuai dengan jenis rambut. Oleh karena itu, perlu untuk mengetahui kondisi rambut, apakah cenderung berminyak atau kering.

Setelah mengetahuinya, maka kamu bisa membeli produk perawatan yang sesuai dengan kebutuhan rambut.

Dengan menggunakan produk perawatan rambut yang sesuai, nantinya kamu bisa membantu mengatasi masalah rambut.

2. Keramas Menggunakan Air Bersih

Baik itu air hangat maupun air dingin, keduanya memang bisa digunakan untuk mencuci rambut. Air hangat bisa membantu kutikel pada rambut sehingga nantinya pentrasi sampo dapat menjadi lebih baik, dan juga dapat mengangkat kotoran dan minyak secara maksimal.

Sementara air dingin dapat mencegah rambut rontok dan membuat peredaran darah menjadi lancar.

3. Aplikasikan Kondisioner

Meski sering terlewatkan, namun penggunaan kondisioner sangatlah penting untuk rambut, agar tampak lebih lembap dan mudah untuk diatur. Selain itu, produk ini juga akan membantu inti rambut agar lebih kuat dan melindunginya dari kerusakan.

Namun jangan lupa untuk memilih kondisioner yang sesuai dengan kebutuhan rambut. Setelahnya, kamu bisa mulai mengaplikasikannya produk ini setelah selesai mencuci rambut dengan sampo, caranya dengan mengoleskan secara merata dari pangkal hingga ke ujung rambut, dan menghindari penggunaan kondisioner pada kulit kepala.

4. Keringkan dengan Handuk

Setelah mencuci rambut, ada baiknya kamu mengeringkannya dengan handuk atau kain bersih. Sebab, penggunaan hairdryer hanya akan membuat rambut semakin terasa kering, sehingga dapat mudah patah.

Namun pastikan memilih handuk atau kain yang lembut. Karena, kain yang kasar bisa membuat gesekan antar rambut sulit dihindari, sehingga akan merusak kutikula rambut, dan membuatnya semakin rapuh.

5. Menyisir Rambut dengan Benar

Meski sering disepelekan, menyisir rambut juga penting untuk diperhatikan dalam perawatan rambut. Cara menyisir yang benar adalah dengan menyisir bagian ujung rambut terlebih dahulu, kemudian baru bagian atasnya. Hal ini bertujuan untuk mencegah rambut agar tidak mudah rontok dan patah.

Selain itu, disarankan untuk tidak menyisir rambut dalam keadaan yang masih basah. Untuk itu, kamu perlu mengeringkan rambut terlebih dahulu. Sebab, kondisi rambut basah sangatlah rapuh hingga rentan mengalami kerontokan.

Kamu juga perlu memilih sisir yang sesuai dengan jenis rambut. Karena sesungguhnya terdapat beberapa jenis sisir yang ada di pasaran, mulai dari bristle brush, round brush, hingga wide-tooth comb.

6. Gunakan Masker Rambut

Setiap harinya, kondisi rambut bisa berubah. Hal tersebut bisa dipengaruhi oleh faktor cuaca dan asupan cairan. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan masker rambut sebagai perawatan rambut lanjutan yang bertujuan untuk membuat mahkotamu tetap sehat.

Nantinya, produk ini dapat membantu rambut agar terasa lebih lembap. Serta juga dapat membuat kulit kepala menjadi lebih rileks, dan peredaran darah pun akan lebih lancar. Perawatan rambut yang satu ini bisa kamu aplikasikan dalam jangka waktu satu minggu sekali.

7. Lindungi Rambut dari Sinar Matahari

Selain pada kulit, sinar matahari juga menjadi musuh bagi rambut. Saat kamu beraktivitas di bawah paparan sinar matahari secara langsung, nantinya rambut akan menjadi kering dan rusak. Untuk itu, jangan lupa menggunakan pelindung kepala, baik itu menambahkan topi atau scarf.

8. Potong Ujung Rambut secara Rutin

Umumnya, rambut akan bertambah panjang setiap enam hingga delapan minggu, untuk itu kamu bisa memotong ujung rambut secara rutin. Sebab, ujung rambut akan semakin kering karena tidak mendapatkan nutrisi seperti pangkal rambut.

9. Gunakan Pelindung Panas sebelum Menggunakan Hair Styling

Jika kamu ingin menggunakan penataan rambut dengan menggunakan alat panas, maka cobalah untuk menggunakan cairan pelindung yang memang dibuat khusus untuk melindungi rambut dari panas. Selain itu, disarankan untuk melakukan penataan rambut maksimal dua hari sekali dengan suhu sekitar 130-150 derajat celcius.

Semprotkan pelindung panas ini dengan jarak sebesar 30 cm dari batang rambut dan biarkan meresap dalam waktu 10 menit. Selanjutnya kamu bisa mulai menggunakan hair styling.

10. Tambahkan Vitamin Rambut

Perawatan rambut selanjutnya yakni dengan menambahkan serum dan vitamin rambut. Serum ini dapat berfungsi untuk melindungi lapisan rambut, sekaligus memberikan minyak alami agar nantinya rambut tidak mudah kering. Sementara vitamin rambut berperan untuk menutrisi helaian rambut agar tetap kuat dan sehat.

11. Konsumsi Makanan Bergizi

Selain menggunakan produk-produk yang sesuai dengan jenis rambut, kamu juga perlu memenuhi kebutuhan gizi harian. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan berprotein tinggi seperti telur, susu, kacang, atau ikan salmon.

Tak hanya itu, mengonsumsi suplemen yang mengandung biotin juga menjadi salah satu cara untuk memperbaiki kerontokan rambut.  

Rekomendasi Produk

Gallinée Care Mask For Hair & Scalp

Masker rambut ini dapat menambah nutrisi sehingga mencegah timbulnya masalah pada kulit kepala. Karena, gatal, ketombe, dan rambut rontok sangat mengganggu aktivitas. Untungnya, produk ini diperkaya dengan fermentasi air beras yang dapat melindungi mikrobioma kulit kepala.

Briogeo Farewell Frizz Rosarco Milk Leave-In Conditiong Spray

Pemilik rambut kering dan normal rasanya tidak boleh melewatkan produk yang satu ini. Sebab, kondisioner tanpa bilas ini dibuat dengan produk alami yang terdiri dari rosehip, argan, dan minyak kelapa. Uniknya, perawatan rambut ini bisa diaplikasikan pada rambut basah atau kering.

OUAI Fine To Medium Hair Treatment Masque

Untukmu yang memiliki rambut berwarna, cobalah untuk menggunakan produk yang satu ini. Karena masker pelembap tersebut dapat menghidrasi rambut dengan baik, dan memperkuat serta menghaluskan ujung rambut yang bercabang.

Berkat kandungan shea butter dan keratin, maka dapat membantu menutrisi rambut yang telah diwarnai.

Leonor Greyl Shampooing Crème Moelle de Bambou

Rambut yang lebih panjang biasanya membutuhkan perawatan ekstra karena ujungnya akan lebih kering dan mudah patah. Untungnya, Leonor Greyl Shampooing Crème Moelle de Bambou dapat menangani masalah ini dengan memperbaiki dan menutrisi rambut menggunakan ekstrak bambu yang ada di dalamnya.

Sebab ekstrak bambu menyediakan minyak esensial, lipid, dan vitamin yang membuat rambut bisa semakin lembut, berkilau, dan mudah diatur.

Sachajuan Silver Shampoo

Jika kamu memiliki rambut yang telah melewati proses pewarnaan, ada baiknya menggunakan sampo khusus yang dapat menjaga warna rambut.

Untungnya ada Sachajuan Silver Shampoo yang dirancang khusus untuk menetralkan warna kuning pada rambut. Dilengkapi dengan UV protection membuatnya dapat melindungi rambut dari paparan sinar matahari.