Cara Mencari Tahu: Kamu Sedang Olahraga Ringan atau Bertenaga

olahraga ringan
Foto: www.gettyimages.com

“Ah, hari ini kayaknya olahraganya lumayan intens nih,” begitu katamu setelah menghabiskan 45 menit di gim atau lapangan dekat rumah. Benarkah? Seperti apa olahraga yang disebut ringan, menengah dan intens? Mayo Clinic—jaringan dari 4700 ilmuan dan dokter—menjawab pertanyaan tersebut dalam sebuah video yang dirilis baru-baru ini.

Menurut para ahli di sana, olahraga bisa dimasukkan ke dalam tiga kategori: zona ringan, moderat dan bertenaga. Dan semua olahraga ini berguna bagi kesehatan. Bahkan olahraga ringan. Para ahli selalu menegaskan bahwa “sedikit lebih baik daripada tidak sama sekali”. Jadi, bagaimana mencari tahu sedang di zona mana saat kamu berolahraga? Berikut penjelasan Mayo Clinic.

OLAHRAGA RINGAN

Jalan santai, menyapu atau menyedot debu lantai, berkebun, dan bahkan masak ternyata masuk ke dalam kategori ini. Itu menurut sebuah penelitian dari Universitas of Rochester Medical Center. Dan jika kamu ingin tahu apakah kamu berada dalam zona ini, kuncinya: lagu. Yep, Mayo Clinic merekomendasikan kamu bernyanyi (lagu Naif atau Lizzo cocok, nih). Jika kamu bisa menyanyikan sebuah lagu dari awal sampai akhir tanpa masalah, itu artinya olahragamu ringan, bebas kortisol dan membuatmu rileks.

OLAHRAGA MODERAT

Untuk dosis hidup sehat, Mayo Clinic menyarankan untuk melakukan olahraga tipe ini selama 2 jam dan 30 menit setiap minggu. Termasuk dalam kategori ini adalah hiking, menari aerobik, yoga dan berjalan cepat. Jika saat berolahraga kamu masih tetap bisa mengucapkan seluruh UUD tanpa ngos-ngosan, berarti kamu sedang berada di zona ini.

OLAHRAGA BERTENAGA

Untuk mengetes yang satu ini gampang banget: jika kamu tidak bisa mengucapkan satu dua patah kata (Pancasila sila pertama misalnya) dalam satu nafas, selamat kamu sedang berada di zona bertenaga. Biasanya kamu tidak mampu berkata-kata saat lari, joging, bersepeda dengan kecepatan 10 mil per jam, lompat tali, dan berenang.

Phiuuuh, apakah kamu merasa ngos-ngosan dan lapar setelah membaca ini? Hati-hati karena makanan ini ternyata bisa menyebabkan bau mulut. Dan ini makanan untuk umur panjang.

podcast button