5 Rekomendasi Alat Catok Rambut Yang Bagus

catok rambut yang bagus
Foto: www.canva.com
Terakhir diperbarui:

Bagi sebagian wanita, mencatok rambut merupakan hal rutin yang dilakukan hampir setiap hari. Ini menjadi cara terbaik untuk menata atau meluruskan rambut tanpa harus pergi ke salon. Selain itu dengan menggunakan alat catok, kamu juga bisa berkreasi dengan berbagai macam tatanan rambut. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki alat catok rambut yang bagus.

Soalnya alat catok tersebut dapat berpengaruh terhadap hasil akhir rambut. Dan pastinya kamu harus melakukannya dengan tepat untuk menghindari rambut yang kaku dan lepek.

Untuk membuatnya terlihat alami, simak artikel ini sampai habis untuk menemukan cara catok rambut yang bagus.

Cara Mencatok Rambut yang Tepat

catok rambut yang bagus
Foto: www.canva.com

Berikut beberapa cara untuk catok rambut yang bagus.

Pastikan rambut dalam keadaan kering

Mencatok rambut dalam keadaan yang basah dapat meningkatkan risiko kerusakan rambut. Selain itu, ketika mencatok rambut dalam kondisi basah, nantinya akan muncul aroma terbakar.

Oleh karena itu, disarankan agar mencatok rambut dalam kondisi yang kering, supaya nantinya hasil akhir rambut pun akan tampak lebih alami dan lembut.

Atur alat catok untuk mencapai suhu tepat

Biasanya beberapa orang menggunakan catokan rambut dengan suhu yang panas. Karena mereka mengira bahwa semakin tinggi suhu, maka semakin cepat proses catok rambut berlangsung.

Padahal sesungguhnya, suhu yang terlalu tinggi dapat merusak rambut. Namun, mencatok dengan suhu yang belum panas juga akan menghasilkan tatanan rambut yang tidak tahan lama.

Oleh karena itu kamu bisa mulai mencatok ketika suhu sudah terasa panas. Ketika flat iron sudah terasa sangat panas, cobalah untuk mematikan sejenak hingga suhunya menurun. Setelah itu kamu bisa menggunakannya kembali.

Pisahkan rambut menjadi beberapa bagian

Jika kamu mencatok rambut sendiri di rumah, maka cobalah untuk memisahkan rambut menjadi beberapa bagian. Supaya lebih mudah, gunakan jepit atau ikat rambut yang belum dicatok.

Kemudian ambil sedikit bagian kecil rambut, kemudian mencatoknya dengan perlahan, baik itu model curly atau lurus.

Ketika bagian tersebut telah selesai, maka ambil bagian rambut lainnya dan ulangi hingga seluruh rambut telah dicatok dengan benar. Sebab jika dilakukan sekaligus, biasanya hasil akhir dari rambut akan tampak kurang rapi dan terlihat lebih kaku.

Gunakan teknik yang tepat

Meski terlihat sederhana, namun kamu perlu mengetahui teknik mencatok yang tepat.

Caranya adalah dengan menjepit rambut di bagian atas, kemudian menariknya secara perlahan pada ujung rambut. Pastikan catokan tersebut telah benar-benar menjepit rambutmu dengan sempurna.

Jika kamu ingin menggunakan alat catok untuk membuat rambut menjadi keriting, maka tarik catokan dan gulung bagian bawah rambut. Untuk mempertahankan hasil catokan, jangan lupa semprotkan sedikit hair spray.

Gunakan produk perawatan

Suhu panas yang terlalu sering mengenai rambut pastinya akan membuatnya menjadi mudah kering dan rusak. Oleh karena itu semakin sering kamu mencatok rambut, maka jangan pernah lupa untuk memberikan perawatan rambut.

Pilihlah sampo dan kondisioner yang dapat melembutkan rambut. Pastinya selalu gunakan heat protect spray sebelum mulai mencatok.

Produk tersebut dapat melindungi rambut dari suhu yang panas, sehingga nantinya rambut akan tetap lembut meski sering menggunakan alat catok.

Cara Memilih Catok Rambut yang Bagus

catok rambut yang bagus
Foto: www.canva.com

Jika kamu berniat untuk membeli alat catok rambut yang bagus, berikut cara yang bisa dilakukan.

Sesuaikan dengan panjang rambut

Sesungguhnya, setiap produk memiliki ukurat pelat yang berbeda.

Jika kamu memiliki rambut bob semi panjang, pilihlah pelurus rambut berukuran standar. Sehingga nantinya kamu bisa menggunakan alat tersebut dengan mudah.

Untuk rambut panjang, maka pilihlah catokan dengan tipe yang lebar, supaya nantinya bisa menata rambut dengan menghemat waktu. Sayangnya, tipe catokan ini terlalu sulit untuk membuat rambut supaya lebih keriting.

Sementara untuk rambut pendek, maka cobalah untuk menggunakan alat catok mini.

Sesuaikan dengan keinginan

Ternyata setiap alat catok menawarkan hasil akhir yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu perlu memilihnya sesuai dengan keinginan.

Catokan yang dapat menjepit rambut dengan kuat biasanya akan mengoptimalkan panas pada satu waktu, sehingga meminimalisir kerusakan rambut.

Catokan dengan fungsi uap dapat memberikan hasil akhir yang lembut dan lembap. Sayangnya jenis yang satu ini akan sedikit merepotkan karena kamu perlu menambahkan air ketika ingin menggunakannya.

Sedangkan alat catok dengan fungsi ion dapat membantu menyiapkan lapisan yang kohesif, sehingga rambut tidak gampang menyebar dan pastinya akan semakin mudah untuk diatur.

Pilih yang mudah dipakai

Karena digunakan hampir setiap hari, maka cobalah untuk memilih alat catokan yang mudah untuk digunakan. Pilihlah produk yang bisa dengan mudah diatur suhunya.

Selain itu, fitur daya jepit catok juga perlu dipertimbangkan dengan baik.

Rekomendasi Catok Rambut yang Bagus

Berikut rekomendasi alat catok rambut yang bagus.

Xiaomi Yueli Mini Wireless Hair Straightener

Alat catokan yang satu ini didesain portable dan wireless yang dapat digunakan dengan mudah serta cocok untuk dibawa ketika kamu keluar rumah. Meski memiliki ukuran yang mini, namun fitur yang ditawarkan dari produk ini sangatlah lengkap.

Salah satunya adalah MGH rapid heating technology yang dapat mempersingkat waktu pemanasan dan melindungi rambut dari panas.

Philips Selfie Straightener

Untukmu yang ingin memiliki rambut lurus yang natural, cobalah untuk menggunakan alat styling yang satu ini. Sebab Philips Selfie Straightener dapat menjadikan rambutmu lurus dengan waktu yang singkat.

Meski suhunya cukup tinggi, namun pelatnya dibekali dengan teknologi khusus yang dapat mencegah kerusakan rambut.

Menariknya, produk ini memiliki desain yang sederhana namun tetap elegan, serta ukurannya yang kecil sehingga bisa dengan mudah disimpan atau dibawa ketika keluar rumah.

Revlon Perfect Straight 1” Flat Iron

Salah satu alat catok rambut yang bagus ini dilapisi keramik pada bagian pelatnya, sehingga dapat membantumu untuk meluruskan rambut dengan panas yang rata.

Selain itu, produk ini juga hadir dengan 30 pengaturan panas khusus yang dapat meminimalisir kerusakan rambut.

Berkat desainnya yang sederhana, membuatmu bisa dengan mudah untuk menggunakannya.

Takeda Steam Hair Straightener

Jenis catokan yang satu ini menghasilkan aliran uap yang dapat membantumu untuk melembapkan rambut secara keseluruhan, mulai dari akar hingga ujung rambut. Nantinya rambut pun akan terlihat lebih berkilau dibanding biasanya.

Untukmu yang ingin terhindar dari kerusakan rambut, maka alat ini akan sangat cocok untuk digunakan.

Elona Eclairre Cordless Styling Iron

Butuh alat styling yang mudah dan praktis untuk digunakan? Pilihlah produk yang satu ini.

Sebab Elona Eclairre Cordless Styling Iron bisa digunakan kapan pun dan di mana pun. Sehingga catokan tanpa kabel ini bisa dibawa saat keluar rumah.

Jangan lupa untuk melakukan pengisian daya terlebih dahulu supaya kamu bisa menggunakannya dengan mudah.