9 Makanan Terbaik agar Terlihat—dan Merasa Muda, Menurut Sains

Foto: www.gettyimages.com

Apa menu camilan dan sarapan, makan siang serta makan malammu di akhir pekan? Untuk membuat fungsi sel-sel di dalam tubuh tetap prima (meski usia sudah bertambah), coba masukkan bahan makanan untuk awet muda ini.

Berikut ini adalah makanan yang meningkatkan fungsi-fungsi sel tubuh sehingga metabolisme tetap baik, produksi kolugen dan elastin tetap lancar. Dengan kata lain, makanan ini membuatmu terlihat muda—dan merasa lebih muda. Oh, tidak hanya di akhir pekan, tapi tetap konsumsi makanan untuk awet muda ini secara teratur selama masih hidup.

ALPUKAT

makanan untuk awet muda
Foto: www.unsplash.com

Kaya akan vitamin E, K, dan lemak yang sehat, alpukat adalah salah satu makanan terbaik untuk memperbaiki sel-sel yang sudah menua. Vitamin E adalah antioksidan yang melindungi jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, sementara vitamin K penting untuk jaga pembekuan darah.

Dan alpukat merupakan satu-satunya buah yang mengandungan lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) yang membuat jantung sehat dan kenyang.

COKELAT

Foto: www.unsplash.com

Fakta bahwa makanan ini berada di dalam daftar ini, membuat hidup mendadak lebih menyenangkan. Cokelat mengandung polyphenol yang membantu kesehatan metabolisme. Tidak hanya itu, cokelat juga melindungi dari kerusakan dari radikal bebas, meningkatkan peluruhan lemak, dan mencegah rasa lapar cepat datang. Untuk efek kesehatan yang lebih maksimal, coba konsumsi dark chocolate dengan kandungan minimal 70% kokoa utuh (cek kemasannya). Pasalnya, cokelat dengan persentase ini memiliki lebih banyak polyphenol.

DAGING SAPI

makanan untuk awet muda
Foto: www.rawpixel.com

Daging sapi mengandung vitamin D yang berfungsi meningkatkan kualitas sel dan meregulasi sistem imunitas. Plus, daging sapi juga kaya akan vitamin E, yang berfungsi melawan penyebab kanker.

KEJU

makanan untuk awet muda
Foto: www.freepik.com

Kejuuu! Kaya akan spermidine (senyawa organik yang memiliki dua gugus amino atau lebih), yang biasanya ditemukan di sel-sel tanaman dan manusia. Namun sayangnya, pada manusia, produksi spermidine menurun seiring bertambahnya usia. Padahal sangat penting untuk perkembangan DNA dan kesehatan gen. Sebuah studi memperlihatkan spermidine bisa membantu masalah jantung, dan mempertahankan daya ingat. Untungnya, ada keju yang selain enak, ternyata juga makanan untuk awet muda.

KEMBANG KOL

Foto: www.unsplash.com

Saudara sepupu brokoli ini senyawa bernama sulforaphane yang membantu tubuh mempercepat proses yang menyingkirkan protein-protein tua dan abnormal. Senyawa ini juga bertindak sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Makanan kaya sulforaphane juga baik untuk kesehatan mata. Ohya, hanya sebuah saran: kembang kol lebih baik dimakan mentah karena kandungan gizinya bisa hilang jika dimasak. Atau, jika makanan mentah membuatmu ragu mengonsumsinya, coba kukus selama dua sampai tiga menit.

MANGGA

Foto: www.unsplash.com

Siapa di sini yang selalu mengeluarkan air liur ketika melihat potongan daging mangga yang berwarna oranye segar? Kabar gembira buatmu: mangga mengandung 122 miligram vitamin C per buah. Mangga juga mengandung zeaxanthin, antioksidan yang membantu menjaga kesehatan mata dengan memproteksinya dari sinar blue light yang bisa menyebabkan degenerasi makula. Yakni, gangguan penglihatan pada orang tua.

POLONG

makanan untuk awet muda
Foto: www.freepik.com

Tumbuhan polong kaya akan saponin, senyawa yang penting untuk sistem kekebalan tubuh. Berbagai studi memperlihatkan bahwa senyawa ini bisa menurunkan risiko kolesterol tinggi dan mengontrol gula darah. Hal ini penting karena glukosa bisa memicu keluarnya insulin, yang akhirnya dapat menekan perkembangan sel-sel baru. Jadi, konsumsi makanan untuk awet muda ini secara teratur.

SALMON

makanan untuk awet muda
Foto: www.rawpixel.com

Harganya mungkin cukup mahal dibandingkan ikan lain di pasaran, tapi manfaatnya bagi kesehatan tubuh sangat banyak. Kaya dengan omega-3, salmon bisa mengatasi inflamasi dan menstimulasi perbaikan sejumlah sel di dalam tubuh. Tidak hanya itu, omega-3 juga berfungsi meningkatkan kesehatan jantung dan baik untuk melindung sel-sel di dalam otak.

TELUR

makanan untuk awet muda
Foto: www.unsplash.com

Yaaas, yaaas! Untuk yang belum tahu, telur mengandung senyawa yang disebut sphingolipid. Ibarat dinding rumah, sphingolipid adalah adukan semen yang mempertahankan agar dinding tersebut tetap kokoh. Namun, seiring berjalannya waktu dan bertambah tua dinding rumah, semen ini menjadi rapuh dan bisa menyebabkan dinding runtuh. Nah, sphingolipid ini berfungs untuk tetap menjaga dinding kulit tetap penuh, lembut dan kenyal.

Plus, sphingolipid juga membantu meregulasi neurotransmitter, yang memegang peranan penting dalam kesehatan otak. Ini artinya, bisa menjaga mood lebih baik, pikiran lebih tajam dan ingatan lebih sehat.

Selanjutnya: Ini 4 makanan hebat untuk menjaga kesehatan otak.