Menyeduh Kopi dengan Cara Ini Bisa Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

kopi filter
Foto: www.gettyimages.com

Sudah berapa gelas kopi yang tersebar di tubuhmu pagi ini? Satu penelitian pernah bilang minum beberapa gelas dalam sehari bisa mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Dan sebuah penelitian terbaru menyimpulkan: cara kamu mempersiapkan segelas kopi kesukaanmu, bisa memberikan manfaat kesehatan yang lebih. Lebih spesifik, kopi filter memiliki sisi positif dibandingkan dengan kopi rebus.

Metode filter terdengar canggih? Nuh-uh. Ini adalah metode pembuatan segelas kopi dengan menggunakan kertas saringan. Apakah setiap hari kamu mempersiapkan kopi dengan menuangkannya? Atau memakai pembuat kopi? Yep, dua contoh ini termasuk ke dalam metode ini. Sesederhana itu. Dikopi!

Sementara itu, yang dimaksudkan dengan metode merebus kopi, misalnya, adalah mencelupkan bubuk kopi ke air mendidih. Dan karena pembuatan espresso termasuk ke dalam kategori ini, para ilmuwan dari dua universitas di Swedia ini (Chalmers University of Technology dan Umeå University) berspekulasi bahwa espresso memberikan manfaat yang sama dengan pembuatan kopi tanpa filter.

Dengan kopi filter, “kamu mendapatkan manfaat kesehatan lainnya dari molekul yang terkandung di dalam kopi, seperti elemen phenolic yang berbeda. Dalam jumlah yang moderat, kafein juga memberikan efek kesehatan yang positif,” kata Rikard Landberg, salah satu profesor dan penulis penelitian tersebut.

Landberg menjelaskan bahwa di penelitian sebelumnya menyebutkan: dengan menggunakan penyaring akan menyingkirkan diterpenes, yang bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Meskipun begitu masih dibutuhkan studi lebih lanjut tentang apakah diterpenes yang menjadi penyebab kopi direbus tidak memiliki manfaat seperti kopi filter.

Dan Landberg juga menekankan bahwa bukan berarti kamu harus buru-buru mengganti ritual pembuatan kopi kesayanganmu. Menurutnya, manfaat kesehatan dari kopi tidak hanya bergantung pada metode pembuatannya. Aspek seperti asal kopi, organik/tidak—juga mempengaruhi efek sehat dari secangkir kopi yang kamu nikmati.

Suka banget dan tidak bisa hidup tanpa kopi? Ini cara menyimpan kopi kesayanganmu agar tahan lama dan rasanya tetap enak dan wangi. Dan jangan lupa traveling ke sini karena kopinya super duper enak.

podcast button