Hal Positif yang Terjadi Saat 1/2 Wajahmu Bersembunyi di Balik Masker

masker pelindung wajah
Foto: www.stocksy.com

Yep, yang utama dan terutama memakai masker pelindung wajah di saat pandemik ini adalah meminimalis penyebaran coronavirus—tidak hanya untuk dirimu, tapi juga orang lain. Ini artinya, memakai masker pelindung wajah memperlihatkan kamu peduli dengan orang lain. Namun, hei, selain itu, jika dipikir-pikir ada hal positif lain yang muncul saat kita menyembunyikan sebagian porsi wajah di balik masker kain yang kita pakai!

Apa, kamu malas berpikir karena ada banyak hal yang dikerjakan hari ini sambil memakai masker scuba? Oke, Susan Krauss Whitbourne, Ph.D., ABPP, seorang Profesor Emerita Psikolog dan Ilmu Otak dari University of Massachusetts Amherst, menuliskan di Psychology Today tentang beberapa manfaat ekstra saat memakai masker pelindung wajah. Setelah membaca ini, semoga kita semakin semangat memakai masker.

Orang Lain Tidak Bisa Membaca Emosimu 100%

“Tanpa setiap otot di wajah terlihat jelas bagi orang lain, kamu bebas untuk menggunakan bagian bawah wajah yang tertutup untuk membuat ekspresi jenis apapun yang kamu suka,” tulisnya. Mulai dari emosi gelap (yep, termasuk mencibir orang yang selalu membuatmu kesal), sampai berbicara pada diri sendiri. Namun, saat melakukan ini semua, pastikan tetap memasang poker face pada bagian atas wajah, terutama mata.

Kamu Juga Tidak Bisa Membaca Emosi Orang Lain

Lho, bagaimana bisa ini menjadi sesuatu yang positif? Begini: jika kamu orang yang super sensitif, dan bisa langsung cemas dan khawatir saat melihat posisi bibir seseorang, masker pelindung wajah bisa menutupi ekspresi lawan bicaramu. Ini artinya, kamu tidak perlu khawatir dengan reaksi mereka, dan akhirnya bisa membuatmu lebih rileks.

Kamu Jadi Lebih Hemat

Hemat waktu dan duit. Ini artinya, kamu tidak perlu membeli lipstik baru (hemat duit? √) dan tidak perlu berjam-jam untuk berdandan kecuali memakai maskara atau eyeshadow (hemat waktu? √). Plus, “jika kamu memiliki jerawat, tidak ada yang melihatnya,” kata Whitbourne. Satu-satunya yang perlu kamu khawatirkan adalah masalah bau mulut, dan begini cara mengatasinya.

Masker Pelindung Wajah Bisa Menjadi Fashion Statement dan Public Statement

Kamu pasti sudah menyadari ada banyak jenis masker pelindung wajah sekarang dengan berbagai desain dan warna. Jika kamu bukan petugas medis (yang biasanya memakai masker pelindung berwarna putih dan biru), kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk menunjukkan kepribadianmu dengan memakai masker warna-warni dengan berbagai desain rumit dan eksotik.

Selain itu, masker pelindung wajah ini juga bisa kamu gunakan sebagai cara untuk mempromosikan apapun, misalnya gerakan kemanusiaan atau sekadar #quotes yang membuat kamu dan yang melihatnya jadi lebih semangat.

Selanjutnya: Jika kamu bertanya-tanya mengapa ada orang yang menolak memakai masker, psikolog ini menerangkan alasan di balik sikap tersebut.

podcast button