Pertanyaan: Apa yang Sebaiknya Dipakai ke Pesta Pernikahan?

Foto: www.shutterstock.com
Last updated:

Agendamu hampir tiap akhir pekan: menghadiri acara pernikahan dari teman dekat sampai sepupu super jauh. Sudah sering menjadi tamu pesta pernikahan—meski begitu, entah kenapa setiap kali hari-H mendekat, kamu selalu garuk-garuk kepala, bongkar lemari, bolak-balik ke H&M atau Mango demi mendapatkan inspirasi. Well, LIMONE memecahkan misteri ini untukmu! Berikut panduan yang bisa kamu ikuti setiap kali undangan pernikahan datang melalui kantor pos (masih adakah?) atau sosial media.

  • Pakai hitam? Kenapa tidak!
Foto: www.pinterest.com

Meski banyak yang menjadikan hal ini tabu, tapi sebenarnya tidak ada larangan apalagi kutukan jika kamu memakai baju warna hitam ke pesta pernikahan. Ini juga tidak menandakan bahwa kamu punya dendam pribadi atas pasangan mempelai yang sedang memasang senyum dan menyalami ratusan tamu di pelaminan. Jadi, pakai gaun hitam tercantik yang kamu punya, ya!

  • Gaun adalah pilihan paling aman
Foto: www.pinterest.com

Jika kamu tidak memiliki bakat alami untuk mix and match antara celana dan atasan, well… saatnya mengalihkan pandanganmu ke kiri, yah kiri lagi, yep… statement dress yang tergantung di lemarimu. Tambahkan sepatu hak atau flats cantik, dan beberapa aksesoris dan poleskan makeup yang membuatmu serasa seperti sedang menjadi seorang supermodel. Agar lebih classy, hindari gaun dengan hemlines rendah. Pilih midi, midaxi atau maxi dress. Jika kamu akan menghadiri prosesi keagamaan, hormati dengan memakai gaun lengan panjang atau sampirkan scarf di bagian décolletage atau lengan.

  • Pakai heels yang membuat kakimu nyaman sepanjang hari
Foto: www.pinterest.com

Yep, ini adalah satu hal yang harus selalu kamu ingat setiap kali akan menghadiri sebuah pesta pernikahan. Bayangkan jika kamu harus mengantri lama untuk menyalami pengantin, atau oh… jarak satu food stall dengan lainnya super jauh! Wah, bisa jadi kamu pulang kelaparan dan kaki kesakitan. Oleh karenanya pastikan untuk memakai sepatu/sandal paling nyaman. Terkadang, menjadi cantik tidak berarti harus kesakitan, kok!

  • Selalu: bawa tas kecil
Foto: www.pinterest.com

Sayangnya tidak semua kita memiliki seorang personal assistant, untuk itulah dunia menciptakan tas mini, mungil dan imut itu. Pastikan, meski kecil dan menggemaskan, tas tersebut memiliki ruang yang cukup untuk perkakas super penting dalam hidupmu: handphone, lipstik, tisu, uang tunai dan kartu kredit/debit, dan hand sanitizer (menurut LIMONE, barang terakhir ini maha krusial).

  • Pakai putih? Hm… simpan dulu, ya
Foto: www.pinterest.com

Berbeda dengan hitam, memakai putih (dari atas sampai bawah) sepertinya masih tetap… JANGAN! Jika memang ini adalah warna favoritmu, maka lakukan ini: pilih gradasi putih yang netral seperti white champagne, peach atau nude. Atau, pakai gaun putih dengan corak/motif yang mencolok, yang membuatmu berbeda dengan pengantin wanita.

Masih bingung juga? Silakan bertanya kepada pengantinnya! Tapi jangan baper ya, kalau pertanyaanmu tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan. Seandainya kamu lupa, dia sedang mempersiapkan salah satu momen terpenting dalam hidupnya! Jadi, mengantri atau mengertilah!