Agar Tidak Salah, Ini 13 Urutan Make Up Lengkap dan Benar

urutan make up lengkap
Foto: www.canva.com

Bagi pemula yang baru menyelam dunia kecantikan, urutan make up lengkap dan benar kadang masih membingungkan. Apakah harus memulainya dari foundation atau concealer terlebih dahulu?

Terus gulir artikel ini untuk mencari tahu urutan make up lengkap agar tidak salah.

Bersihkan Wajah dengan Facial Wash

Cetaphil Gentle Skin Cleanser | | Agar Tidak Salah, Ini 13 Urutan Make Up Lengkap dan Benar
Cetaphil – Gentle Skin Cleanser

Apalah gunanya memakai make up tapi wajah masih kotor. Maka dari itu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membersihkan wajah menggunakan facial wash. Pakailah sabun wajah sesuai dengan jenis kulit kamu.

Kulit wajah diibaratkan dengan kanvas. Jika kanvas bagus dan bersih, maka bisa menghasilkan lukisan yang indah.

Begitupun dengan wajah, jika wajah bersih, maka riasan yang akan kamu pakai bisa menempel dengan sempurna di wajah.

Gunakan Berbagai Rangkaian Skincare

urutan make up lengkap
Lancôme – Tonique Confort

Setelah menggunakan sabun cuci muka, maka sebelum mengetahui urutan make up lengkap adalah mengaplikasikan rangkaian skincare lainnya.

Sebelum memakai pelembap, kamu bisa menggunakan toner terlebih dahulu. Ini untuk membersihkan wajah dari sisa kotoran atau minyak yang tidak terangkat dengan susu pembersih atau sabun cuci muka.

Toner juga berfungsi untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit wajah. Jangan lupa untuk menunggu beberapa saat sebelum lanjut menggunakan pelembap.

Pelembap sangat penting karena berfungsi untuk melembapkan wajah, memberikan nutrisi pada wajah, mencegah kulit menjadi kering, mengontrol produksi sebum berlebih, hingga dapat mencerahkan kulit.

Setelah pelembap meresap, gunakan sunscreen sesuai dengan jenis kulit. Sunscreen sangat penting karena berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang dapat mengakibatkan berbagai permasalahan.

Jangan Lupakan Lip Balm

WELEDA Skin Food | | Agar Tidak Salah, Ini 13 Urutan Make Up Lengkap dan Benar
WELEDA – Skin Food

Siapa yang sering melupakan memakai lip balm? Padahal, produk satu ini juga penting untuk dipakai sehari-hari dan merupakan bagian dari urutan make up lengkap.

Tidak hanya wajah yang butuh kelembapan dan nutrisi, namun bibir juga membutuhkannya agar tidak kering dan pecah-pecah.

Awali dengan Primer

urutan make up lengkap
Tatcha – The Silk Canvas Protective Primer

Masuk ke urutan make up lengkap, kamu bisa memulainya terlebih dahulu dengan memakai primer. Produk satu ini berfungsi agar make up tahan seharian di wajah, serta tidak membuat make up mengalami crack.

Selain itu, primer juga dapat menyembunyikan tampilan pori-pori besar, bekas jerawat, dan membuat kulit wajah lebih halus.

Pilih Foundation Sesuai Jenis Kulit

Maybelline Superstay Foundation 24H Full Coverage Foundation | | Agar Tidak Salah, Ini 13 Urutan Make Up Lengkap dan Benar
Maybelline – Superstay Foundation 24H Full Coverage Foundation

Dikarenakan alas bedak merupakan base make up, maka penting untuk memilih foundation sesuai dengan jenis dan warna kulit. Menggunakan foundation juga bisa meratakan warna kulit, maupun menyamarkan bekas jerawat.

Agar foundation tidak crack, kamu bisa membasahi terlebih dahulu beauty sponge, lalu sapukan foundation secara merata dengan cara di tap tap.

Pakai Concealer

urutan make up lengkap
NARS – Radiant Creamy Concealer

Urutan make up lengkap selanjutnya adalah menggunakan concealer. Produk ini akan menutupi masalah di wajah, seperti bekas jerawat dan kantong mata yang hitam.

Perlu diketahui bahwa concealer memiliki berbagai warna berbeda sesuai dengan fungsi masing-masing.

Kamu bisa menggunakan concealer sebelum memakai foundation, atau sebaliknya. Pastikan sesuaikan dengan kegunaan concealer tersebut.

Untuk aplikatornya, kamu bisa menggunakan beauty sponge atau kuas concealer. Lalukan dengan cara di tap tap di daerah yang menjadi permasalahan wajah kamu.

Lakukan Contour

LORAC Pro ConcealContour Palette | | Agar Tidak Salah, Ini 13 Urutan Make Up Lengkap dan Benar
LORAC – Pro Conceal/Contour Palette

Contour akan memperkuat struktur wajah, serta membuat dimensi pada wajah. Jika kamu pemula yang baru berkecimpung di dunia make up, maka bisa menggunakan contour kit agar lebih praktis dan ini adalah bagian dari urutan make up lengkap.

Pilihlah warna contour yang lebih gelap dari kulit, lalu sapukan di area tulang pipi, garis rahang, maupun di garis rambut agar dahi terlihat lebih kecil.

Adapun jenis contour yang bisa dilakukan sebelum memakai bedak, ataupun setelah memakai bedak.

Tidak hanya itu, kamu bisa menambahkan highlighter dan shading pada hidung. Shading berfungsi untuk memperoleh ilusi pada hidung supaya terlihat lebih mancung, serta untuk mempertegas bentuk hidung.

Kunci Riasan Wajah dengan Bedak

Pat McGrath Sublime Perfection Setting Powder | | Agar Tidak Salah, Ini 13 Urutan Make Up Lengkap dan Benar
Pat McGrath – Sublime Perfection Setting Powder

Setelah dirasa make up hampir sempurna, maka bisa mengaplikasikan sentuhan akhir dengan memakai bedak yang ditepuk-tepuk di wajah atau menggunakan kuas. Hal ini berguna untuk mengunci make up agar tahan lama dan tidak geser.

Perlu diketahui bahwa terdapat berbagai jenis bedak dengan fungsi yang berbeda-beda. Ini bisa disesuaikan dengan jenis kulit kamu dan kegunaannya.

Bingkai Wajah dengan Pensil Alis

Glossier Brow Flick Microfine Detailing Pen | | Agar Tidak Salah, Ini 13 Urutan Make Up Lengkap dan Benar
Glossier – Brow Flick Microfine Detailing Pen

Tidak semua perempuan mempunyai alis yang bagus dan tebal. Untuk menyiasati hal tersebut, kamu bisa menggunakan pensil alis agar membuat riasan kamu semakin terlihat sempurna dan ini adalah urutan make up lengkap yang tidak boleh dilewatkan.

Adapun jenis-jenis pensil alis yang bisa kamu coba, seperti dalam eyebrow pencil, eyebrow powder, eyebrow gel, eyebrow marker, maupun eyebrow pomade.

Untuk membingkai alis cukup mudah. Kamu bisa menyisir alis terlebih dahulu, lalu bingkai tipis alis sesuai dengan bentuk alis asli.

Jangan Lupakan Riasan Mata

urutan make up lengkap
It Cosmetics – Superhero Elastic Stretch Volumizing Mascara Travel Size

Urutan make up lengkap selanjutnya adalah memakai riasan mata. Untuk hal ini, kamu bisa menggunakan eyeshadow, eyeliner, dan maskara.

Kamu bisa memilih warna eyeshadow sesuai dengan tema acara. Namun, jika ingin tampil sehari-hari seperti ke kampus atau kantor, maka bisa memilih warna natural, seperti peach, cokelat, maupun krem.

Setelah itu, pakai eyeliner untuk membuat mata lebih tegas dan taqjam. Jika dirasa eyeliner sudah rapi, maka bisa dilanjutkan dengan menjepit bulu mata. Lalu gunakan maskara agar membuat bulu mata terlihat lentik dan bervolume.

Pakai Blush On untuk Pipi Merona

urutan make up lengkap
Benefit – Galifornia Blush

Meskipun banyak warna blush on, namun kamu perlu dengan cermat memilihnya sesuai dengan skin tone kamu. Memakai blush on akan membuat pipi kamu merona, serta terlihat lebih segar.

Percantik dengan Lipstik

urutan make up lengkap
DIOR – Rouge Dior Couture Color Refillable Lipstick

Lipstik merupakan hal wajib dalam urutan make up lengkap. Pasalnya, lipstik akan membuat riasan kamu sempurna, maupun wajah terlihat lebih cerah. Memakai lipstik juga akan menyembunyikan warna bibir yang gelap.

Semprotkan Setting Spray agar Make Up Tahan Lama

Urban Decay All Nighter Long Lasting Makeup Setting Spray | | Agar Tidak Salah, Ini 13 Urutan Make Up Lengkap dan Benar
Urban Decay – All Nighter Long-Lasting Makeup Setting Spray

Setting spray merupakan urutan make up lengkap terakhir saat berdandan. Meskipun riasan sudah dikunci dengan bedak, namun kamu juga masih membutuhkan setting spray agar make up lebih tahan lama dan tidak geser.

Gunakan setting spray sesuai dengan jenis kulit.