Terungkap: 7 Makanan yang Membuat Perempuan Jepang Umur Panjang

Foto: www.shutterstock.com

Ingin berumur sampai 100 tahun? Well, rahasia dari penduduk Okinawa di Jepang ini bisa dijadikan contekan. Menurut Blue Zones, prefektur tersebut memiliki angka umur terpanjang di dunia. Jika ke sana, kamu akan menemui banyak orang dengan usia lebih dari 100 tahun. Perempuan bisa mencapai usia 84 tahun, sementara laki-laki berumur hinggal 90 tahun. Penasaran apa yang membantu mereka berumur panjang dan sehat? Makanan! Berikut 7 makanan yang membuat umur panjang yang dikonsumsi rutin penduduk Okinawa.

BERAS MERAH

Ada yang bilang rasanya kurang enak… dibandingkan besar biasa. Well, bisa jadi karena kita belum terbiasa? Banyak penduduk Okinawa menyukai beras ini karena mengandung serat. Dan ketika direndam di dalam air, “mengeluarkan enzim-enzim hebat yang bisa memecah gula dan protein,” tulis penulis Dan Buettner di Blue Zones.

KENTANG MANIS

Google tentang jenis kentang ini dan kamu akan menemukan banyak kelebihannya. Berbeda dengan kentang biasa, kentang ini tidak meningkatkan level glukosa gula. Selain itu, juga mengandung antioksidan bernama sporamin yang memperlambat penuaan.

TAHU

Yes… berbahagialah orang yang sudah menjadikan makanan ini menjadi menu wajib. Pasalnya, tahu berfungsi melindung jantung. Berbagai studi menunjukkan bahwa orang yang makan produk kacang kedelai untuk menggantikan daging, memiliki level kolesterol dan triglyceride yang rendah, yang bisa mengurangi penyakit jantung.

JAMUR SHIITAKE

“Jamur ini mengandung lebih dari 100 senyata yang telah terbukti memiliki kemampuan melindungi imunitas,” tulis Buettner. Tidak heran jika jamur ini seringkali ditemukan di sup dan berbagai jenis kudapan di Okinawa.

RUMPUT LAUT

Ah, yang satu ini memang enak banget! Dan hebatnya lagi, ada begitu banyak nutrisi yang terdapat dalam satu helai rumput laut. Sebut saja carotenoid, folate, magnesium, zat besi, kalsium dan iodine. Jadi, pengen makan sushi!

KUNYIT

Bentuknya memang tidak menentu, tapi bahan dapur ini mengandung banyak hal yang baik untuk kesehatan. Mulai dari antioksidan, anti-inflamasi, anti-kanker, sampai anti-aging. Kandungan curcumin di dalamnya bisa memperlambat demensia. “Mungkin itu sebabnya mengapa penduduk Okinawa memiliki angka Alzheimer lebih rendah dibanding orang Amerika,” tulis Buettner.

PARE

Di daerah tersebut, pare dikenal dengan nama “goya” dan sering banget dijadikan sayur. FYI, sayuran pahit ini mengandung bahan-bahan anti-diabetik yang bisa membantu merendahkan level glukosa darah. Jadi, jangan singkirkan dari piringmu, ya.

Pecinta makanan fermentasi (kombucha, kimchi, dll)? Ternyata super food ini bisa membahayakan kesehatan lho, bagi sebagian orang. Baca penjelasannya di sini.