Ternyata, Makanan Ini Bisa Menyebabkan Bau Mulut

Foto: www.unsplash.com

“Mulut tante bau naga,” begitu kata keponakanmu baru-baru ini. Jika hal itu terjadi padamu saat ini—baca habis artikel ini. Apabila tidak, tetap baca karena ‘mencegah memang lebih baik daripada mengobati.’ Jadi, berikut makanan penyebab bau mulut dan makanan untuk mencegahnya.

Semua Jenis Bawang

Apapun jenisnya, baik bawang putih, merah atau bombai memiliki bau senyawa belerang yang tertinggal di mulut setelah memakannya. Tapi tak bisa dipungkiri, bawang itu enak! Apalagi jika ditambahkan ke masakan. Belum lagi, bawang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti bawang putih. Jadi, bukan berarti kamu harus memasang plakat ‘anti-bawang’ di rumah, ya. Hanya saja, batasi porsinya dan jangan lupa kumur-kumur (atau jika rajin, sikat gigi) setelah mengonsumsinya.

Permen Manis

Ah, siapa sangka jika permen yang digadang-gadangkan sebagai ‘penghilang bau mulut’ jika bisa menjadi pemicu bencana itu? Begini ceritanya: karena permen ini mengandung gula dan nantinya bertemu bakteri di dalam mulut, inilah yang bisa menyebabkan bau tidak sedap dari mulut. Jadi, kurangi porsinya dan minumlah air putih yang banyak.

Ikan

Selain mengandung protein tinggi hingga baik pada tubuh, ternyata mampu memicu bau mulut. Bau amis yang dihasilkan ikan akan menimbulkan bau tak sedap ketika kamu berbicara. Untuk mengatasinya, seusai makan kamu harus kumur-kumur atau menggosok gigi.

Susu

Susu memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tapi ternyata minuman ini juga bisa menjadi salah satu pemicu bau mulut. Bau tak sedap yang dikeluarkan dari bakteri alami yang ada di lidah memakan asam amino pada olahan produk susu. Untuk membuatmu tetap menikmatinya tanpa khawatir, ada baiknya minum air putih setelah menikmati susu agar mulut tetap segar.

Makanan Manis dan Junk Food

Sumber kenikmatan dunia (baca: kue, junk food) ternyata menyimpan bahaya laten: makanan penyebab bau mulut. Pasalnya, makanan jenis ini membuat bakteri berkembang dengan cepat di dalam mulut. Pada junk food, karena biasanya digoreng dan terbuat dari banyak gula, akibatnya sulit dicerna oleh tubuh. Alhasil, membusuk lama di dalam usus dan menimbulkan bau tidak sedap ketika bernafas.

Dan Ini Makanan yang Bisa Menghilangkan Bau Mulut…

Makanan Kaya Vitamin C: Paprika, brokoli, apel, jeruk, beri bermanfaat mengobati penyakit gusi dan gingivitis serta mengurangi plak yang menempel di gigi.

Keju dan Yogurt: Meningkatkan keberadaan bakteri baik pada mulut dan mengurangi plak. Agar gusi lebih sehat, pastikan mengonsumsi yogurt bebas gula.

Rempah-Rempah: Peterseli, daun ketumbar, spearmint, tarragon, kayu putih, rosemary, dan kapulaga adalah sejumlah rempah-rempah yang bisa mengurangi bau mulut.

Teh Hijau: Antioksan bernama katekin di dalamnya berfungsi melindungi mulut dari bakteri penyebab bau tidak enak.

Oh, ini yang harus rajin kamu konsumsi jika ingin memiliki umur panjang seperti perempuan Jepang. Dan ini bahaya makanan fermentasi.

podcast button