FYI, Diet Barat Bisa Memperlemah Fungsi Otakmu

diet barat
Foto: www.gettyimages.com

Seberapa sering kamu menikmati fast food dan minuman bersoda? FYI, terlalu sering menikmati diet Barat bisa membuat fungsi otak sedikit melemah dan menambah dorongan untuk makan banyak. Hal ini merupakan kesimpulan dari sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh Macquarie University di Sydney yang dipublikasikan di Royal Society Open Science. Uniknya, ini adalah salah satu penelitian pertama yang menganalisa apakah diet Barat mengganggu memori dan kontrol selera makan pada manusia.

Pengertian diet Barat di sini adalah mengonsumsi makanan tinggi lemak, mengandung gula tambahan super tinggi; termasuk di dalamnya, makanan olahan

Untuk mengetahui dampak diet Barat, para peneliti ini melibatkan 110 partisipan sehat yang berusia 20 dan 23 tahun. Kelompok orang ini dibagi menjadi dua grup: satu grup mengonsumsi makanan sehat, dan yang lain menikmati diet Barat, termasuk memakan waffle Belgia dan fast food dalam porsi besar. Kedua grup ini sama-sama menikmati sarapan pada awal dan akhir minggu. Pola makan yang sama ini dilakukan oleh kedua grup selama satu minggu.

Lalu, keduanya pun melakukan tes memori dan memberi tahu apakah mereka semakin berselera menikmati makanan-makanan tinggi gula seperti Coco Pops, sebelum dan setelah makan.

Dan hasilnya? Yah itu, mereka yang mengonsumsi diet, selera makannya semakin tinggi. Dan tetap ingin makan bahkan setelah kenyang. “Dan semakin tinggi selera mereka menikmati makanan enak ketika kenyang, semain terganggu fungsi otak pada tes hippocampal,” kata Professor Richard Stevenson, salah satu peneliti tersebut. Seperti yang kita tahu, hippocampus memiliki peran besar dalam proses pembelajaran dan memori.

Gangguan awal hampir tidak kentara yang disebabkan oleh diet Barat ini bisa mengarah ke kondisi lain. Profesor Stevenson mengatakan risiko menderita obesitas dan diabetes semakin tinggi—keduanya bisa menyebabkan demensia.

Belum ada alasan yang jelas mengapa hal ini terjadi, tapi para ilmuwan berhipotesa bahwa hippocampus diblokir atau memperlemah memori ketika kenyang.

Dan ini tips sederhana agar makan sehat bisa dilakukan setiap hari.