Wajib Ditonton: 11 Rekomendasi Film Hacker Terbaik Sepanjang Masa

film hacker
Foto: Istimewa

Tak hanya terjadi di dunia nyata, saat ini kejahatan juga banyak terjadi di dunia maya yang sering disebut dengan istilah cybercrime. Melihat fenomena tersebut, para sutradara pun tertarik untuk membuat film hacker.

Jika kamu merasa penasaran dan ingin mengetahuinya lebih lanjut, berikut 11 film hacker terbaik yang bisa disaksikan.

Swordfish (2001)

film hacker
Foto: www.imdb.com

Stanley Jobson (Hugh Jackman) merupakan seorang hacker yang sudah meretas berbagai situs. Hal tersebut membuatnya sering keluar-masuk penjara.

Karena kejadian itu, istri dan anak Jobson pun mulai meninggalkannya. Hingga akhirnya, datang seorang wanita cantik bernama Ginger (Halle Berry).

Wanita tersebut membutuhkan jasa Jobson dan menjanjikan imbalan untuk bertemu dengan mantan istri dan anaknya. Tak disangka, tugas Jobson ternyata sangat berat karena ia harus meretas sistem keamanan bank dan membobolnya.

Hacker (2016)

film hacker
Foto: www.imdb.com

Film hacker ini mengisahkan seorang pemuda bernama Alex (Callan McAuliffe), seorang imigran muda yang mendukung kedua orang tuanya, dengan bekerja secara ilegal di internet.

Selama menjalankan pekerjaannya, ia dibantu oleh Sye (Daniel Eric Gold) seorang pedagag pasar gelap dan Kira (Lorraine Nicholson), seorang peretas wanita yang selalu sukes menjalankan misinya.

Aksi ketiga orang ini ternyata memicu kekacauan di pasar keuangan. Hingga akhirnya seorang boss penjahat online yang dikenal dengan nama ‘Z’ (Clifton Collins Jr.) tertarik dengan apa yang telah dilakukan oleh Alex, Sya, dan Kira.  

I.T (2016)

Foto: www.imdb.com

Mike Regan (Pierce Brosnan) ingin meluncurkan sebuah aplikasi untuk layanan pesawat jet pribadi. Namun saat ingin mempresentasikan aplikasi tersebut, terjadi masalah pada komputer perusahaan.

Akhirnya perusahaan pun memanggil Ed Porter (James Frecheville) untuk membereskan masalah tersebut. Untungnya Ed berhasil mengatasinya.

Terkesan dengan keahlian Ed, akhirnya Mike pun kembali mempekerjakannya untuk mengatasi masalah di rumahnya yang telah dilengkapi dengan sistem yang terkomputerisasi.

Setelah Ed menangani masalah tersebut, ia tidak sengaja bertemu dengan Kaitlyn Regan (Stefani Scott), putri dari Mike. Namun Mike segera memperingati Kaitlyn untuk berhati-hati dengan Ed.

Live Free or Die Hard (2007)

film hacker
Foto: www.imdb.com

FBI baru saja mengatasi masalah peretasan dan meminta detektif Departemen Kepolisan New York, McClane (Bruce Willis) untuk mendatangkan seorang peretas bernama Matther Farrell (Justin Long).

Untungnya McClane tiba di kediaman Farell dengan tepat waktu dari ancaman pembunuh yang dikirimkan oleh Mai Linh (Maggie).  

Selama perjalanannya, Farrell bercerita bahwa ia telah menulis sebuah alogaritma untuk Linh yang dapat memecahkan sistem keamanan. Setibanya di markas FBI, mereka berdua justru mendapatkan sebuah masalah yang berbahaya.

Baca Juga :  14 Rekomendasi Film Animasi Terbaru Yang Tayang di Tahun 2022

Cyberbully (2015)

Foto: www.imdb.com

Casey Jacobs (Maisie Williams) sedang melakukan panggilan video dengan sahabatnya, Megan (Ella Purnell), dan di malam itu Nathan, mantan pacar Casey sedang mempermalukannya dengan mengungkapkan bahwa Casey merupakan pengguna obat anti depresi.

Sebagai seorang sahabat, Megan pun tidak terima dengan perilaku Nathan. Ia langsung menghubungi Alex (Jake Davies) dan memintanya untuk meretas akun Nathan.

Setelah Casey dan Megan mengakhiri percakapan mereka, tiba-tiba Casey menerima pesan yang berisi tautan untuk meretas akun Nathan. Namun anehnya, ternyata pesan tersebut bukanlah berasal dari Alex.

Mr. Robot (2015)

Foto: www.imdb.com

Film hacker ini menceritakan tentang pria bernama Elliot Alderson (Rami Malek) yang bekerja sebagai ahli keamanan siber. Namun di malam hari, ia bekerja sebagai peretas yang memiliki gangguan kecemasan sosial, identitas disosiatif, dan depresi klinis.

Hal tersebut membuatnya mengalami ketergantungan terhadap obat-obatan ilegal dan harus bertemu dengan terapis.

Suatu ketika, seorang pria bernama Mr. Robot meminta Elliot untuk bergabung dengan grup peretas.

Elliot mengetahui bahwa grup tersebut memiliki tujuan untuk mengenkripsi semua data keuangan dari perusahaan E-corp, sehingga hutang konsumen pun dapat menghilang.

WarGames (1983)

film hacker
Foto: www.imdb.com

Suatu ketika, seorang siswa bernama David (Matthew Broderick) memainkan simulasi Perang Dunia III. Tidak disangka, game tersebut terkoneksi dengan WOPR (War Operation Plan Response).

Hal ini pun menimbulkan kewaspadaan pihak NORAD (North American Aerospace Defense Commad) terhadap ancaman Soviet yang ingin menyerang Amerika.

David pun akhirnya menjadi target buruan dari FBI, dan dianggap sebagai mata-mata asing. Sebab mesin WOPR tidak bisa membedakan antara permainan dan realitas, sehingga terus melanjutkan game tersebut hingga tuntas.

Dengan penuh tekad, David pun mencari pertolongan dan berusaha untuk mendatangi Stephen Falken (John Wood).  

Blackhat (2015)

Foto: www.imdb.com

Film hacker yang satu ini menceritakan tentang Nick Hathaway (Chris Hemsworth). Ia menjadi tahanan pemerintahan AS karena telah berhasil melakukan pembobolan bank.

Namun ia diberi kesempatan bebas asalkan mau melaksanakan tugas gabungan bersama Kepolisian Amerika dan Tiongkok untuk melacak jaringan cybercrime yang terjadi di sistem pembangkit tenga nuklir.

Ia pun melaksanakan tugas tersebut dibantu dengan Ceng Da Wai (Wang LeeHom), perwira sekaligus teman lamanya.

Setelah ditelusuri ternyata peretas ini diidentifikasi telah menggunakan malware yang pernah dibuat oleh Hathway dan Da Wai di masa kuliah dulu.

Wreck It Ralph: Ralph Breaks the Internet (2018)

Foto: www.imdb.com

Ralph (John C.Reilly) dan Vanellope (Sarah Silverman) memutuskan untuk menjelajahi dunia baru untuk menyelamatkan permainan Vaneloope, yakni Sugar Crush.

Pada awalnya, Ralph dan Vaneloope menjalani peran mereka sebagai karakter dalam permainan. Namun tiba-tiba terdapat sebuah kesalahan yang menyebabkan permainan Sugar Rush menjaid rusak.

Dengan penuh tekad, mereka pun mencoba segala cara dan akhirnya menemukan sebuah hal baru yakni internet.

Baca Juga :  12 Rekomendasi Drakor Terbaru 2022 Untuk Binge-Watching Minggu Ini

Mereka menjelajahi dunia maya untuk mencari jalan demi menemukan kembali Sugar Rush. Menariknya, penonton akan bertemu dengan karakter Disney, mulai dari Winnie The Pooh hingga Para Princess.

The Great Hack  (2019)

film hacker
Foto: www.imdb.com

The Great Hack merupakan film hacker dokumenter yang bercerita tentang skandal perusahaan Cambrigde Analytica yang berperan besar dalam kampanye Presiden Donald Trump.

Perusahaan ini mengklaim memiliki lima ribu data untuk setiap pemilih di Amerika. Namun ternyata mereka melibatkan penyalahgunaan data di media sosial, terutama Facebook.

Peretas pun berperan untuk mengolah big data tanpa persetujuan pengguna Facebook untuk kampanye. Hal tersebut membuat Mark Zuckerberg, pendiri Facebook harus dipanggil ke kongres Amerika untuk menjelaskan masalah tersebut.

The Matrix (1999)

Foto: www.imdb.com

Keanehan terjadi ketika Neo (Keanu Reeves) mendapatkan pesan di layar komputernya yang bertuliskan “The Matrix”. Dengan rasa penasarannya, Neo pun mendatangi Trinity (Carrie-Anne Moss) dan menanyakan hal tersebut.

Trinity berkata bahwa pesan tersebut merupakan sebuah peringatan akan datangnya bahaya. Ia juga dikenalkan kepada Morpheus (Laurence Fishburne).

Belum sempat menemukan jawaban terkait kegelisahannya, tiba-tiba Neo ditangkap dan diajak kerjasama untuk menangkap Morpheus, yang ternyata seorang pemberontak.

Tidak disangka, ia akhirnya bisa bertemu dengan Morpheus dan mengetahui jawaban dari “The Matrix” tersebut, di mana ternyata itu merupakan program computer yang dapat memanipulasi pikiran manusia.