ICYDK: Perempuan dan Laki-Laki Sama-Sama Cemas Jika Akan Kehilangan Pekerjaan

ketidakpastian pekerjaan
Foto: www.gettyimages.com

Sebagian besar manusia, terlepas dari jenis kelamin, sepertinya merasakan efek yang sama saat lapar: emosi cepat naik. Bagaimana halnya dengan ketidakpastian pekerjaan, apakah laki-laki dan perempuan merasakan level kecemasan yang sama? Sebuah studi mencari tahu jawaban atas pertanyaan ini.

Dipublikasikan di Frontiers in Sociology, peneliti dari Universitas Milano-Bicocca di Italia, menganalisa data dari European Working Conditions Survey, dan melihat hasil dari survei tahun 2005, 2010, dan 2015. Survei ini mencari tahu apa yang dipikirkan orang-orang jika dalam enam bulan ke depan mereka kehilangan pekerjaan dan apakah mereka merasakan kekhawatiran selama 12 bulan belakangan.

Studi menemukan bahwa di Eropa, ternyata para perempuan dan laki-laki memiliki reaksi yang sama saat dihadapkan di ketidakpastian pekerjaan. Menurut Dr. Egidio Riva, penulis pendamping dan peneliti Universitas Milano-Bicocca, hal ini kemungkinan terjadi karena tren persamaan gender yang semakin meningkat di Eropa.

Fenomena kecemasan yang sama ternyata tidak hanya dirasakan di negara-negara Eropa tertentu. Riva dan Dr. Anna Bracci dari University of Applied Sciences and Arts of Southern Switzerland juga menganalisa negara-negara Eropa lain dengan budaya dan kondisi politik yang berbeda. Hasilnya? Mereka menemukan bahwa kaitan antara ketidakpastian pekerjaan dan kecemasan tidak berbeda di negara-negara tersebut. Yakni, baik perempuan dan laki-laki merasakan kecemasan saat tidak atau akan kehilangan pekerjaannya, terlepas dari latar belakang sosial ekonomi dan poliitk.

Hasil studi ini terbatas karena semua data adalah self-reported dan diambil dalam satu waktu yang sama, dan tidak bisa ditemukan sebab-akibatnya. Akan tetapi hasilnya bermanfaat karena kita sekarang tahu bahwa kehilangan pekerjaan berdampak besar bagi semua orang, termasuk bagi kesehatan mental. Ini artinya menjadi sesuatu yang wajib menjadi perhatian pemerintah.

Untuk kita, jika ada temanmu yang terancam kehilangan pekerjaan atau sedang menganggur saat ini, mungkin ada baiknya memberikan dukungan lebih kepadanya? Dan untuk diri sendiri, ini yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental saat mencari kerja.

Selanjutnya: Ini definisi gaslighting.

podcast button