10 Scalp Scrub Terbaik agar Kulit Kepala Sehat dan Rambut Berkilau

Foto: Istimewa

Segalanya berawal dari kulit kepala—jika kamu menginginkan rambut yang sehat dan bersinar. Pasalnya, di sanalah terdapat folikel-folikel rambut. Oleh karena itu, untuk memastikan kulit kepalamu dalam kondisi maksimal, terkadang masker saja tidak cukup. Terutama, jika rambut tetap kusam, berminyak, kulit kepala kering dan gatal—bahkan setelah memakai masker rambut. Di sinilah kamu memerlukan scalp scrub terbaik yang berfungsi mengangkat kotoran membandel, yang membuat pori-pori kulit kepala tersumbat.

Sama seperti produk kulit lain, ada beberapa jenis eksfolian kulit kepala. Pada dasarnya ada dua tipe eksfolian kulit kepala, yakni physical scrub, yang berbentuk granula yang berfungsi mengeksfoliasi kulit dan membersihkan kotoran secara fisik. Lalu, kedua adalah chemical scrub, yang menggunakan asam eksfolian alami dan enzim untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati.

Dan oleh karena ada banyak pilihan scalp scrub di pasaran, pastinya, menggunakan produk yang tepat dan sesuai dengan kulit kepala dan jenis rambutmu adalah hal terpenting. Untuk kamu yang butuh contekan, rambut tipis dan pemilik kulit kepala sensitif cenderung lebih cocok jika memakai chemical scrub. Sementara, mereka yang memiliki rambut tebal dan kulit kepala berminyak, akan bersyukur bahwa physical scrub eksis di dunia ini.

Jadi, sudah tahu scalp scrub yang ingin kamu beli? Berikut adalah scalp scrub terbaik yang bisa kamu coba untuk mendapatkan rambut sehat dan bersinar.

Briogeo Scalp Revival Charcoal + Coconut Oil Micro-exfoliating Shampoo

Jika kamu memiliki masalah kulit kepala sensitif dan gatal, coba pertimbangkan untuk mengaplikasikan produk ini satu-dua kali dalam seminggu. Scalp scrub terbaik ini dipenuhi dengan charcoal yang mampu membuka folikel-folikel rambut yang tersumbat dan mencegah kotoran menumpuk. Sementara itu, kandungan coconut oil akan menghidrasi, dan campuran minyak tea tree, peppermint dan spearmint akan mengurangi gatal di kulit kepala. Dan pastinya, jangan lupakan vitamin di dalamnya yang berguna menguatkan dan memberi makan akar rambut.

scalp scrub terbaik

IGK Low Key Cleansing Walnut Scalp Scrub

Mungkin kata “walnut” akan membuat kening dan kulit kepalamu berkerut. Namun dengarkan, kandungan walnut shell powder di dalam produk ini berkhasiat membersihkan kulit kepala dengan lembut. Cuka apel untuk memurnikan dan peppermint oil untuk menyeimbangkan pH kulit kepala. Oh, jika “cuka apel” membuatmu mempertanyakan aroma produk ini, tenang saja karena aromanya sangat menyenangkan.

scalp scrub terbaik

OUAI Scalp & Body Scrub

Siapa di sini yang paling suka dengan produk yang memiliki fungsi lebih dari satu dan membuat sekujur tubuh wangi? Jika jawabanmu adalah anggukan kepala nan antuasis, produk dari Ouai ini sepertinya wajib berada di kamar mandi. Kandungan gula alami di dalamnya berfungsi mengikis kotoran, sementara probiotik menyeimbangkan kembali serta melindungi kulit kepala dari kerusakan. Silakan dipakai untuk membersihkan kulit kepala dan tubuh (kecuali wajah) dan cocok untuk pemilik kulit sensitif.

scalp scrub terbaik

Christophe Robin Cleansing Purifying Scrub with Sea Salt

Ini adalah salah scalp scrub pertama yang dijual di pasaran. Dan sampai sekarang masih dan terus dicintai banyak orang. Apa penyebabnya? Sweet almond oil membantu menjaga kulit kepala lembut. Sea salt berfungsi membersihkan kelebihan minyak dan sisa-sisa produk rambut yang kamu tiap hari. Plus, juga mampu menstimulasi sirkulasi kulit kepala. Plus lagi, aromanya menyenangkan. Alhasil, kulit kepala bersih, segar dan sehat. Cocok untuk semua jenis kulit kepala dan direkomendasikan untuk mereka yang sering memakai dry shampoo dan alat pengering rambut.

scalp scrub terbaik

Kérastase Soothing Scrub

Dibuat khusus untuk pemilik kulit kepala sensitif, scalp scrub terbaik ini mengandung formula yang super lembut. Jojoba dan sweet orange mampu menyegarkan kembali akar rambut. Saat kamu rajin memakainya, siap-siap mengatakan selamat tinggal pada ketombe dan rambut kering. Dan ucapkan selamat datang kepada rambut sehat dan berkilau.

scalp scrub terbaik

NatureLab Tokyo Perfect Shine Clarifying Scalp Scrub

Kristal super lembut yang terkandung di dalam produk ini ampuh membersihkan kulit kepala dari sisa-sisa produk yang kamu pakai. Sebut saja, dry shampoo. Selain itu, produk asal Tokyo ini juga diformulasikan dengan hyaluronic acid untuk membantu rambut lebih berkilau, dan antioksidan (sel akar anggur dan ekstrak mutiara) untuk mengembalikan kesehatan kulit kepala.

Grow Gorgeous Defence Scalp Scrub

Ingin membersihkan kulit kepala yang sepertinya sudah terasa berat dengan segala kotoran? Coba lakukan dengan produk yang dipenuhi dengan enzim ini. Kandungan antioksidan (seperti bean bio-ferment) di dalamnya membantu melembapkan dan memperbaiki kerusakan akibat sinar UV dan polusi. Gunakan sebelum keramas untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

scalp scrub terbaik

The Body Shop Fuji Green Tea Refreshingly Purifying Cleansing Hair Scrub

Pemilik kulit kepala berminyak akan luar biasa bahagia usai memakai produk ini. The Body Shop Fuji Green Tea Refreshingly Purifying Cleansing Hair Scrub diciptakan untuk dipakai sebagai ganti sampo. Formula sea salt di dalamnya berfungsi menstimulasi peredaran darah dan membersihkan kotoran yang disebabkan oleh polusi, minyak dan produk rambut lainnya. Aplikasikan dengan cara memijat dan pakai sekali seminggu.

Oribe Serene Scalp Exfoliating Scrub

Untuk menjadikan rambut sehat dan bersinar, merek ini tidak perlu diragukan lagi. Termasuk, produk satu ini. Scalp scrub terbaik ini menggunakan butiran-butiran eksfolian untuk melepaskan minyak, kotoran dan sisa produk yang menumpuk di kulit kepala. Sementara AHA dan enzim buah yang terkandung di dalamnya membersihkan folikel-folikel rambut secara menyeluruh.

scalp scrub terbaik

 Kiehl’s Deep Micro-Exfoliating Scalp Treatment

Apricot seeds adalah bahan utama scrub ini untuk membersihkan kulit kepala. Lalu, ada argan shell powder yang membantu melembapkan kulit kepala, sementara minyak esensial untuk menghidrasi dan membuat rambut bersinar. Cara pakai: aplikasikan di kulit kepala yang kering dan diamkan selama lima menit. Kemasannya yang berbentuk tuba membuat setiap tetes scalp scrub ini tidak akan berceceran dan terbuang cuma-cuma.

Selanjutnya: Dan manjakan rambut dan kulit kepalamu dengan 10 masker wangi ini.