Ini 11 Rekomendasi Novel Singkat Yang Bisa Dibaca Habis Dalam Sekali Duduk

Foto: Istimewa

Untukmu yang ingin menumbuhkan kegemaran membaca buku, mungkin akan merasa kesulitan ketika memulainya. Untungnya, terdapat beberapa novel singkat yang dapat menjadi langkah awal untuk memulai kebiasaan baik ini.

Jika kamu berminat untuk mengawali hobi ini, maka berikut 11 rekomendasi novel singkat yang bisa dibaca langsung dalam sekali duduk.

Of Mice and Men | John Steinbeck

Foto: www.amazon.com

Novel tipis dengan 144 halaman ini menceritakan tentang dua sahabat sejati, George dan Lennie, yang selalu bersama kemana pun mereka pergi. Mereka juga saling melengkapi dan saling menjaga.

Baik George dan Lennie, keduanya juga mempunyai mimpi untuk memiliki tanah sendiri dan hidup dalam kondisi yang layak. Namun suatu hari, Lennie terlibat dalam sebuah masalah di pekerjaannya.

Sebagai teman sejati, George pun berniat untuk menyelamatkan Lennie. Akan tetapi ia merasa bimbang karena kemungkinan hal ini dapat membuatnya kehilangan pekerjaan.

The Girl Who Reads on the Metro | Christine Feret-Fleury

Foto: www.goodreads.com

Berlatar di Paris, novel singkat ini berkisah tentang Juliette yang sedang menghabiskan waktu dengan membaca buku selama menaiki transportasi umum menuju kantornya.

Namun bukannya turun di tempat tujuan, perempuan ini justru memilih untuk mengikuti salah satu penumpang yang sama sekali tidak ia kenal.

Setibanya di toko buku, ia bertemu dengan Soliman dan putrinya yang masih kecil, Zaide.

Soliman pun menawari Juliette untuk bekerja sebagai passeur buku. Dengan misi untuk mengikuti orang asing, mengamati kehidupannya, dan memberikan hadiah buku yang sesuai dengan kehidupan mereka.

Cerita yang menarik ini merupakan karya pertama Christine yang ditulis dalam bahasa Inggris sebanyak 175 halaman.

The Yellow Wallpaper | Charlotte Perkins Gilman

Foto: www.goodreads.com

Buku yang dikemas dalam 63 halaman ini ditulis oleh Charlotte Perkins Gilman sewaktu ia mengalami postpartum psychosis. Novel ini menceritakan sepasang suami istri yang menyewa sebuah rumah ketika liburan musim panas.

Selain bertujuan untuk liburan, kepindahan mereka bertujuan untuk menyembuhkan sebuah gangguan psikologis yang dialami oleh sang istri.

Meski sang istri merasa bahwa kondisinya sangatlah baik-baik saja, namun ia tidak punya pilihan lain, selain menuruti perintah suaminya.

Selama kepindahannya, sang istri merasa tidak nyaman, apalagi ia sering melihat sosok wanita yang keluar dari sudut tembok dengan wallpaper warna kuning. Sayangnya ia tidak bisa mengadukan hal tersebut kepada suaminya.

Baca Juga :  Butuh Bacaan Terbaru? Ini 12 Rekomendasi Novel 2022 Yang Seru

The Little Prince | Antoine De Saint-Exupery

Foto: www.goodreads.com

Meski novel singkat 112 halaman ini ditujukan bagi anak-anak, akan tetapi buku ini juga bisa dibaca oleh berbagai kalangan usia. Mengisahkan tentang seorang pilot yang harus terdampar di Gurun Sahara karena pesawatnya yang mogok.

Ketika memperbaiki pesawatnya, tiba-tiba seorang pangeran kecil menghampirinya. Lebih mengejutkannya lagi, pangeran kecil itu memintanya untuk menggambar seekor domba.

Meski awalnya sang pilot sangat ragu-ragu, namun akhirnya ia pun menuruti permintaan sang pangeran kecil. Mereka berdua pun saling berbagi cerita tentang kehidupan.

Gadis Minimarket | Murata Sayaka

Foto: www.ebooks.gramedia.com

Meski telah menghabiskan 18 tahun sebagai pegawai paruh waktu di minimarket, namun Keiko Furuka merasa hidupnya baik-baik saja dan menikmatinya dengan baik.

Akan tetapi, lingkungan di sekitar menganggapnya sangat aneh, apalagi Keiko juga tidak pernah menunjukkan emosi dan mengekspresikannya pada orang lain.

Karena dianggap aneh, akhirnya Keiko berusaha untuk hidup normal menurut standar manusia yang ada di sekitarnya. Sehingga ia pun lebih suka meniru apa yang ditunjukkan oleh orang lain.

Novel tipis berisi 160 halaman ini mengisahkan kehidupan Keiko yang harus menghadapi pilihan yang rumit.

The Turn Of The Screw (Misteri Bly Manor) | Henry James

Foto: www.goodreads.com

Seorang wanita muda baru saja mendapatkan pekerjaan sebagai guru dan pengasuh kaka beradik, Miles dan Flora. Selain sangat sopan, kedua saudara ini juga menggemaskan dan pendiam.

Sayangnya, mereka harus tinggal di sebuah rumah besar yang sering dibayang-bayangi kejahatan. Bahkan sering kali muncul sosok di jendela yang berdebu.

Hantu-hantu ini pun semakin sering mendekat dan menginginkan jiwa dari Miles dan Flora. Novel singkat sebanyak 164 halaman ini pun menggambarkan usaha dari sang pengasuh untuk melindungi kedua kakak-beradik ini.

Fish in The Water | Lee Chanhyuk

Foto: www.ebooks.gramedia.com

Buku 176 halaman ini mengisahkan tentang Seon yang bertemu dengan Hae-ya. Kehadiran gadis ini seperti peri kecil yang dapat mengubah cara berpikir Seon selama ini.

Karena keduanya merasa saling melengkapi, akhirnya mereka melakukan perjalanan bersama-sama dan berbagai cara pandang serta kisah hidup. Meski begitu, Hae-ya memiliki kepribadian yang penuh dengan misteri.

Jakarta Rock ‘N’ Roll | Sekar Ayu Asmara

Foto: www.ebooks.gramedia.com

Novel singkat 176 halaman ini mengisahkan tentang kerasnya kota Jakarta dengan segala impian yang ada di dalamnya. Sebab, kota ini menjadi tempat untuk mereka yang merantau dan meraih mimpi.

Salah satunya adalah Betari, seorang penari kontemporer yang tengah menjalin hubungan dengan Arung. Pasangan ini sama-sama memiliki keinginan untuk membangun gedung pertunjukan seni di Jakarta.

Sayangnya, Betari merupakan orang ketiga di antara Arung dan istrinya. Namun bagi Arung, sangat sulit untuk melepas Betari maupun istrinya, karena ia mencintai keduanya.

Baca Juga :  Rekomendasi 13 Novel tentang Cerita Cinta yang Negatif dan Super Toxic

The Metamorphosis | Franz Kafka

Foto: www.goodreads.com

Ketika terbangun, Gregor sangat terkejut karena tubuhnya berubah menjadi serangga. Padahal, ia merupakan satu-satunya anak laki-laki yang menjadi harapan untuk menghidupi keluarga.

Mengingat bahwa situasi ekonomi yang sedang tidak membaik, dan kondisi Gregor yang berubah menjadi serangga, kondisi keluarga ini pun bertambah sulit.

Meski sibuk bekerja, Grete yang merupakan adik dari Gregor pun berusaha untuk merawatnya. Buku sebanyak 201 halaman ini terbagi ke dalam tiga bagian yang akan membawamu memahami bahwa perubahan akan selalu terjadi pada setiap orang.

Post Office | Charles Bukowski

Foto: www.barnesandnoble.com

Post Office yang ditulis dalam 162 halaman ini mengisahkan tentang keseharian Henry Chinaski, pegawai kantor pos yang setiap saat benci dengan apa yang ia lakukan.

Awalnya ia mengira bahwa pekerjaan ini akan sangat mudah, ia membayangkan akan mengirim surat ke beberapa tempat, dan kembali ke kantor ketika semuanya telah selesai.

Akan tetapi pada kenyataannya, ia merasa bahwa beban kerjanya sangat berat. Apalagi ia juga sering marah, baik ketika kehujanan hingga bertemu dengan orang tua yang selalu menanyakan banyak hal.

The Old Man and the Sea | Ernest Hemingway

Foto: www.amazon.com

Buku tipis sebanyak 145 halaman ini menceritakan tentang lelaki tua bernama Santiago yang terus berlayar menggunakan kapal kecilnya demi mendapatkan seekor ikan.

Ia memiliki julukan ‘Salao’ karena tidak berhasil membawa pulang seekor ikan meski telah berlayar selama 84 hari.

Untungnya, ia memiliki seorang teman bernama Manolin yang selalu memberikan semangat.

Meski orang tua Manolin melarangnya untuk ikut berlayar dengan Santiago, namun ia sering membantu pria itu untuk menggulung tali, menyiapkan tombak, atau layar.