12 Rekomendasi Novel Terjemahan Populer Yang Wajib Dibaca

rekomendasi novel terjemahan terbaik
Foto: Istimewa

Seperti kata pepatah yang menyatakan bahwa buku adalah jendela dunia, rasanya tidak perlu keliling dunia untuk mendapatkan banyak pengalaman membaca. Sebab dengan membaca novel terjemahan, kamu bisa melihat dunia dan memahami berbagai sudut pandang.

Apalagi saat ini telah banyak penulis mancanegara yang mendapatkan banyak penghargaan bergengsi, sehingga kamu tidak boleh ketinggalan untuk membacanya. Berikut daftar novel terjemahan yang populer dengan jalan cerita yang menarik.

Convenience Store Woman | Sayaka Murata

rekomendasi novel terjemahan terbaik
Foto: www.ebooks.gramedia.com

Keiko Furuka adalah seorang pegawai paruh waktu yang telah bekerja di minimarket sejak masih kuliah. Meski saat ini usianya sudah menginjak 36 tahun, Keiko belum memutuskan untuk menikah, bahkan ia belum pernah berkencan.

Hal ini membuat Keiko terlihat berbeda dari yang lain, apalagi lingkungan sekitarnya sering menggosipkannya. Mulai dari keluarga hingga teman-temannya, mereka sangat cemas dengan keadaan Keiko.

Padahal selama ini, Keiko merasa nyaman dengan kondisinya. Novel terjemahan ini telah terjual lebih dari 600 ribu kopi di Jepang dan berhasil memenangkan Akutagawa Prize.

Second Sister | Chan Ho-Kei

Second Sister Chan Ho Kei | | 12 Rekomendasi Novel Terjemahan Populer Yang Wajib Dibaca
Foto: www.ebooks.gramedia.com

Sepulangnya bekerja, Nga-Yee tiba-tiba melihat ada kerumunan di depan gedung apartemennya. Ketika berusaha untuk mendekat, ia sangat terkejut karena mendapati adiknya, Siu-Man yang tergeletak usai bunuh diri.

Merasa tidak terima dengan kejadian tersebut, akhirnya Nga-Yee meminta bantuan seorang hacker untuk menyelidiki kasus kematian adiknya. Paling mengejutkan, mereka menemukan platform gosip daring, di mana banyak yang menjatuhkan nama baik Siu-Man dan merundungnya.

Sebelum ditemukan tewas bunuh diri, Siu-Man adalah korban pelecehan seksual di transportasi umum. Meski pelakunya sudah ditangkap, namun kehidupan Siu-Man tidak lagi sama seperti dahulu.

The Midnight Library | Matt Haig

The Midnight Library Matt Haig | | 12 Rekomendasi Novel Terjemahan Populer Yang Wajib Dibaca
Foto: www.ebooks.gramedia.com

Ketika ia ingin mengakhiri hidupnya, tiba-tiba Nora berada di perpustakaan antara hidup dan mati dan merasa bahwa masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki kehidupannya.

Soalnya selama ini Nora merasa hidupnya sangat payah, bahkan setiap keputusan yang ia ambil malah menjadi bencana untuknya.

Perempuan ini akhirnya menjelajah waktu dan masuk ke dalam setiap buku agar bisa mendapatkan kebahagiaan dan menjalani kehidupan yang sesuai dengan keinginan dirinya sendiri.

Karena jalan ceritanya yang menarik, The Midnight Library mendapatkan pencapaian yang luar biasa, mulai dari The Winner of Goodreads Choice Award for Best Fiction 2020, The New York Times Bestseller, No.1 Sunday Times Bestseller, dan No.2 Amazon Charts This Week.

The Story Girl | L. M. Montgomery

rekomendasi novel terjemahan terbaik
Foto: www.ebooks.gramedia.com

Setelah sering mendengar tentang tanah leluhur mereka di Pulau Prince Edward, Beverly dan Felix akhirnya tinggal di tempat tersebut.

Mereka pun berkenalan dengan lingkungan sekitarnya, ada Felicity, Cecily, Peter, Sara Ray, dan yang terakhir ada Sara Stanley yang dijuluki sebagai gadis pendongeng.

Menariknya, Sara Stanley ini memiliki keajaiban ketika ia menceritakan sebuah kisah. Di mana suara, gerakan, mimik wajah, dan cara bicaranya selalu mampu menyesuaikan dengan cerita yang dibawakan.

Hal ini pun membuat para pendengarnya terhanyut ke dalam cerita tersebut. Tak hanya anak-anak, orang dewasa juga sangat menikmati cerita-cerita yang dikisahkan olehnya.

Almond | Sohn Won-Pyung

Almond Sohn Won Pyung | | 12 Rekomendasi Novel Terjemahan Populer Yang Wajib Dibaca
Foto: www.ebooks.gramedia.com

Meski telah dipukul atau digigit, Yoonjae tidak bisa merasakan sakit, bahkan ia juga tidak dapat mengungkapkan emosi dan menunjukkan ekspresi terhadap lawan bicaranya.

Sang ibu pun merasa khawatir ketika Yoonjae berada di luar pengawasannya, dan memutuskan untuk membuat catatan.

Catatan ini berisi hal-hal yang harus dilakukan Yoonjae ketika menghadapi sesuatu, seperti ketika ada mobil ia harus menghindar. Selain itu, ibunya juga menuliskan terkait raut wajah yang harus ditampilkan ketika seseorang berbicara kepadanya.

Walau memiliki keistimewaan ini, namun Yoonjae dan keluarganya selalu berjuang  melawan anggapan yang diberikan oleh banyak orang.

The Poppy War | R. F. Kuang

rekomendasi novel terjemahan terbaik
Foto: www.ebooks.gramedia.com

Semua orang sangat terkejut ketika Rin berhasil masuk Sinegard, akademi militer elite di Kekaisaran Nikan. Namun karena ia seorang perempuan dan dianggap anak kampung, Rin pun dirundung oleh banyak orang.

Ketika merasa putus asa, Rin justru menyadari bahwa dirinya memiliki kekuatan supernatural yang mematikan. Di bawah bimbingan gurunya, gadis ini jadi mengetahui bahwa dewa-dewa yang selama ini dianggap telah mati, ternyata masih hidup.

Walaupun saat ini Kekaisaran Nikan telah hidup damai, namun Federasi Mugen terus mengintainya. Kekuatan yang dimiliki Rin menjadi satu-satunya cara untuk menyelamatkan rakyat. 

Funiculi Funicula | Toshikazu Kawaguchi

rekomendasi novel terjemahan terbaik
Foto: www.gramedia.com

Novel terjemahan ini menceritakan tentang sebuah kafe yang terletak di gang kecil. Karena usia tempat tersebut sudah cukup tua, hal ini membuat kafe tersebut memiliki banyak ornamen klasik, yang membuatnya menjadi semakin unik.

Tak ketinggalan, rasa dari kopi yang disajikan juga sangat nikmat. Dan yang paling menarik, kafe tua ini mampu membawa pengunjungnya untuk menjelajahi waktu, baik itu ke masa lalu atau masa depan.

Setiap pengunjung harus mengetahui dan mematuhi setiap syarat yang diberikan, mereka juga diperingatkan bahwa tidak bisa mengubah masa kini meski telah menjelajah waktu.

Keajaiban Toko Kelontong | Keigo Higashino

rekomendasi novel terjemahan terbaik
Foto: www.gramedia.com

Katsuro adalah seorang anak dari desa yang memiliki impian untuk menjadi seorang musisi ternama. Namun orang tuanya meminta untuk Katsuro meneruskan bisnis keluarganya, yakni sebagai penjual ikan.

Merasa bimbang, akhirnya Katsuro mengirimkan surat ke Toko Kelontong Namiya, karena katanya toko tersebut membuka jasa konsultasi lewat surat.

Anehnya, surat tersebut justru dibalas oleh tiga pemuda dari masa depan, Kohei, Shota, dan Atsuya.

Ketika membacanya, Katsuro sangat bingung karena gaya bahasa yang dituliskan tidak seperti di tahun 1970-an. Dan pengalamannya berkirim surat ini sangat berbeda dengan apa yang orang lain katakan tentang Toko Kelontong Namiya.

The Tokyo Zodiac Murders | Soji Shimada

rekomendasi novel terjemahan terbaik
Foto: www.ebooks.gramedia.com

Novel terjemahan ini mengisahkan tentang seorang seniman yang dipukuli hingga tewas di balik pintu studionya.

Polisi pun menemukan surat wasiat aneh yang menyatakan bahwa ia telah berencana untuk menciptakan Azoth atau wanita sempurna dari potongan-potongan tubuh para wanita muda.

Tak lama dari kejadian itu, putri pertama dari seniman pun ditemukan telah terbunuh. Kemudian anak-anak yang lain dan keponakan perempuannya tiba-tiba menghilang.

Satu per satu mayat mereka yang dimutilasi akhirnya ditemukan, dan semuanya dikubur sesuai dengan prinsip astrologis yang diuraikan oleh sang seniman. Pembantaian misterius ini pun sangat mengguncangkan Jepang.

Death Notice | Zhou Haohui

Death Notice Zhou Haohui | | 12 Rekomendasi Novel Terjemahan Populer Yang Wajib Dibaca
Foto: www.gpu.id

Karena hukum yang lemah, kasus pembunuhan ganda yang menghantui Sersan Zheng Haoming ini belum terpecahkan hampir 20 tahun. Setelah selama ini bersembunyi, sang pembunuh diduga kembali muncul.

Ia memancing para polisi dengan menyebarkan surat-surat kematian yang mengumumkan nama korban serta tanggal pembunuhannya.

Polisi pun mulai melakukan segala cara untuk menangkap seorang pembunuh yang sudah berhasil menghindar selama ini.

Karya fiksi ini diangkat menjadi sebuah web drama yang sudah ditonton lebih dari 2,4 miliar kali dan berhasil mendapatkan status legendaris di antara web drama Cina.

Paint | Lee Hee-young

Paint Lee Hee young | | 12 Rekomendasi Novel Terjemahan Populer Yang Wajib Dibaca
Foto: www.goodreads.com

Rekomendasi novel terjemahan selanjutnya menceritakan tentang Jenu 301, seorang anak laki-laki berusia 17 tahun yang tinggal di asrama milik pemerintah.

Ia hidup dengan anak-anak lain yang ditelantarkan, ditinggalkan, atau dibuang oleh orang tuanya.

Saat memikirkan tentang mencari orang tua baru, Jenu pun berdiskusi dengan teman sekamarnya, Aki dan Noah. Ia pun mulai berpikir terkait keberadaan dirinya selama ini di asrama.

Trouble Blood | Robert Galbraith

Trouble Blood Robert Galbraith | | 12 Rekomendasi Novel Terjemahan Populer Yang Wajib Dibaca
Foto: www.ebooks.gramedia.com

Seorang wanita meminta tolong kepada Cormoran Strike untuk menemukan ibunya yang hilang tanpa jejak sejak 1974.

Meski sebenarnya, Strike sedang menangani kasus lain yang rumit dan mengancam nyawa, namun ia pun merasa penasaran dengan kasus wanita tersebut.

Ia pun memutuskan untuk menangani kasus tersebut dan meminta bantuan rekan detektifnya, Robin. Namun selama melakukan penyelidikan, Robin dan Strike mengalami banyak permasalahan di kehidupan pribadinya.